Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3095

٢ - بَابٌ أَدَاءُ الۡخُمُسِ مِنَ الدِّينِ 
2. Bab menunaikan seperlima ganimah termasuk agama 


٣٠٩٥ - حَدَّثَنَا أَبُو النُّعۡمَانِ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنۡ أَبِي جَمۡرَةَ الضُّبَعِيِّ قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يَقُولُ: قَدِمَ وَفۡدُ عَبۡدِ الۡقَيۡسِ، فَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّا هَٰذَا الۡحَيَّ مِنۡ رَبِيعَةَ، بَيۡنَنَا وَبَيۡنَكَ كُفَّارُ مُضَرَ، فَلَسۡنَا نَصِلُ إِلَيۡكَ إِلَّا فِي الشَّهۡرِ الۡحَرَامِ، فَمُرۡنَا بِأَمۡرٍ نَأۡخُذُ بِهِ وَنَدۡعُو إِلَيۡهِ مَنۡ وَرَاءَنَا، قَالَ: (آمُرُكُمۡ بِأَرۡبَعٍ، وَأَنۡهَاكُمۡ عَنۡ أَرۡبَعٍ: الۡإِيمَانِ بِاللهِ شَهَادَةِ أَنۡ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ - وَعَقَدَ بِيَدِهِ - وَإِقَامِ الصَّلَاةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَصِيَامِ رَمَضَانَ، وَأَنۡ تُؤَدُّوا لِلهِ خُمُسَ مَا غَنِمۡتُمۡ. وَأَنۡهَاكُمۡ عَنِ الدُّبَّاءِ، وَالنَّقِيرِ، وَالۡحَنۡتَمِ، وَالۡمُزَفَّتِ). [طرفه في: ٥٣]. 

3095. Abu An-Nu’man telah menceritakan kepada kami: Hammad menceritakan kepada kami dari Abu Jamrah Adh-Dhuba’i. Beliau berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: 

Utusan ‘Abdul Qais datang dan berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kampung ini dari Rabi’ah. Antara kami dengan engkau ada orang-orang kafir Mudhar sehingga kami tidak bisa sampai ke tempatmu kecuali di bulan haram. Jadi perintahkan kepada kami suatu perintah yang bisa kami pegangi dan kami dakwahkan kepada orang-orang yang tinggal di kampung halaman kami.” 

Nabi bersabda, “Aku perintahkan kalian dengan empat hal dan aku larang dari empat hal. Iman kepada Allah, yaitu syahadat bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Allah—beliau mengisyaratkan dengan tangannya (angka satu)—, menegakkan salat, menunaikan zakat, puasa Ramadan, dan menunaikan seperlima ganimah kalian untuk Allah. Dan aku melarang dari dubba` (waluh yang sudah kosong untuk tempat minuman keras), naqir (batang kayu yang dikeruk untuk tempat minuman keras), hantam (guci hijau untuk tempat minuman keras), muzaffat (tempat yang dilapisi dengan ter/aspal untuk tempat minuman keras).”