Cari Blog Ini

Sang Teladan dari Keturunan Pemuka Jahiliah

Entah perasaan gembira ataukah perasaan sedih yang dirasakan, saat terjadi duel maut antara ayahnya dengan paman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Hamzah bin Abdil Muththalib radhiyallahu ‘anhu. Dalam Perang Badar, terpisahlah antara pembela kebenaran dengan para pengusung kebatilan. Bagaimanapun rasa cinta dan bakti seorang anak kepada ayahnya, namun perbedaan keyakinan harus memisahkan hubungan mereka. Memisahkan rasa cinta dan memisahkan jasmani-jasmani mereka pada dua kubu yang saling beradu keyakinan. Beliau harus menerima kenyataan atas kematian ayahnya dalam duel tersebut. Mati sebagai seorang musyrik yang memerangi Islam. Bagaimanapun juga, seorang ayah tentu memiliki kedudukan istimewa di hati anak-anaknya. Beliau begitu sedih, karena ayahnya meninggal dalam keadaan kafir bahkan terbunuh dalam keadaan memerangi Allah dan Rasul-Nya. Bersamaan dengan itu, ada rasa gembira akan kemenangan kaum muslimin dalam perang yang menentukan ini.

Ayahnya adalah Utbah bin Rabiah, salah satu tokoh utama Bangsa Quraisy. Seorang yang pandai dan cerdas, namun sangat keras penentangannya terhadap dakwah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ia adalah pemimpin Bani Abdus Syams. Dialah tokoh Quraisy yang menjadi tumpuan kekafiran, pembela kesyirikan, dan pembawa bendera permusuhan terhadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ayahnya adalah seorang yang lihai dalam berbicara dan bersyair, sehingga menjadi utusan musyrikin Quraisy untuk membujuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar berhenti dari dakwah. Dialah yang dijuluki syaikhul jahiliyah, yang dilaknat dengan lisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah kematiannya dalam Perang Badr: “Wahai Utbah bin Rabi’ah, bukankah kalian telah mendapati apa yang dijanjikan oleh Rabb kalian benar adanya?”

Adapun salah seorang putra Utbah ini, adalah termasuk pemuka muslimin yang memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Beliau bernama Abu Hudzaifah Husyaim bin Utbah bin Rabi’ah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Qushai bin Kilab Al Qurasyi Al Absyami radhiyallahu ‘anhu. Nasab beliau bertemu dengan nasab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada Abdul Manaf. Ibu beliau bernama Fathimah bintu Sufyan bin Umayyah bin Muharris. Istri beliau bernama Sahlah bintu Suhail bin Amr, darinya lahir putra beliau yang bernama Muhammad bin Abu Hudzaifah. Istri beliau yang lain adalah Aminah bintu Amr bin Harb bin Umayyah Al Umawiyah, darinya lahir putra bernama Ashim. Beliau adalah saudara laki-laki dari Hindun bintu Utbah, istri dari Abu Sufyan yang terkenal sebagai wanita yang memakan jantung Hamzah dalam Perang Uhud, dikarenakan kemarahannya kepada Hamzah bin Abdil Muththalib yang telah membunuh ayahnya, Utbah.

Beliau adalah seorang laki-laki yang berpostur tinggi dan berwajah tampan. Abu Hudzaifah juga seorang yang tangkas dalam berkuda dan menjadi pasukan penunggang kuda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

KEISLAMAN ABU HUDZAIFAH


Walau beliau anak seorang pembesar Quraisy yang menentang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun beliau termasuk orang-orang yang bersegera memeluk Islam. Beliau masuk Islam di tahun keempat kenabian, sebelum Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan rumah Al Arqam sebagai markas kaum muslimin yang ingin belajar Islam. Di awal keislaman, beliau menyembunyikan keislaman beliau dari keluarga besarnya. Namun, lama kelamaan keluarga beliau pun mengetahui keislaman Abu Hudzaifah. Meski marah mendapatkan anaknya memeluk Islam, ayah beliau tetap melindunginya dari musyrikin Quraisy. Beliau mendapatkan keamanan dari keluarga besar beliau saat kaum muslimin lainnya menuai siksaan musyrikin. Inilah mungkin yang menyebabkan Abu Hudzaifah merasa bersedih ketika menerima kenyataan bahwa ayah beliau harus meninggal sebagai seorang musyrik yang memusuhi Allah dan Rasul-Nya. Padahal, beliau sangat berharap datangnya hidayah Allah kepada ayah beliau.

PERAN SERTA DALAM PERISTIWA-PERISTIWA ISLAM


Terkumpul pada beliau keutamaan dan kemuliaan. Selain keutamaan menjadi As Sabiqunal Awwalun, beliau memiliki berbagai keistimewaan lainnya. Di antaranya adalah mengalami dua kali hijrah, hijrah ke Habasyah, berhijrah bersama istri beliau Sahlah dan lahir putra beliau di sana, dan hijrah ke Madinah, setelah dakwah Islam tidak lagi diterima di Makkah. Beliau juga seorang yang mengalami dua arah kiblat, ke arah Baitul Maqdis dan Baitullah Al Haram Makkah.

Selain yang disebut di muka, beliau juga memiliki keutamaan lain yang banyak. Beliau ikut bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam semua pertempuran. Perang Badar, Uhud, Khandaq, Hudaibiyyah, dan berakhir dengan syahidnya beliau dalam perang Yamamah menghadapi pasukan Musailamah sang nabi palsu. Ini terjadi di tahun 12 hijriyyah. Beliau meninggal bersama dengan orang dicintainya, Salim. Salim, dahulunya adalah budak Abu Hudzaifah yang berasal dari Persia. Salim pun beliau merdekakan, lalu beliau ambil sebagai anak angkat. Salim tumbuh menjadi ahli Quran, yang banyak mengajarkan keislaman kepada ayah angkatnya, Abu Hudzaifah.

Saat beliau berhijrah ke Madinah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mempersaudarakan beliau dengan Abbad bin Bisyr Al Anshari, seorang Anshar yang banyak beribadah kepada Allah. Abbad adalah seorang yang selalu ikut serta berperang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan meninggal di perang Yamamah pula.

WAFAT


Beliau mati syahid dalam perang Yamamah menghadapi pasukan Musailamah si nabi palsu. Kematian sebagai seorang syahid seperti inilah yang menjadi cita-cita setiap muslim sejati. Ini terjadi di tahun kedua belas hijriah di masa kepemimpinan Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau meninggal di usia 53-54 tahun. Radhiyallahu anhu. [Ustadz Hammam]


Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 84 vol.07 1440H/2019M rubrik Figur.