Cari Blog Ini

Sunan Abu Dawud hadits nomor 2467 dan 2468

٧٩ - بَابُ الۡمُعۡتَكِفِ يَدۡخُلُ الۡبَيۡتَ لِحَاجَتِهِ 
79. Bab orang yang beriktikaf masuk ke rumah untuk kebutuhannya 


٢٤٦٧ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ [بۡنِ الزُّبَيۡرِ]، عَنۡ عَمۡرَةَ بِنۡتِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِذَا اعۡتَكَفَ يُدۡنِي إِلَيَّ رَأۡسَهُ فَأُرَجِّلُهُ، وَكَانَ لَا يَدۡخُلُ الۡبَيۡتَ إِلَّا لِحَاجَةِ الۡإِنۡسَانِ. [ق]. 

2467. [Sahih] ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah bin Az-Zubair, dari ‘Amrah binti ‘Abdurrahman, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu ketika beriktikaf pernah mengulurkan kepalanya kepadaku lalu aku menyisir beliau. Beliau tidak masuk rumah kecuali hajat seorang manusia. 

٢٤٦٨ – (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ وَعَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، قَالَا: نا اللَّيۡثُ، عَنۡ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ وَعَمۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، نَحۡوَهُ. قَالَ أَبُو دَاوُدَ: وَكَذَٰلِكَ رَوَاهُ يُونُسُ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، وَلَمۡ يُتَابِعۡ أَحَدٌ مَالِكًا عَلَى عُرۡوَةَ عَنۡ عَمۡرَةَ، وَرَوَاهُ مَعۡمَرٌ وَزِيَادُ بۡنُ سَعۡدٍ وَغَيۡرِهِمَا عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ. 

2468. [Sahih] Qutaibah bin Sa’id dan ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Al-Laits menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah dan ‘Amrah, dari ‘Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis tersebut. 

Abu Dawud berkata: Demikianlah yang diriwayatkan oleh Yunus dari Az-Zuhri. Tidak ada seorang pun yang sejalan dengan Malik dalam sanad: ‘Urwah dari ‘Amrah. Ma’mar, Ziyad bin Sa’d, dan selain keduanya meriwayatkannya dari Az-Zuhri, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar