Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 3116

١٠٥ – بَابُ مَالِ الۡكَعۡبَةِ 
105. Bab harta Kakbah 


٣١١٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا الۡمُحَارِبِيُّ، عَنِ الشَّيۡبَانِيِّ، عَنۡ وَاصِلٍ الۡأَحۡدَبِ، عَنۡ شَقِيقٍ قَالَ: بَعَثَ رَجُلٌ مَعِيَ بِدَرَاهِمَ هَدِيَّةً إِلَى الۡبَيۡتِ، قَالَ: فَدَخَلۡتُ الۡبَيۡتَ وَشَيۡبَةُ جَالِسٌ إِلَى كُرۡسِيٍّ فَنَاوَلۡتُهُ إِيَّاهَا، فَقَالَ: أَلَكَ هَٰذِهِ؟ قُلۡتُ: لَا، وَلَوۡ كَانَتۡ لِي لَمۡ آتِكَ بِهَا، قَالَ: أَمَا لَئِنۡ قُلۡتَ ذٰلِكَ لَقَدۡ جَلَسَ عُمَرُ بۡنُ الۡخَطَّابِ مَجۡلِسَكَ الَّذِي جَلَسۡتَ فِيهِ، فَقَالَ: لَا أَخۡرُجُ حَتَّى أَقۡسِمَ مَالَ الۡكَعۡبَةِ بَيۡنَ فُقَرَاءِ الۡمُسۡلِمِينَ، قُلۡتُ: مَا أَنۡتَ فَاعِلٌ، قَالَ: لَأَفۡعَلَنَّ، قَالَ: وَلِمَ ذَاكَ؟ قُلۡتُ: لِأَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَدۡ رَأَى مَكَانَهُ وَأَبُو بَكۡرٍ وَهُمَا أَحۡوَجُ مِنۡكَ إِلَى الۡمَالِ، فَلَمۡ يُحَرِّكَاهُ، فَقَامَ كَمَا هُوَ، فَخَرَجَ. [(صحيح أبي داود)(١٧٧١): خ]. 

3116. [Sahih] Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Muharibi menceritakan kepada kami dari Asy-Syaibani, dari Washil Al-Ahdab, dari Syaqiq. Beliau berkata: Ada seseorang mengirimkan dirham-dirham bersamaku sebagai hadiah untuk Kakbah. Syaqiq berkata: 

Aku masuk ke Kakbah dalam keadaan Syaibah duduk di kursi. Lalu aku memberikan hadiah itu kepadanya. Syaibah bertanya, “Apakah ini milikmu?” 

Aku menjawab, “Tidak, andai ini milikku, tentu tidak aku bawa kepadamu.” 

Syaibah berkata: 

Karena engkau telah mengatakan itu, maka sungguh ‘Umar bin Al-Khaththab pernah duduk di tempat yang engkau duduki, lantas berkata, “Aku tidak keluar hingga aku membagi-bagikan harta Kakbah kepada kaum muslimin yang fakir.” 

Aku berkata, “Jangan engkau lakukan.” 

‘Umar berkata, “Aku akan melakukannya.” Beliau lanjut bertanya, “Mengapa engkau melarangku?” 

Aku menjawab, “Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakr telah mengetahui keberadaan harta Kakbah dalam keadaan mereka berdua lebih butuh kepada harta itu daripada engkau, namun mereka berdua tidak memindahkan harta itu.” 

Lalu ‘Umar bangkit seperti kebiasaan beliau, lalu keluar.