Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 677

٤٥ – بَابُ مَنۡ صَلَّى بِالنَّاسِ وَهُوَ لَا يُرِيدُ إِلَّا أَنۡ يُعَلِّمَهُمۡ صَلَاةَ النَّبِيِّ ﷺ وَسُنَّتَهُ

45. Bab orang yang salat mengimami manusia dan dia hanya ingin mengajari mereka tentang salatnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan sunah beliau

٦٧٧ – حَدَّثَنَا مُوسَى بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ قَالَ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ قَالَ: جَاءَنَا مَالِكُ بۡنُ الۡحُوَيۡرِثِ فِي مَسۡجِدِنَا هَٰذَا، فَقَالَ: إِنِّي لَأُصَلِّي بِكُمۡ وَمَا أُرِيدُ الصَّلَاةَ، أُصَلِّي كَيۡفَ رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يُصَلِّي. فَقُلۡتُ لِأَبِي قِلَابَةَ: كَيۡفَ كَانَ يُصَلِّي؟ قَالَ: مِثۡلَ شَيۡخِنَا هَٰذَا. قَالَ: وَكَانَ شَيۡخُنَا يَجۡلِسُ إِذَا رَفَعَ رَأۡسَهُ مِنَ السُّجُودِ قَبۡلَ أَنۡ يَنۡهَضَ فِي الرَّكۡعَةِ الۡأُولَى. [الحديث ٦٧٧ – أطرافه في: ٨٠٢، ٨١٨، ٨٢٤].
677. Musa bin Isma'il telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Wuhaib menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Ayyub menceritakan kepada kami, dari Abu Qilabah, beliau mengatakan: Malik bin Al-Huwairits datang menemui kami di masjid kami ini, lalu beliau berkata: Sungguh aku hendak salat mengimami kalian namun aku tidak bermaksud salat. Aku akan salat sebagaimana aku melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam salat. Aku bertanya kepada Abu Qilabah: Bagaimana salat beliau? Beliau menjawab: Seperti syekh kami ini. Beliau berkata: Syekh kami ini biasa duduk ketika mengangkat kepalanya dari sujud sebelum bangkit berdiri dari rakaat pertama.