Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 824

١٤٣ – بَابٌ كَيۡفَ يَعۡتَمِدُ عَلَى الۡأَرۡضِ إِذَا قَامَ مِنَ الرَّكۡعَةِ

143. Bab bagaimana bertumpu di tanah ketika berdiri dari rakaat

٨٢٤ – حَدَّثَنَا مُعَلَّى بۡنُ أَسَدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ قَالَ: جَاءَنَا مَالِكُ بۡنُ الۡحُوَيۡرِثِ، فَصَلَّى بِنَا فِي مَسۡجِدِنَا هَٰذَا، فَقَالَ: إِنِّي لَأُصَلِّي بِكُمۡ وَمَا أُرِيدُ الصَّلَاةَ، وَلَكِنۡ أُرِيدُ أَنۡ أُرِيَكُمۡ كَيۡفَ رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يُصَلِّي. قَالَ أَيُّوبُ: فَقُلۡتُ لِأَبِي قِلَابَةَ: وَكَيۡفَ كَانَتۡ صَلَاتُهُ؟ قَالَ: مِثۡلَ صَلَاةِ شَيۡخِنَا هَٰذَا، يَعۡنِي عَمۡرَو بۡنَ سَلِمَةَ. قَالَ أَيُّوبُ: وَكَانَ ذٰلِكَ الشَّيۡخُ يُتِمُّ التَّكۡبِيرَ، وَإِذَا رَفَعَ رَأۡسَهُ عَنِ السَّجۡدَةِ الثَّانِيَةِ جَلَسَ، وَاعۡتَمَدَ عَلَى الۡأَرۡضِ ثُمَّ قَامَ. [طرفه في: ٦٧٧].
824. Mu'alla bin Asad telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Wuhaib menceritakan kepada kami, dari Ayyub, dari Abu Qilabah, beliau mengatakan: Malik bin Al-Huwairits datang kepada kami kemudian salat mengimami kami di masjid kami ini. Lalu beliau berkata: Sungguh aku salat mengimami kalian namun aku tidak bermaksud salat. Tetapi aku ingin untuk memperlihatkan kepada kalian bagaimana salat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang telah aku lihat. Ayyub berkata: Aku bertanya kepada Abu Qilabah: Bagaimana salat beliau? Beliau menjawab: Seperti salatnya syekh kami ini, yakni 'Amr bin Salimah. Ayyub berkata: Ternyata syekh itu menyempurnakan takbir dan apabila mengangkat kepalanya dari sujud kedua, beliau duduk lalu bertumpu ke tanah kemudian bangkit berdiri.