Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1591, 1592, dan 1593

٤٦ – بَابُ قَوۡلِ اللهِ تَعَالَى:
46. Bab firman Allah taala:

﴿وَإِذۡ قَالَ إِبۡرَاهِيمُ رَبِّ اجۡعَلۡ هَٰذَا الۡبَلَدَ آمِنًا وَاجۡنُبۡنِي وَبَنِيَّ أَنۡ نَعۡبُدَ الۡأَصۡنَامَ. رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضۡلَلۡنَ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ فَمَنۡ تَبِعَنِي فَإِنَّهُ مِنِّي وَمَنۡ عَصَانِي فَإِنَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ. رَبَّنَا إِنِّي أَسۡكَنۡتُ مِنۡ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيۡرِ ذِي زَرۡعٍ عِنۡدَ بَيۡتِكَ الۡمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجۡعَلۡ أَفۡئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهۡوِي إِلَيۡهِمۡ﴾ [إبراهيم: ٣٥-٣٧] الآية.
“Dan ketika Ibrahim berdoa: Wahai Rabbku, jadikan negeri ini (Makkah) negeri yang aman dan jauhkan diriku dan anak cucuku dari perbuatan menyembah berhala-berhala. Wahai Rabbku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan sebagian besar manusia, maka siapa saja yang mengikutiku, maka ia termasuk golonganku dan siapa saja yang mendurhakaiku maka sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Wahai Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau yang dihormati. Wahai Rabb kami, hal itu agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati-hati sebagian manusia cenderung kepada mereka.” (QS. Ibrahim: 35-37).

٤٧ – بَابُ قَوۡلِ اللهِ تَعَالَى:
47. Bab firman Allah taala:

﴿جَعَلَ اللهُ الۡكَعۡبَةَ الۡبَيۡتَ الۡحَرَامَ قِيَامًا لِلنَّاسِ وَالشَّهۡرَ الۡحَرَامَ وَالۡهَدۡيَ وَالۡقَلَائِدَ ذٰلِكَ لِتَعۡلَمُوا أَنَّ اللهَ يَعۡلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الۡأَرۡضِ وَأَنَّ اللهَ بِكُلِّ شَيۡءٍ عَلِيمٌ﴾ [المائدة: ٩٧].
“Allah telah menjadikan Ka’bah, rumah suci itu sebagai pusat (peribadahan dan urusan dunia) manusia, demikian pula bulan suci, hewan hady, dan qalaid. Hal itu agar kalian mengetahui bahwa Allah mengetahui apa saja yang di langit-langit dan apa saja yang di bumi, serta bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Maidah: 97).
١٥٩١ – حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ: حَدَّثَنَا زِيَادُ بۡنُ سَعۡدٍ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيَّبِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (يُخَرِّبُ الۡكَعۡبَةَ ذُو السُّوَيۡقَتَيۡنِ مِنَ الۡحَبَشَةِ). [الحديث ١٥٩١ – طرفه في: ١٥٩٦].
1591. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami: Ziyad bin Sa’d menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari Sa’id bin Al-Musayyab, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Dzus Suwaiqatain (Pemilik dua betis kecil) dari Ethiopia akan menghancurkan Ka’bah.”
١٥٩٢ – حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ بُكَيۡرٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ عُقَيۡلٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا. ح. وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ مُقَاتِلٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي عَبۡدُ اللهِ، هُوَ ابۡنُ الۡمُبَارَكِ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ أَبِي حَفۡصَةَ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: كَانُوا يَصُومُونَ عَاشُورَاءَ قَبۡلَ أَنۡ يُفۡرَضَ رَمَضَانُ، وَكَانَ يَوۡمًا تُسۡتَرُ فِيهِ الۡكَعۡبَةُ، فَلَمَّا فَرَضَ اللهُ رَمَضَانَ، قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ شَاءَ أَنۡ يَصُومَهُ فَلۡيَصُمۡهُ، وَمَنۡ شَاءَ أَنۡ يَتۡرُكَهُ فَلۡيَتۡرُكۡهُ).
[الحديث ١٥٩٢ – أطرافه في: ١٨٩٣، ٢٠٠١، ٢٠٠٢، ٣٨٣١، ٤٥٠٢، ٤٥٠٤].
1592. Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami, dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. (Dalam riwayat lain) Muhammad bin Muqatil telah menceritakan kepadaku, beliau mengatakan: ‘Abdullah bin Al-Mubarak mengabarkan kepadaku, beliau mengatakan: Muhammad bin Abu Hafshah mengabarkan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Kaum muslimin dahulu biasa berpuasa pada hari Asyura sebelum diwajibkan puasa Ramadan. Hari Asyura adalah hari saat Ka’bah diberi penutup. Ketika Allah telah mewajibkan puasa Ramadan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja ingin berpuasa hari Asyura, silakan berpuasa. Dan siapa saja yang ingin meninggalkan puasa hari Asyura, silakan tinggalkan.”
١٥٩٣ – حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ: حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ، عَنِ الۡحَجَّاجِ بۡنِ حَجَّاجٍ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي عُتۡبَةَ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (لَيُحَجَّنَّ الۡبَيۡتُ، وَلَيُعۡتَمَرَنَّ بَعۡدَ خُرُوجِ يَأۡجُوجَ وَمَأۡجُوجَ). تَابَعَهُ أَبَانُ وَعِمۡرَانُ، عَنۡ قَتَادَةَ. وَقَالَ عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ شُعۡبَةَ قَالَ: (لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى لَا يُحَجَّ الۡبَيۡتُ). وَالۡأَوَّلُ أَكۡثَرُ، سَمِعَ قَتَادَةُ عَبۡدَ اللهِ، وَعَبۡدُ اللهِ أَبَا سَعِيدٍ.
1593. Ahmad telah menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami, Ibrahim menceritakan kepad kami, dari Al-Hajjaj bin Hajjaj, dari Qatadah, dari ‘Abdullah bin Abu ‘Utbah, dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Benar-benar akan tetap ada yang melakukan haji dan umrah di Ka’bah setelah keluarnya Ya`juj dan Ma`juj.” Riwayat ini dikuatkan oleh Aban dan ‘Imran, dari Qatadah. ‘Abdurrahman mengatakan, dari Syu’bah, beliau mengatakan, “Hari kiamat tidak akan terjadi sampai tidak ada yang haji ke Ka’bah.” Riwayat yang pertama lebih banyak periwayatnya. Qatadah mendengar ‘Abdullah dan ‘Abdullah mendengar Abu Sa’id.