Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 964 dan 965

٩٦٤ – حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَرۡبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ عَدِيِّ بۡنِ ثَابِتٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ صَلَّى يَوۡمَ الۡفِطۡرِ رَكۡعَتَيۡنِ، لَمۡ يُصَلِّ قَبۡلَهَا وَلَا بَعۡدَهَا، ثُمَّ أَتَى النِّسَاءَ وَمَعَهُ بِلَالٌ، فَأَمَرَهُنَّ بِالصَّدَقَةِ، فَجَعَلۡنَ يُلۡقِينَ، تُلۡقِي الۡمَرۡأَةُ خُرۡصَهَا وَسِخَابَهَا. [طرفه في: ٩٨].
964. Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari ‘Adi bin Tsabit, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbas: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam salat dua rakaat di hari Idulfitri. Beliau tidak salat sebelum dan sesudahnya. Kemudian beliau datang kepada para wanita bersama Bilal. Beliau memerintahkan mereka untuk bersedekah sehingga mereka melempar (sedekah mereka ke pakaian Bilal). Seorang wanita ada yang melempar anting-anting dan kalungnya. 
٩٦٥ – حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ قَالَ: حَدَّثَنَا زُبَيۡدٌ قَالَ: سَمِعۡتُ الشَّعۡبِيَّ، عَنِ الۡبَرَاءِ بۡنِ عَازِبٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (إِنَّ أَوَّلَ مَا نَبۡدَأُ فِي يَوۡمِنَا هَٰذَا أَنۡ نُصَلِّيَ، ثُمَّ نَرۡجِعَ فَنَنۡحَرَ، فَمَنۡ فَعَلَ ذٰلِكَ فَقَدۡ أَصَابَ سُنَّتَنَا، وَمَنۡ نَحَرَ قَبۡلَ الصَّلَاةِ، فَإِنَّمَا هُوَ لَحۡمٌ قَدَّمَهُ لِأَهۡلِهِ، لَيۡسَ مِنَ النُّسُكِ فِي شَيۡءٍ). فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الۡأَنۡصَارِ، يُقَالُ لَهُ أَبُو بُرۡدَةَ بۡنُ نِيَارٍ: يَا رَسُولَ اللهِ، ذَبَحۡتُ وَعِنۡدِي جَذَعَةٌ خَيۡرٌ مِنۡ مُسِنَّةٍ، فَقَالَ: (اجۡعَلۡهُ مَكَانَهُ، وَلَنۡ تُوفِيَ، أَوۡ تَجۡزِيَ، عَنۡ أَحَدٍ بَعۡدَكَ). [طرفه في: ٩٥١].
965. Adam telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Zubaid menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku mendengar Asy-Sya’bi, dari Al-Bara` bin ‘Azib, beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya awal kali yang beliau mulai lakukan di hari kita ini adalah beliau salat kemudian beliau pulang dan menyembelih. Sehingga, siapa saja yang melakukan itu, maka dia telah mencocoki sunah kami. Dan siapa saja yang menyembelih sebelum salat, maka itu hanyalah daging yang dia sajikan untuk keluarganya, tidak termasuk sembelihan kurban sedikit pun.” Seorang dari kalangan Ansar yang bernama Abu Buraidah bin Niyar mengatakan: Wahai Rasulullah, aku sudah menyembelih (sebelum salat) dan aku memiliki seekor jadza’ah (kambing kacang berumur enam bulan) yang lebih baik daripada kambing musinnah (berumur satu tahun). Nabi bersabda, “Jadikanlah itu sebagai gantinya. Dan (kambing kacang yang berumur enam bulan) tidak cukup (sebagai hewan kurban) dari seorang pun setelah engkau.”