Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1242

٢٠٤ – (١٢٤٢) – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى وَابۡنُ بَشَّارٍ. قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا جَمۡرَةَ الضُّبَعِيَّ قَالَ: تَمَتَّعۡتُ فَنَهَانِي نَاسٌ عَنۡ ذٰلِكَ، فَأَتَيۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ فَسَأَلۡتُهُ عَنۡ ذٰلِكَ؟ فَأَمَرَنِي بِهَا.
قَالَ: ثُمَّ انۡطَلَقۡتُ إِلَى الۡبَيۡتِ فَنِمۡتُ، فَأَتَانِي آتٍ فِي مَنَامِي فَقَالَ: عُمۡرَةٌ مُتَقَبَّلَةٌ، وَحَجٌّ مَبۡرُورٌ. قَالَ: فَأَتَيۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ فَأَخۡبَرۡتُهُ بِالَّذِي رَأَيۡتُ. فَقَالَ: اللهُ أَكۡبَرُ، اللهُ أَكۡبَرُ، سُنَّةُ أَبِي الۡقَاسِمِ ﷺ.
204. (1242). Muhammad ibnul Mutsanna dan Ibnu Basysyar telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku mendengar Abu Jamrah Adh-Dhaba’i berkata: Aku melakukan haji tamatuk namun orang-orang melarangku darinya. Lalu aku datang kepada Ibnu ‘Abbas dan menanyakan hal itu. Ternyata beliau memerintahkanku melakukan haji tamatuk.
Abu Jamrah berkata: Kemudian aku pergi ke Kakbah lalu aku tidur. Ada yang mendatangiku di dalam mimpi seraya berkata: Umrah yang diterima dan haji yang mabrur. Abu Jamrah berkata: Aku pun kembali datang kepada Ibnu ‘Abbas lalu aku kabarkan mimpiku kepada beliau. Beliau mengatakan: Allahu Akbar, Allahu Akbar, itu adalah sunah Abul Qasim shallallahu ‘alaihi wa sallam.