Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 1327

٧٣ - تَسۡلِيمُ الۡمَأۡمُومِ حِينَ يُسَلِّمُ الۡإِمَامُ
73. Makmum salam ketika imam salam

١٣٢٧ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا سُوَيۡدُ بۡنُ نَصۡرٍ، قَالَ: أَنۡبَأَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ الۡمُبَارَكِ، عَنۡ مَعۡمَرٍ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ أَخۡبَرَهُ، قَالَ: أَخۡبَرَنِي مَحۡمُودُ بۡنُ الرَّبِيعِ، قَالَ: سَمِعۡتُ عِتۡبَانَ بۡنَ مَالِكٍ يَقُولُ: كُنۡتُ أُصَلِّي بِقَوۡمِي - بَنِي سَالِمٍ -، فَأَتَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ، فَقُلۡتُ: إِنِّي قَدۡ أَنۡكَرۡتُ بَصَرِي، وَإِنَّ السُّيُولَ تَحُولُ بَيۡنِي وَبَيۡنَ مَسۡجِدِ قَوۡمِي، فَلَوَدِدۡتُ أَنَّكَ جِئۡتَ فَصَلَّيۡتَ فِي بَيۡتِي مَكَانًا أَتَّخِذُهُ مَسۡجِدًا! قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (سَأَفۡعَلُ إِنۡ شَاءَ اللهُ) فَغَدَا عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَبُو بَكۡرٍ - رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ – مَعَهُ، بَعۡدَ مَا اشۡتَدَّ النَّهَارُ، فَاسۡتَأۡذَنَ النَّبِيُّ ﷺ، فَأَذِنۡتُ لَهُ، فَلَمۡ يَجۡلِسۡ حَتَّى قَالَ: (أَيۡنَ تُحِبُّ أَنۡ أُصَلِّيَ مِنۡ بَيۡتِكَ؟)، فَأَشَرۡتُ لَهُ إِلَى الۡمَكَانِ الَّذِي أُحِبُّ أَنۡ يُصَلِّيَ فِيهِ! فَقَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ، وَصَفَفۡنَا خَلۡفَهُ، ثُمَّ سَلَّمَ، وَسَلَّمۡنَا حِينَ سَلَّمَ. [ق].
1327. Suwaid bin Nashr telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: ‘Abdullah bin Al-Mubarak memberitakan kepada kami dari Ma’mar, dari Az-Zuhri, beliau mengabarkan kepadanya. Beliau berkata: Mahmud bin Ar-Rabi’ mengabarkan kepadaku, beliau berkata: Aku mendengar ‘Itban bin Malik mengatakan: Aku dahulu salat mengimami kaumku Bani Salim. Aku datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata: Sesungguhnya aku sudah tidak mengenali penglihatanku dan sungguh terkadang aliran air yang deras memisahkan antara aku dengan masjid kaumku, sehingga aku ingin agar engkau datang lalu salat di rumahku di suatu tempat yang akan aku jadikan sebagai tempat salat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Akan aku lakukan insya Allah.” Besoknya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu menyertai beliau datang ke tempatku, setelah siang sudah panas terik. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta izin masuk, lalu aku mengizinkan beliau. Beliau tidak duduk sampai bertanya, “Di bagian rumahmu yang mana engkau suka aku salat?” Aku menunjuk ke tempat yang aku suka salat di situ. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bangkit dan kami membuat saf di belakang beliau. Kemudian beliau salam dan kami salam ketika beliau telah salam.