Cari Blog Ini

Al-Ishabah - 833. Tamim bin Aus Ad-Dari

٨٣٣ – تَمِيمُ بۡنُ أَوۡسِ بۡنِ حَارِثَةَ -وَقِيلَ: خَارِجَةَ- بۡنِ سُودٍ -وَقِيلَ: سَوَادِ- بۡنِ جَذِيمَةَ بۡنِ دِرَاعِ بۡنِ عَدِيِّ بۡنِ الدَّارِ أَبُو رُقَيَّةَ الدَّارِيُّ

833. Tamim bin Aus bin Haritsah -atau dikatakan: Kharijah- bin Sud -atau dikatakan: Sawad- bin Jadzimah bin Dira’ bin ‘Adi bin Ad-Dar Abu Ruqayyah Ad-Dari

مَشۡهُورٌ فِي الصَّحَابَةِ، كَانَ نَصۡرَانِيًّا، وَقَدِمَ الۡمَدِينَةَ فَأَسۡلَمَ وَذَكَرَ لِلنَّبِيِّ ﷺ قِصَّةَ الۡجَسَّاسَةِ وَالدَّجَّالِ، فَحَدَّثَ النَّبِيُّ ﷺ عَنۡهُ بِذٰلِكَ عَلَى الۡمِنۡبَرِ، وَعُدَّ ذٰلِكَ مِنۡ مَنَاقِبِهِ.
Dikenal di kalangan shahabat. Beliau dahulunya seorang Nasrani, beliau tiba di Madinah, lalu masuk Islam. Beliau menyebutkan kisah Jassasah dan Dajjal kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan kisah itu dari beliau di atas mimbar. Dan hal tersebut termasuk keutamaan Tamim bin Aus.
قَالَ ابۡنُ السَّكَنِ: أَسۡلَمَ سَنَةَ تِسۡعٍ هُوَ وَأَخُوهُ نُعَيۡمٌ وَلَهُمَا صُحۡبَةٌ، وَقَالَ ابۡنُ إِسۡحَاقَ: قَدِمَ الۡمَدِينَةَ وَغَزَا مَعَ النَّبِيِّ ﷺ، وَقَالَ أَبُو نُعَيۡمٍ: كَانَ رَاهِبَ أَهۡلِ أَصۡرِهِ، وَعَابِدَ أَهۡلِ فِلِسۡطِينَ.
Ibnus Sakan berkata: Tamim bin Aus masuk Islam tahun 9 H bersama saudaranya, yaitu Nu’aim. Keduanya merupakan shahabat Nabi. Ibnu Ishaq berkata: Tamim bin Aus tiba di Madinah dan berperang bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Abu Nu’aim berkata: Beliau dahulu rahib pada jamannya dan ahli ibadah penduduk Palestina.
وَهُوَ أَوَّلُ مَنۡ أَسۡرَجَ السِّرَاجَ فِي الۡمَسۡجِدِ، رَوَاهُ الطَّبۡرَانِيُّ مِنۡ حَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ، وَأَوَّلُ مَنۡ قَصَّ، وَذٰلِكَ فِي عَهۡدِ عُمَرَ، رَوَاهُ إِسۡحَاقُ بۡنُ رَاهَوَايۡه وَابۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ.
Beliau adalah orang yang pertama kali menyalakan lampu di dalam masjid. Ath-Thabrani meriwayatkannya dari hadits Abu Hurairah. Dan beliau adalah orang yang pertama menceritakan kisah-kisah pada masa pemerintahan ‘Umar. Ishaq bin Rahawaih dan Ibnu Abu Syaibah meriwayatkannya.
انۡتَقَلَ إِلَى الشَّامِ بَعۡدَ قَتۡلِ عُثۡمَانَ، وَسَكَنَ فِلِسۡطِينَ وَكَانَ النَّبِيُّ ﷺ أَقۡطَعَهُ بِهَا قَرۡيَةَ عَيۡنُونَ، رُوِيَ ذٰلِكَ مِنۡ طُرُقٍ كَثِيرَةٍ.
Beliau pindah ke Syam setelah terbunuhnya ‘Utsman dan beliau tinggal di Palestina. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi beliau kekuasaan di desa ‘Ainun. Hal itu diriwayatkan dari jalan yang banyak.
وَكَانَ كَثِيرَ التَّهَجُّدِ، قَامَ لَيۡلَةً بِآيَةٍ حَتَّى أَصۡبَحَ وَهِيَ ﴿أَمۡ حَسِبَ ٱلَّذِينَ ٱجۡتَرَحُوا۟ ٱلسَّيِّـَٔاتِ﴾[1] الۡآيَة. رَوَاهُ الۡبَغَوِيُّ فِي الۡجَعۡدِيَّاتِ بِإِسۡنَادٍ صَحِيحٍ إِلَى مَسۡرُوقٍ، قَالَ: قَالَ لِي رَجُلٌ مِنۡ أَهۡلِ مَكَّةَ: هَٰذَا مَقَامُ أَخِيكَ تَمِيمٍ، فَذَكَرَهُ.
Beliau sering melakukan tahajud. Pernah beliau shalat semalaman dengan membaca satu ayat sampai subuh, yaitu ayat 21 surah Al-Jatsiyah. Diriwayatkan oleh Al-Baghawi dalam Al-Ja’diyyat dengan sanad yang sahih sampai Masruq. Beliau berkata: Seseorang penduduk Makkah berkata kepadaku: Ini adalah tempat berdirinya saudaramu Tamim, lalu beliau menyebutkan riwayat tersebut.
وَرَوَى الۡبَغَوِيُّ فِي الصَّحَابَةِ لَهُ قِصَّةٌ مَعَ عُمَرَ فِيهَا كَرَامَةٌ وَاضِحَةٌ لِتَمِيمٍ، وَتَعۡظِيمٌ كَثِيرٌ مِنۡ عُمَرَ لَهُ، وَسَأَذۡكُرُهَا فِي تَرۡجُمَةِ مُعَاوِيَةَ بۡنِ حَرۡمَلٍ فِي قِسۡمِ الۡمُخَضۡرَمِينَ إِنۡ شَاءَ اللهُ تَعَالَى.
Al-Baghawi meriwayatkan dalam Mu’jamush Shahabah bahwa Tamim bin Aus memiliki kisah bersama ‘Umar. Dalam kisah tersebut terdapat karamah yang jelas pada diri Tamim dan pemuliaan yang banyak dari ‘Umar kepada Tamim. Dan saya akan menyebutkannya di biografi Mu’awiyah bin Harmal di bagian al-mukhadhram insya Allah.
قَالَ ابۡنُ حِبَّانٍ: مَاتَ بِالشَّامِ، وَقَبۡرُهُ بِبَيۡتِ جِبۡرِينَ مِنۡ بِلَادِ فِلِسۡطِينَ[2].
Ibnu Hibban berkata: Beliau meninggal di Syam, kuburannya di kampung Bait Jibrin di negeri Palestina.
وَقَالَ الۡبُخَارِيُّ: أَبُو هِنۡدٍ الدَّارِيُّ أَخُوهُ، وَتُعقِّب، وَلَكِنۡ قَالَ ابۡنُ حِبَّانٍ: هُوَ أَخُوهُ لِأُمِّهِ.
Al-Bukhari berkata: Abu Hind Ad-Dari adalah saudara laki-lakinya… Namun Ibnu Hibban berkata: Beliau adalah saudara laki-laki seibunya.
تَنۡبِيهٌ: جَزِمَ الذَّهَبِيُّ فِي التَّجۡريدِ بِأَنَّ صَاحِبَ الۡجَامِ الَّذِي نَزَلَ فِيهِ وَفِي صَاحِبِهِ: ﴿يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ شَهَـٰدَةُ بَيۡنِكُمۡ إِذَا حَضَرَ أَحَدَكُمُ ٱلۡمَوۡتُ﴾[3] الۡآيَة غَيۡرُ تَمِيمٍ الدَّارِيِّ، وَعَزَّاهُ لِمُقَاتِلِ بۡنِ حَيَّانَ، وَلَيۡسَ بِجَيِّدٍ، لِأَنَّ فِي التِّرۡمِذِيِّ وَغَيۡرِهِ عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ فِي قِصَّةِ الۡجَامِ أَنَّهُ تَمِيمٌ الدَّارِيُّ.
Peringatan: Adz-Dzahabi memastikan di dalam At-Tajrid bahwa orang yang terlibat kasus bejana dari perak yang turun padanya dan pada temannya ayat 106 surah Al-Maidah, bukanlah Tamim Ad-Dari. Beliau menguatkan bahwa ia adalah Muqatil bin Hayyan. Tapi ini tidak benar. Karena di dalam At-Tirmidzi dan selain beliau dari Ibnu ‘Abbas pada kisah bejana dari perak bahwa orang tersebut adalah Tamim Ad-Dari.

[1] سُورَةُ الۡجَاثِيَةِ، الۡآيَة: ٢١. 
[2] ذَكَرَهُ الۡهِنۡدِيُّ فِي (كَنۡزِ الۡعُمَالِ)، (الۡحَدِيثِ: ١٠٦٢٤). وَذَكَرَهُ السُّيُوطِيُّ فِي (الدُّرِّ الۡمَنۡثُورِ)، (الۡحَدِيثِ: ٣/١٩٦). 
[3] سُورَةُ الۡمَائِدَةِ، الۡآيَة: ١٠٦.