١١٧٥ – جُلَيۡبِيبٌ
1175. Julaibib
غَيۡرُ مَنۡسُوبٍ. وَهُوَ تَصۡغِيرُ جِلۡبَابٍ. رَوَى مُسۡلِمٌ مِنۡ حَدِيثِ حَمَّادٍ عَنۡ ثَابِتٍ عَنۡ كِنَانَةَ بۡنِ نُعَيۡمٍ عَنۡ أَبِي بَرۡزَةَ الۡأَسۡلَمِيِّ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ فِي مَغۡزًى لَهُ، فَأَفَاءَ اللهُ عَلَيۡهِ، فَقَالَ: (هَلۡ تَفۡقِدُونَ مِنۡ أَحَدٍ؟) قَالُوا: نَفۡقِدُ فُلَانًا وَفُلَانًا، قَالَ: (لَكِنِّي أَفۡقِدُ جُلَيۡبِيبًا)، فَذَكَرَ الۡحَدِيثَ[1]، وَأَخۡرَجَهُ النَّسَائِيُّ.
Tidak diketahui nasabnya. Julaibib adalah bentuk tashghir dari Jilbab. Muslim meriwayatkan dari hadits Hammad dari Tsabit dari Kinanah bin Nu’aim dari Abu Barzah Al-Aslami: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika dalam sebuah peperangan, lalu Allah memberikan harta rampasan perang kepada beliau. Beliau bersabda, “Apakah kalian kehilangan seseorang?” Para shahabat menjawab: Kami kehilangan Fulan dan Fulan. Beliau bersabda, “Akan tetapi aku kehilangan Julaibib.” Lalu beliau melanjutkan hadits itu. Diriwayatkan pula oleh An-Nasa`i.
وَلَهُ ذِكۡرٌ فِي حَدِيثِ أَنَسٍ، فِي تَزۡوِيجِهِ بِالۡأَنۡصَارِيَّةِ، وَفِيهِ قَوۡلُهُ ﷺ: (لَكِنَّكَ عِنۡدَ اللهِ لَسۡتَ بِكَاسِدٍ)[2]، وَهُوَ عِنۡدَ الۡبَرۡقَانِيِّ فِي مُسۡتَخۡرَجِهِ فِي حَدِيثِ أَبِي بَرۡزَةَ أَيۡضًا، وَقَدۡ أَخۡرَجَهُ أَحۡمَدُ مُطَوَّلًا، وَحَدِيثُ أَنَسٍ أَخۡرَجَهُ الۡبَزَّارُ مِنۡ طَرِيقِ عَبۡدِ الرَّزَّاقِ، عَنۡ مَعۡمَرٍ عَنۡ ثَابِتٍ عَنۡهُ مُطَوَّلًا، وَأَخۡرَجَهُ أَحۡمَدُ عَنۡ عَبۡدِ الرَّزَّاقِ. وَحَكَى ابۡنُ عَبۡدِ الۡبَرِّ فِي تَرۡجُمَتِهِ أَنَّهُ نَزَلَ فِي قِصَّتِهِ ﴿وَمَا كَانَ لِمُؤۡمِنٍ وَلَا مُؤۡمِنَةٍ إِذَا قَضَى ٱللَّهُ وَرَسُولُهُۥٓ أَمۡرًا أَن يَكُونَ لَهُمُ ٱلۡخِيَرَةُ مِنۡ أَمۡرِهِمۡ﴾[3]، وَلَمۡ أَرَ ذٰلِكَ فِي شَيۡءٍ مِنۡ طُرُقِهِ الۡمَوۡصُولَةِ مِنۡ حَدِيثِ أَنَسٍ، وَمِنۡ حَدِيثِ أَبِي بَرۡزَةَ.
Dan Julaibib juga disebutkan di hadits Anas mengenai pernikahannya dengan wanita Anshar. Dan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang beliau, “Akan tetapi engkau bukanlah orang yang tidak laku di sisi Allah.” Dan beliau juga disebutkan di riwayat Al-Barqani dalam Al-Mustakhraj pada hadits Abu Barzah. Ahmad juga meriwayatkannya dengan panjang lebar. Hadits Anas dikeluarkan oleh Al-Bazzar dari jalan ‘Abdurrazzaq, dari Ma’mar dari Tsabit dari Anas dengan panjang lebar. Ahmad juga meriwayatkannya dari ‘Abdurrazzaq. Ibnu ‘Abdul Barr mengisahkan biografi beliau bahwa dalam kisah Julaibib turunlah ayat yang artinya, “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan RasulNya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka.” (QS. Al-Ahzab: 36). Namun aku tidak melihatnya pada jalur-jalur riwayat yang bersambung dari hadits Anas dan dari hadits Abu Barzah.
[1] أَخۡرَجَهُ مُسۡلِمٌ فِي (٤٤) كِتَابِ: فَضَائِلِ الصَّحَابَةِ، (٢٧) بَابِ: مِنۡ فَضَائِلِ جُلَيۡبِيبٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، (الۡحَدِيث: ١٣١). وَأَخۡرَجَهُ الۡإِمَامُ أَحۡمَدُ فِي (مُسۡنَدِهِ)، (الۡحَدِيث: ١٩٧٩٩) ج(٧). وَأَخۡرَجَهُ الۡبَيۡهَقِيُّ فِي (السُّنَنِ الۡكُبۡرَى)، (الۡحَدِيث: ٤/٢١). وَذَكَرَهُ الۡهَيۡثَمِيُّ فِي (مَوَارِدِ الظَّمۡآنِ)، (الۡحَدِيث: ٢٢٦٩).
[2] أَخۡرَجَهُ الطَّبۡرَانِيُّ فِي (الۡمُعۡجَمِ الۡكَبِيرِ)، (الۡحَدِيث: ٥/٣١٦). وَأَخۡرَجَهُ الۡهَيۡثَمِيُّ فِي (مَجۡمَعِ الزَّوَائِدِ)، (الۡحَدِيث: ١٥٩٧٩) وَذَكَرَهُ أَيۡضًا فِي (مَوَارِدِ الظَّمۡآنِ)، (الۡحَدِيث: ٢٢٧٦). وَذَكَرَهُ الۡخَطِيبُ الۡبَغۡدَادِيُّ فِي (تَارِيخِ بَغۡدَاد)، (الۡحَدِيث: ٤/٤٠٨).
[3] سُورَةُ الۡأَحۡزَابِ، الۡآيَة: ٣٦.