Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1980

١٩٨٠ – حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ الۡوَاسِطِيُّ: حَدَّثَنَا خَالِدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ خَالِدٍ الۡحَذَّاءِ، عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ قَالَ: أَخۡبَرَنِي أَبُو الۡمَلِيحِ قَالَ: دَخَلۡتُ مَعَ أَبِيكَ عَلَى عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو، فَحَدَّثَنَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ ذُكِرَ لَهُ صَوۡمِي، فَدَخَلَ عَلَيَّ، فَأَلۡقَيۡتُ لَهُ وِسَادَةً مِنۡ أَدَمٍ حَشۡوُهَا لِيفٌ، فَجَلَسَ عَلَى الۡأَرۡضِ، وَصَارَتِ الۡوِسَادَةُ بَيۡنِي وَبَيۡنَهُ، فَقَالَ: (أَمَا يَكۡفِيكَ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ ثَلَاثَةُ أَيَّامٍ؟) قَالَ: قُلۡتُ يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (خَمۡسًا). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (سَبۡعًا). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (تِسۡعًا). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (إِحۡدَى عَشۡرَةَ). ثُمَّ قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (لَا صَوۡمَ فَوۡقَ صَوۡمِ دَاوُدَ عَلَيۡهِ السَّلَامُ، شَطۡرِ الدَّهۡرِ، صُمۡ يَوۡمًا وَأَفۡطِرۡ يَوۡمًا). [طرفه في: ١١٣١].
1980. Ishaq Al-Wasithi telah menceritakan kepada kami: Khalid bin ‘Abdullah menceritakan kepada kami, dari Khalid Al-Hadzdza`, dari Abu Qilabah, beliau mengatakan: Abul Malih mengabarkan kepadaku, beliau mengatakan: Aku masuk bersama ayahmu menemui ‘Abdullah bin ‘Amr, lalu beliau menceritakan kepada kami: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah diberitahu mengenai puasaku, lalu beliau menemuiku. Aku menyodorkan kepada beliau sebuah bantal dari kulit yang berisi serabut, namun beliau duduk di atas tanah dan bantal itu berada di antara aku dengan beliau. Beliau bersabda, “Tidakkah cukup bagimu untuk puasa tiga hari dalam sebulan?” ‘Abdullah bin ‘Amr mengatakan: Aku mengatakan: Wahai Rasulullah (aku mampu lebih dari itu). Beliau bersabda, “Lima hari (setiap bulan).” Aku mengatakan: Wahai Rasulullah (aku mampu lebih dari itu). Beliau bersabda, “Tujuh hari (setiap bulan).” Aku mengatakan: Wahai Rasulullah (aku mampu lebih dari itu). Beliau bersabda, “Sembilan hari (setiap bulan).” Aku mengatakan: Wahai Rasulullah (aku mampu lebih dari itu). Beliau bersabda, “Sebelas hari (setiap bulan).” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada puasa yang lebih di atasnya puasa Dawud ‘alaihis salam, yaitu puasa setengah tahun. Puasalah sehari dan tidak berpuasalah sehari.”