Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1584, 1585, dan 1586

١٥٨٤ – حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا أَبُو الۡأَحۡوَصِ: حَدَّثَنَا أَشۡعَثُ، عَنِ الۡأَسۡوَدِ بۡنِ يَزِيدَ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: سَأَلۡتُ النَّبِيَّ ﷺ عَنِ الۡجَدۡرِ، أَمِنَ الۡبَيۡتِ هُوَ؟ قَالَ: (نَعَمۡ). قُلۡتُ: فَمَا لَهُمۡ لَمۡ يُدۡخِلُوهُ فِي الۡبَيۡتِ؟ قَالَ: (إِنَّ قَوۡمَكِ قَصَّرَتۡ بِهِمُ النَّفَقَةُ). قُلۡتُ: فَمَا شَأۡنُ بَابِهِ مُرۡتَفِعًا؟ قَالَ: (فَعَلَ ذٰلِكَ قَوۡمُكِ، لِيُدۡخِلُوا مَنۡ شَاؤُوا وَيَمۡنَعُوا مَنۡ شَاؤُوا، وَلَوۡ لَا أَنَّ قَوۡمَكِ حَدِيثٌ عَهۡدُهُمۡ بِالۡجَاهِلِيَّةِ، فَأَخَافُ أَنۡ تُنۡكِرَ قُلُوبُهُمۡ أَنۡ أُدۡخِلَ الۡجَدۡرَ فِي الۡبَيۡتِ وَأَنۡ أُلۡصِقَ بَابُهُ بِالۡأَرۡضِ). [طرفه في: ١٢٦].
1584. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Abul Ahwash menceritakan kepada kami: Asy’ats menceritakan kepada kami, dari Al-Aswad bin Yazid, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Aku bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang dinding (hijr), apakah ia termasuk Ka’bah? Beliau menjawab, “Iya.” Aku bertanya lagi: Lalu mengapa mereka tidak memasukkannya ke dalam Ka’bah? Beliau menjawab, “Sesungguhnya kaummu dahulu mengalami kekurangan dana.” Aku bertanya lagi: Lalu mengapa pintunya dibuat tinggi di atas tanah? Beliau menjawab, “Kaummu melakukan itu supaya mereka dapat memasukkan siapa saja yang mereka kehendaki dan mencegah siapa saja yang mereka kehendaki. Seandainya kaummu tidak dekat masanya dengan masa jahiliah. Karena aku khawatir hati-hati mereka akan mengingkari apabila aku memasukkan hijr itu ke dalam Ka’bah dan aku turunkan pintunya sehingga rata dengan tanah.”
١٥٨٥ – حَدَّثَنَا عُبَيۡدُ بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ أَبِيهِ عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَوۡ لَا حَدَاثَةُ قَوۡمِكِ بِالۡكُفۡرِ، لَنَقَضۡتُ الۡبَيۡتَ، ثُمَّ لَبَنَيۡتُهُ عَلَى أَسَاسِ إِبۡرَاهِيمَ عَلَيۡهِ السَّلَامُ، فَإِنَّ قُرَيۡشًا اسۡتَقۡصَرَتۡ بِنَاءَهُ، وَجَعَلۡتُ لَهُ خَلَفًا). قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ: خَلَفًا، يَعۡنِي: بَابًا. [طرفه في: ١٢٦].
1585. ‘Ubaid bin Isma’il telah menceritakan kepada kami: Abu Usamah menceritakan kepada kami, dari Hisyam, dari ayahnya, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, “Kalaulah kaummu tidak dekat dengan masa kekafiran, aku tentu akan membongkar Ka’bah. Kemudian aku bangun Ka’bah itu di atas pondasi Nabi Ibrahim ‘alaihis salam karena Quraisy dahulu kurang dalam membangunnya. Dan akan aku buatkan satu pintu belakang padanya. Abu Mu’awiyah mengatakan: Hisyam menceritakan kepada kami: khalf artinya pintu.
١٥٨٦ – حَدَّثَنَا بَيَانُ بۡنُ عَمۡرٍو: حَدَّثَنَا يَزِيدُ: حَدَّثَنَا جَرِيرُ بۡنُ حَازِمٍ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بۡنُ رُومَانَ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ لَهَا: (يَا عَائِشَةُ، لَوۡ لَا أَنَّ قَوۡمَكِ حَدِيثُ عَهۡدٍ بِجَاهِلِيَّةٍ، لَأَمَرۡتُ بِالۡبَيۡتِ فَهُدِمَ، فَأَدۡخَلۡتُ فِيهِ مَا أُخۡرِجَ مِنۡهُ، وَأَلۡزَقۡتُهُ بِالۡأَرۡضِ، وَجَعَلۡتُ لَهُ بَابَيۡنِ: بَابًا شَرۡقِيًّا وَبَابًا غَرۡبِيًّا، فَبَلَغۡتُ بِهِ أَسَاسَ إِبۡرَاهِيمَ). فَذٰلِكَ الَّذِي حَمَلَ ابۡنَ الزُّبَيۡرِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا عَلَى هَدۡمِهِ. قَالَ يَزِيدُ: وَشَهِدۡتُ ابۡنَ الزُّبَيۡرِ حِينَ هَدَمَهُ وَبَنَاهُ، وَأَدۡخَلَ فِيهِ مِنَ الۡحِجۡرِ، وَقَدۡ رَأَيۡتُ أَسَاسَ إِبۡرَاهِيمَ، حِجَارَةً كَأَسۡنِمَةِ الۡإِبِلِ. قَالَ جَرِيرٌ: فَقُلۡتُ لَهُ: أَيۡنَ مَوۡضِعُهُ؟ قَالَ: أَرِيكَهُ الۡآنَ، فَدَخَلۡتُ مَعَهُ الۡحِجۡرَ، فَأَشَارَ إِلَى مَكَانٍ، فَقَالَ: هَا هُنَا، قَالَ جَرِيرٌ: فَحَزَرۡتُ مِنَ الۡحِجۡرِ سِتَّةَ أَذۡرُعٍ أَوۡ نَحۡوَهَا. [طرفه في: ١٢٦].
1586. Bayan bin ‘Amr telah menceritakan kepada kami: Yazid menceritakan kepada kami: Jarir bin Hazim menceritakan kepada kami: Yazid bin Ruman menceritakan kepada kami, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya, “Wahai ‘Aisyah, andai saja kaummu tidak dekat dengan masa jahiliah, pasti aku perintahkan agar Ka’bah dibongkar. Lalu aku masukkan apa saja yang dahulu dikeluarkan dari Ka’bah, aku akan jadikan (pintunya) rata dengan tanah, dan aku jadikan dua pintu padanya: pintu timur dan pintu barat. Sehingga dengan itu aku telah mengembalikannya di atas pondasi Nabi Ibrahim.” Hal itulah yang mendorong Ibnuz Zubair radhiyallahu ‘anhuma untuk membongkarnya. Yazid mengatakan: Aku menyaksikan Ibnuz Zubair ketika membongkar dan membangunnya kembali. Beliau memasukkan hijr ke dalam Ka’bah dan aku telah melihat pondasi Nabi Ibrahim, berupa batu seperti punuk-punuk unta. Jarir mengatakan: Aku bertanya kepada beliau: Di mana tempatnya? Beliau menjawab: Aku perlihatkan kepadamu sekarang. Lalu aku masuk bersama beliau ke dalam hijr. Beliau mengisyaratkan ke suatu tempat, seraya mengatakan: Di sini. Jarir mengatakan: Aku perkirakan jaraknya dari hijr adalah enam hasta atau sekitar itu.