Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 134

٥٤ – بَابُ مَنۡ أَجَابَ السَّائِلَ بِأَكۡثَرَ مِمَّا سَأَلَهُ
54. Bab barang siapa yang menjawab orang yang bertanya dengan jawaban yang lebih banyak daripada pertanyaan yang dia ajukan

١٣٤ – حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي ذِئۡبٍ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَعَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ سَالِمٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ: أَنَّ رَجُلًا سَأَلَهُ مَا يَلۡبَسُ الۡمُحۡرِمُ؟ فَقَالَ: (لَا يَلۡبَسُ الۡقَمِيصَ، وَلَا الۡعِمَامَةَ، وَلَا السَّرَاوِيلَ، وَلَا الۡبُرۡنُسَ، وَلَا ثَوۡبًا مَسَّهُ الۡوَرۡسُ، أَوۡ الزَّعۡفَرَانُ، فَإِنۡ لَمۡ يَجِدِ النَّعۡلَيۡنِ فَلۡيَلۡبَسِ الۡخُفَّيۡنِ، وَلۡيَقۡطَعۡهُمَا حَتَّى يَكُونَا تَحۡتَ الۡكَعۡبَيۡنِ).
[الحديث ١٣٤ – أطرافه في: ٣٦٦، ١٥٤٢، ١٨٣٨، ١٨٤٢، ٥٧٩٤، ٥٨٠٣، ٥٨٠٥، ٥٨٠٦، ٥٨٤٧، ٥٨٥٦].
134. Adam telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Ibnu Abu Dzi`b menceritakan kepada kami, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan dari Az-Zuhri, dari Salim, dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: Bahwa seseorang bertanya kepada beliau, apa saja yang boleh dipakai oleh orang yang berihram. Beliau bersabda, “Tidak boleh memakai gamis, serban, sirwal (celana), dan burnus (jubah yang ada tutup kepala). Juga tidak boleh pakaian yang terkena wars (pewarna kuning nabati) atau safron. Jika ia tidak mendapatkan sandal, maka ia boleh memakai khuf (sejenis sepatu) dan hendaknya ia potong sampai di bawah mata kaki.”