Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2320

٦٥ - إِذَا طَهُرَتِ الۡحَائِضُ، أَوۡ قَدِمَ الۡمُسَافِرُ فِي رَمَضَانَ؛ هَلۡ يَصُومُ بَقِيَّةَ يَوۡمِهِ؟
65. Jika wanita yang haid telah suci atau musafir sudah datang kembali di bulan Ramadan, apakah ia berpuasa di sisa harinya?

٢٣٢٠ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ يُونُسَ أَبُو حَصِينٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡثَرٌ قَالَ: حَدَّثَنَا حُصَيۡنٌ عَنِ الشَّعۡبِيِّ عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ صَيۡفِيٍّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَوۡمَ عَاشُورَاءَ: (أَمِنۡكُمۡ أَحَدٌ أَكَلَ الۡيَوۡمَ؟)، فَقَالُوا: مِنَّا مَنۡ صَامَ، وَمِنَّا مَنۡ لَمۡ يَصُمۡ، قَالَ: (فَأَتِمُّوا بَقِيَّةَ يَوۡمِكُمۡ، وَابۡعَثُوا إِلَى أَهۡلِ الۡعَرُوضِ؛ فَلۡيُتِمُّوا بَقِيَّةَ يَوۡمِهِمۡ). [(ابن ماجه)(١٧٣٥)].
2320. ‘Abdullah bin Ahmad bin ‘Abdullah bin Yunus Abu Hashin telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: ‘Abtsar menceritakan kepada kami, beliau berkata: Hushain menceritakan kepada kami dari Asy-Sya’bi, dari Muhammad bin Shaifi, beliau mengatakan:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya pada hari Asyura, “Apakah di antara kalian ada yang telah makan pada hari ini?”
Para sahabat menjawab, “Di antara kami ada yang puasa dan ada yang tidak berpuasa.”
Nabi bersabda, “Kalian sempurnakanlah puasa di sisa hari kalian. Kirimlah utusan kepada penduduk Makkah, Madinah, dan sekitarnya, agar mereka menyempurnakan puasa di sisa hari mereka.”