٤ - بَابُ مَا جَاءَ فِي شَهَادَةِ الۡمَرۡأَةِ الۡوَاحِدَةِ فِي الرَّضَاعِ
4. Bab riwayat tentang kesaksian seorang wanita dalam hal susuan
١١٥١ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي مُلَيۡكَةَ، قَالَ: حَدَّثَنِي عُبَيۡدُ بۡنُ أَبِي مَرۡيَمَ، عَنۡ عُقۡبَةَ بۡنِ الۡحَارِثِ قَالَ: وَسَمِعۡتُهُ مِنۡ عُقۡبَةَ وَلَكِنِّي لِحَدِيثِ عُبَيۡدٍ أَحۡفَظُ قَالَ: تَزَوَّجۡتُ امۡرَأَةً فَجَاءَتۡنَا امۡرَأَةٌ سَوۡدَاءُ، فَقَالَتۡ: إِنِّي قَدۡ أَرۡضَعۡتُكُمَا، فَأَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ فَقُلۡتُ: تَزَوَّجۡتُ فُلاَنَةَ بِنۡتَ فُلاَنٍ فَجَاءَتۡنَا امۡرَأَةٌ سَوۡدَاءُ فَقَالَتۡ: إِنِّي قَدۡ أَرۡضَعۡتُكُمَا وَهِيَ كَاذِبَةٌ. قَالَ: فَأَعۡرَضَ عَنِّي. قَالَ: فَأَتَيۡتُهُ مِنۡ قِبَلِ وَجۡهِهِ فَأَعۡرَضَ عَنِّي بِوَجۡهِهِ. فَقُلۡتُ: إِنَّهَا كَاذِبَةٌ. قَالَ: (وَكَيۡفَ بِهَا وَقَدۡ زَعَمَتۡ أَنَّهَا قَدۡ أَرۡضَعَتۡكُمَا، دَعۡهَا عَنۡكَ).
1151. [Sahih] ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Isma’il bin Ibrahim menceritakan kepada kami dari Ayyub, dari ‘Abdullah bin Abu Mulaikah. Beliau berkata: ‘Ubaid bin Abu Maryam menceritakan kepadaku dari ‘Uqbah bin Al-Harits. ‘Abdullah bin Abu Mulaikah berkata: Aku juga mendengar hadis ini dari ‘Uqbah, akan tetapi aku lebih hafal hadis ‘Ubaid. ‘Uqbah berkata: Aku telah menikahi seorang wanita. Lalu datanglah seorang wanita berkulit hitam seraya berkata, “Sesungguhnya aku pernah menyusui kalian berdua.” Aku datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, “Aku telah menikahi Fulanah binti Fulan, lalu ada seorang wanita berkulit hitam datang seraya berkata: Sesungguhnya aku pernah menyusui kalian berdua. Dia berdusta.” ‘Uqbah berkata: Nabi berpaling dariku. ‘Uqbah berkata: Aku mendatangi beliau dari arah depan beliau, namun beliau memalingkan wajah dariku. Aku berkata, “Sesungguhnya dia berdusta.” Nabi bersabda, “Bagaimana engkau masih bisa bergaul dengan wanita yang engkau nikahi, sementara si wanita berkulit hitam tadi berkata bahwa dia pernah menyusui kalian berdua. Tinggalkan wanita yang telah engkau nikahi.”
وَفِي الۡبَابِ عَنِ ابۡنِ عُمَرَ.
Di dalam bab ini ada riwayat dari Ibnu ‘Umar.
حَدِيثُ عُقۡبَةَ بۡنِ الۡحَارِثِ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَقَدۡ رَوَى غَيۡرُ وَاحِدٍ هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنِ ابۡنِ أَبِي مُلَيۡكَةَ، عَنۡ عُقۡبَةَ بۡنِ الۡحَارِثِ. وَلَمۡ يَذۡكُرُوا فِيهِ: عَنۡ عُبَيۡدِ بۡنِ أَبِي مَرۡيَمَ، وَلَمۡ يَذۡكُرُوا فِيهِ: (دَعۡهَا عَنۡكَ). وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا الۡحَدِيثِ عِنۡدَ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ، أَجَازُوا شَهَادَةَ الۡمَرۡأَةِ الۡوَاحِدَةِ فِي الرَّضَاعِ.
Hadis ‘Uqbah bin Al-Harits adalah hadis hasan sahih. Lebih dari satu orang telah meriwayatkan hadis ini dari Ibnu Abu Mulaikah, dari ‘Uqbah bin Al-Harits. Namun mereka tidak menyebutkan padanya: Dari ‘Ubaid bin Abu Maryam. Mereka juga tidak menyebutkan, “Tinggalkan wanita yang telah engkau nikahi.” Sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka beramal atas dasar hadis ini. Mereka membolehkan kesaksian satu orang wanita dalam hal susuan.
وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: تَجُوزُ شَهَادَةُ امۡرَأَةٍ وَاحِدَةٍ فِي الرَّضَاعِ، وَيُؤۡخَذُ يَمِينُهَا. وَبِهِ يَقُولُ أَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ. وَقَدۡ قَالَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ: لَا تَجُوزُ شَهَادَةُ الۡمَرۡأَةِ الۡوَاحِدَةِ حَتَّى يَكُونَ أَكۡثَرَ. وَهُوَ قَوۡلُ الشَّافِعِيِّ. سَمِعۡتُ الۡجَارُودَ يَقُولُ: سَمِعۡتُ وَكِيعًا يَقُولُ: لَا تَجُوزُ شَهَادَةُ امۡرَأَةٍ وَاحِدَةٍ فِي الۡحُكۡمِ، وَيُفَارِقُهَا فِي الۡوَرَعِ. [(الإرواء)(٢١٤٦): خ].
Ibnu ‘Abbas berkata: Kesaksian seorang wanita dalam hal susuan adalah boleh dan diambil sumpahnya. Ahmad dan Ishaq juga berpendapat demikian. Sebagian ulama berkata: Kesaksian seorang wanita tidak boleh sampai jumlahnya lebih banyak. Ini adalah pendapat Asy-Syafi’i. Aku mendengar Al-Jarud berkata: Aku mendengar Waki’ berkata: Secara hukum, kesaksian seorang wanita adalah tidak boleh dan dia menceraikannya karena wara’ (meninggalkan perkara syubhat).