Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7226 dan 7227

١ - بَابُ مَا جَاءَ فِي التَّمَنِّي، وَمَنۡ تَمَنَّى الشَّهَادَةَ
1. Bab riwayat tentang berangan-angan dan barang siapa mengangankan mati syahid


٧٢٢٦ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ عُفَيۡرٍ: حَدَّثَنِي اللَّيۡثُ: حَدَّثَنِي عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ خَالِدٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ وَسَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيَّبِ: أَنَّ أَبَا هُرَيۡرَةَ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (وَالَّذِي نَفۡسِي بِيَدِهِ، لَوۡلَا أَنَّ رِجَالًا يَكۡرَهُونَ أَنۡ يَتَخَلَّفُوا بَعۡدِي، وَلَا أَجِدُ مَا أَحۡمِلُهُمۡ، مَا تَخَلَّفۡتُ، لَوَدِدۡتُ أَنِّي أُقۡتَلُ فِي سَبِيلِ اللهِ، ثُمَّ أُحۡيَا ثُمَّ أُقۡتَلُ، ثُمَّ أُحۡيَا ثُمَّ أُقۡتَلُ، ثُمَّ أُحۡيَا ثُمَّ أُقۡتَلُ). [طرفه في: ٣٦]. 

7226. Sa’id bin ‘Ufair telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepadaku: ‘Abdurrahman bin Khalid menceritakan kepadaku dari Ibnu Syihab, dari Abu Salamah dan Sa’id bin Al-Musayyab: Bahwa Abu Hurairah mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalau bukan karena ada orang-orang yang tidak suka absen sepeninggalku, sementara aku tidak mendapatkan sesuatu yang dapat membawa serta mereka, niscaya aku tidak akan absen. Aku sangat ingin agar aku terbunuh di jalan Allah, kemudian dihidupkan, lalu terbunuh, kemudian dihidupkan, lalu terbunuh, kemudian dihidupkan, lalu terbunuh.” 

٧٢٢٧ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ: أَخۡبَرَنَا مَالِكٌ، عَنۡ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (وَالَّذِي نَفۡسِي بِيَدِهِ، وَدِدۡتُ إِنِّي لَأُقَاتِلُ فِي سَبِيلِ اللهِ فَأُقۡتَلُ، ثُمَّ أُحۡيَا ثُمَّ أُقۡتَلُ، ثُمَّ أُحۡيَا ثُمَّ أُقۡتَلُ، ثُمَّ أُحۡيَا ثُمَّ أُقۡتَلُ). فَكَانَ أَبُو هُرَيۡرَةَ يَقُولُهُنَّ ثَلَاثًا، أَشۡهَدُ بِاللهِ. [طرفه في: ٣٦]. 

7227. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Malik mengabarkan kepada kami dari Abu Az-Zinad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, aku sangat ingin agar aku berperang di jalan Allah, lalu aku terbunuh, kemudian aku dihidupkan, lalu aku terbunuh, kemudian aku dihidupkan, lalu aku terbunuh, kemudian aku dihidupkan, lalu aku terbunuh.” Abu Hurairah menyebutkannya tiga kali. Aku bersaksi kepada Allah.