Cari Blog Ini

Sunan Abu Dawud hadits nomor 2442, 2443, dan 2444

٦٤ - بَابٌ فِي صَوۡمِ يَوۡمِ عَاشُورَاءَ 
64. Bab tentang puasa hari Asyura 


٢٤٤٢ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ [رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا] قَالَتۡ: كَانَ يَوۡمُ عَاشُورَاءَ يَوۡمًا تَصُومُهُ قُرَيۡشٌ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ، وَكَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَصُومُهُ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ، فَلَمَّا قَدِمَ رَسُولُ اللهِ ﷺ الۡمَدِينَةَ صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ، فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ كَانَ هُوَ الۡفَرِيضَةُ، وَتُرِكَ عَاشُورَاءُ، فَمَنۡ شَاءَ صَامَهُ، وَمَنۡ شَاءَ تَرَكَهُ. [ق]. 

2442. [Sahih] ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Beliau mengatakan: Dahulu hari Asyura adalah suatu hari yang orang-orang Quraisy biasa berpuasa di masa jahiliah. Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga berpuasa pada hari itu di masa jahiliah. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, beliau masih berpuasa pada hari itu dan memerintahkan kaum muslimin agar berpuasa pada hari itu. Ketika diwajibkan puasa Ramadan, maka puasa Ramadan itulah yang fardu sedangkan Asyura ditinggalkan. Sehingga siapa saja yang mau, dia berpuasa pada hari Asyura, dan siapa saja yang mau, dia tidak berpuasa hari itu. 

٢٤٤٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، نا يَحۡيَى، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ، أَخۡبَرَنِي نَافِعٌ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ عَاشُورَاءُ يَوۡمًا نَصُومُهُ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ، فَلَمَّا نَزَلَ رَمَضَانُ قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (هَٰذَا يَوۡمٌ مِنۡ أَيَّامِ اللهِ، فَمَنۡ شَاءَ صَامَهُ، وَمَنۡ شَاءَ تَرَكَهُ). [ق]. 

2443. [Sahih] Musaddad telah menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami dari ‘Ubaidullah: Nafi’ mengabarkan kepadaku dari Ibnu ‘Umar. Beliau mengatakan: Dahulu, Asyura adalah suatu hari yang kami berpuasa pada hari itu di masa jahiliah. Ketika turun syariat puasa Ramadan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ini adalah salah satu dari sekian hari-hari Allah. Siapa saja yang mau, silakan dia berpuasa dan siapa saja yang mau, silakan tidak berpuasa.” 

٢٤٤٤ – (صحيح) حَدَّثَنَا زِيَادُ بۡنُ أَيُّوبَ، نا هُشَيۡمٌ، أنا أَبُو بِشۡرٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: لَمَّا قَدِمَ النَّبِيُّ ﷺ الۡمَدِينَةَ وَجَدَ الۡيَهُودَ يَصُومُونَ عَاشُورَاءَ، فَسُئِلُوا عَنۡ ذٰلِكَ، فَقَالُوا: هَٰذَا الۡيَوۡمُ الَّذِي أَظۡهَرَ اللهُ فِيهِ مُوسَى عَلَى فِرۡعَوۡنَ، وَنَحۡنُ نَصُومُهُ تَعۡظِيمًا لَهُ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (نَحۡنُ أَوۡلَى بِمُوسَى مِنۡكُمۡ) وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ. [ق]. 

2444. [Sahih] Ziyad bin Ayyub telah menceritakan kepada kami: Husyaim menceritakan kepada kami: Abu Bisyr mengabarkan kepada kami dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbas. Beliau mengatakan: Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi berpuasa Asyura. Mereka ditanya tentang itu, lalu mereka menjawab, “Ini adalah hari ketika Allah memenangkan Musa atas Fir’aun dan kami berpuasa untuk memuliakannya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kami lebih pantas dengan Musa daripada kalian.” Beliau memerintahkan agar berpuasa hari itu.