Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 775, 776, dan 777

٦١ - بَابُ مَا جَاءَ مِنَ الرُّخۡصَةِ فِي ذٰلِكَ 
61. Bab riwayat rukhsah dalam hal itu 


٧٧٥ – (صحيح: بلفظ: (...واحتجم وهو صائم)) حَدَّثَنَا بِشۡرُ بۡنُ هِلَالٍ الۡبَصۡرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَارِثِ بۡنُ سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنۡ عِكۡرِمَةَ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: احۡتَجَمَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَهُوَ مُحۡرِمٌ صَائِمٌ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَهَٰكَذَا رَوَى وَهِيبٌ نَحۡوَ رِوَايَةِ عَبۡدِ الۡوَارِثِ، وَرَوَى إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ عِكۡرِمَةَ، مُرۡسَلًا، وَلَمۡ يَذۡكُرۡ فِيهِ: عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ. [خ، (ابن ماجه)(١٦٨٢)]. 

775. [Sahih dengan lafal: … dan beliau berbekam ketika berpuasa] Bisyr bin Hilal Al-Bashri telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdul Warits bin Sa’id menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ayyub menceritakan kepada kami dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbas. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam ketika beliau ihram dan berpuasa. 

Ini adalah hadis hasan sahih. Seperti inilah yang diriwayatkan oleh Wuhaib senada dengan riwayat ‘Abdul Warits. Isma’il bin Ibrahim juga meriwayatkan dari Ayyub, dari ‘Ikrimah secara mursal. Namun beliau tidak menyebutkan di riwayat tersebut: Dari Ibnu ‘Abbas. 

٧٧٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ الۡأَنۡصَارِيُّ، عَنۡ حَبِيبِ بۡنِ الشَّهِيدِ، عَنۡ مَيۡمُونِ بۡنِ مِهۡرَانَ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ احۡتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ. [المصدر نفسه]. 

776. [Sahih] Abu Musa Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Muhammad bin ‘Abdullah Al-Anshari menceritakan kepada kami dari Habib bin Asy-Syahid, dari Maimun bin Mihran, dari Ibnu ‘Abbas; Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam ketika sedang berpuasa. 

Ini adalah hadis hasan garib dari jalur ini. 

٧٧٧ – (منكر بهذا اللفظ) حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ مَنِيعٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ إِدۡرِيسَ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي زِيَادٍ، عَنۡ مِقۡسَمٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ احۡتَجَمَ فِيمَا بَيۡنَ مَكَّةَ وَالۡمَدِينَةِ، وَهُوَ مُحۡرِمٌ صَائِمٌ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ، وَجَابِرٍ، وأَنَسٍ. حَدِيثُ ابۡنِ عَبَّاسٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَقَدۡ ذَهَبَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ إِلَى هَٰذَا الۡحَدِيثِ وَلَمۡ يَرَوۡا بِالۡحِجَامَةِ لِلصَّائِمِ بَأۡسًا. وَهُوَ قَوۡلُ سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيِّ، وَمَالِكِ بۡنِ أَنَسٍ، وَالشَّافِعِيِّ. [المصدر نفسه]. 

777. [Munkar dengan lafal ini] Ahmad bin Mani’ telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin Idris menceritakan kepada kami dari Yazid bin Abu Ziyad, dari Miqsam, dari Ibnu ‘Abbas; Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam di tempat antara Makkah dan Madinah dalam keadaan ihram dan berpuasa. 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Sa’id, Jabir, dan Anas. Hadis Ibnu ‘Abbas adalah hadis hasan sahih. Sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpendirian dengan hadis ini dan mereka berpandangan tidak mengapa bekam untuk orang yang berpuasa. Ini adalah pendapat Sufyan Ats-Tsauri, Malik bin Anas, dan Asy-Syafi’i.