Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 822, 823, dan 824

١٢ - بَابُ مَا جَاءَ فِي التَّمَتُّعِ 
12. Bab riwayat tentang tamatuk 


٨٢٢ – (ضعيف الإسناد) حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ إِدۡرِيسَ، عَنۡ لَيۡثٍ، عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: تَمَتَّعَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَبُو بَكۡرٍ وَعُمَرُ وَعُثۡمَانُ، وَأَوَّلُ مَنۡ نَهَى عَنۡهَا مُعَاوِيَةُ. 

822. [Sanadnya daif] Abu Musa Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin Idris menceritakan kepada kami dari Laits, dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, dan ‘Utsman melakukan haji tamatuk. Orang pertama yang melarangnya adalah Mu’awiyah. 

٨٢٣ – (ضعيف الإسناد) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، عَنۡ مَالِكِ بۡنِ أَنَسٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ نَوۡفَلٍ أَنَّهُ سَمِعَ سَعۡدَ بۡنَ أَبِي وَقَّاصٍ وَالضَّحَّاكَ بۡنَ قَيۡسٍ، وَهُمَا يَذۡكُرَانِ التَّمَتُّعَ بِالۡعُمۡرَةِ إِلَى الۡحَجِّ. فَقَالَ الضَّحَّاكُ بۡنُ قَيۡسٍ: لَا يَصۡنَعُ ذٰلِكَ إِلَّا مَنۡ جَهِلَ أَمۡرَ اللهِ. فَقَالَ سَعۡدٌ: بِئۡسَ مَا قُلۡتَ، يَا ابۡنَ أَخِي. فَقَالَ الضَّحَّاكُ بۡنُ قَيۡسٍ: فَإِنَّ عُمَرَ بۡنَ الۡخَطَّابِ قَدۡ نَهَى عَنۡ ذٰلِكَ. فَقَالَ سَعۡدٌ: قَدۡ صَنَعَهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ وَصَنَعۡنَاهَا مَعَهُ. هَٰذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ. 

823. [Sanadnya daif] Qutaibah telah menceritakan kepada kami dari Malik bin Anas, dari Ibnu Syihab, dari Muhammad bin ‘Abdullah bin Al-Harits bin Naufal, bahwa beliau mendengar Sa’d bin Abu Waqqash dan Adh-Dhahhak bin Qais ketika keduanya menyebutkan haji tamatuk (melakukan umrah di bulan haji, setelah itu melakukan haji). 

Adh-Dhahhak bin Qais berkata: Tidak ada yang melakukan itu kecuali orang yang bodoh terhadap perintah Allah. 

Sa’d berkata: Yang engkau katakan adalah jelek, wahai putra saudaraku. 

Adh-Dhahhak bin Qais berkata: Sesungguhnya ‘Umar bin Al-Khaththab telah melarang itu. 

Sa’d berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengerjakannya dan kami pun mengerjakannya bersama beliau. 

Ini adalah hadis sahih. 

٨٢٤ – (صحيح الإسناد) حَدَّثَنَا عَبۡدُ بۡنُ حُمَيۡدٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنِي يَعۡقُوبُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ سَعۡدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنۡ صَالِحِ بۡنِ كَيۡسَانَ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ؛ أَنَّ سَالِمَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ حَدَّثَهُ؛ أَنَّهُ سَمِعَ رَجُلًا مِنۡ أَهۡلِ الشَّامِ، وَهُوَ يَسۡأَلُ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عُمَرَ عَنِ التَّمَتُّعِ بِالۡعُمۡرَةِ إِلَى الۡحَجِّ. فَقَالَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ: هِيَ حَلَالٌ. فَقَالَ الشَّامِيُّ: إِنَّ أَبَاكَ قَدۡ نَهَى عَنۡهَا. فَقَالَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ: أَرَأَيۡتَ إِنۡ كَانَ أَبِي نَهَى عَنۡهَا؛ وَصَنَعَهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ، أَأَمۡرُ أَبِي يُتَّبَعُ أَمۡ أَمۡرُ رَسُولِ اللهِ ﷺ؟ فَقَالَ الرَّجُلُ: بَلۡ أَمۡرُ رَسُولِ اللهِ ﷺ. فَقَالَ: لَقَدۡ صَنَعَهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ. 

824. [Sanadnya sahih] ‘Abd bin Humaid telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’d mengabarkan kepadaku. Beliau berkata: Ayahku menceritakan kepada kami dari Shalih bin Kaisan, dari Ibnu Syihab; bahwa Salim bin ‘Abdullah menceritakan kepadanya; bahwa beliau mendengar seseorang penduduk Syam bertanya kepada ‘Abdullah bin ‘Umar tentang haji tamatuk. 

‘Abdullah bin ‘Umar berkata: Itu halal. 

Penduduk Syam itu berkata: Sesungguhnya ayahmu telah melarangnya. 

‘Abdullah bin ‘Umar berkata: Apa pendapatmu jika ayahku melarangnya namun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukannya? Apakah larangan ayahku yang diikuti ataukah perbuatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Orang itu menjawab: Perbuatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diikuti. 

‘Abdullah bin ‘Umar berkata: Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melakukannya. 

وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَلِيٍّ، وَعُثۡمَانَ، وَجَابِرٍ، وَسَعۡدٍ، وَأَسۡمَاءَ بِنۡتِ أَبِي بَكۡرٍ، وَابۡنِ عُمَرَ. حَدِيثُ ابۡنِ عَبَّاسٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ. وَقَدِ اخۡتَارَ قَوۡمٌ مِنۡ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ، مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ، وَغَيۡرِهِمُ التَّمَتُّعَ بِالۡعُمۡرَةِ. وَالتَّمَتُّعُ أَنۡ يَدۡخُلَ الرَّجُلُ بِعُمۡرَةٍ فِي أَشۡهُرِ الۡحَجِّ، ثُمَّ يُقِيمُ حَتَّى يَحُجَّ فَهُوَ مُتَمَتِّعٌ وَعَلَيۡهِ دَمٌ مَا اسۡتَيۡسَرَ مِنَ الۡهَدۡىِ، فَإِنۡ لَمۡ يَجِدۡ صَامَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فِي الۡحَجِّ وَسَبۡعَةً إِذَا رَجَعَ إِلَى أَهۡلِهِ، وَيُسۡتَحَبُّ لِلۡمُتَمَتِّعِ، إِذَا صَامَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فِي الۡحَجِّ، أَنۡ يَصُومَ فِي الۡعَشۡرِ وَيَكُونَ آخِرُهَا يَوۡمَ عَرَفَةَ، فَإِنۡ لَمۡ يَصُمۡ فِي الۡعَشۡرِ صَامَ أَيَّامَ التَّشۡرِيقِ، فِي قَوۡلِ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ، مِنۡهُمُ ابۡنُ عُمَرَ، وَعَائِشَةُ. وَبِهِ يَقُولُ مَالِكٌ، وَالشَّافِعِيُّ، وَأَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ. وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: لَا يَصُومُ أَيَّامَ التَّشۡرِيقِ. وَهُوَ قَوۡلُ أَهۡلِ الۡكُوفَةِ. وَأَهۡلُ الۡحَدِيثِ يَخۡتَارُونَ التَّمَتُّعَ بِالۡعُمۡرَةِ فِي الۡحَجِّ. وَهُوَ قَوۡلُ الشَّافِعِيِّ، وَأَحۡمَدَ، وَإِسۡحَاقَ. 

Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Ali, ‘Utsman, Jabir, Sa’d, Asma` binti Abu Bakr, dan Ibnu ‘Umar. Hadis Ibnu ‘Abbas adalah hadis hasan. 

Sebagian ulama dari sebagian sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka memilih untuk haji tamatuk. Tamatuk adalah seseorang melakukan umrah di bulan-bulan haji, lalu tetap tinggal sampai dia haji. Sehingga dia adalah orang yang melakukan haji tamatuk. Dia wajib membayar dam berupa hady (hewan sembelihan jemaah haji di tanah haram Makkah). Jika dia tidak mendapatkannya, maka dia berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari ketika telah kembali kepada keluarganya. 

Disukai bagi orang yang haji tamatuk, apabila berpuasa tiga hari di masa haji, agar berpuasa di sepuluh hari pertama bulan Zulhijah dan hari terakhirnya di hari Arafah. Jika dia tidak berpuasa di sepuluh hari pertama, maka dia bisa berpuasa di hari-hari tasyrik menurut pendapat sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di antara mereka adalah Ibnu ‘Umar dan ‘Aisyah. Yang berpendapat demikian adalah Malik, Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq. 

Sebagian lainnya berkata: Tidak boleh berpuasa di hari-hari tasyrik. Ini adalah pendapat ulama Kufah. 

Ahli hadis memilih haji tamatuk. Ini adalah pendapat Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq.