Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 486

٢٢٢ – (٤٨٦) - حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ: حَدَّثَنِي عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ يَحۡيَىٰ بۡنِ حَبَّانَ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ؛ قَالَتۡ: فَقَدۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ لَيۡلَةً مِنَ الۡفِرَاشِ، فَالۡتَمَسۡتُهُ، فَوَقَعَتۡ يَدِي عَلَى بَطۡنِ قَدَمَيۡهِ وَهُوَ فِي الۡمَسۡجِدِ - وَهُمَا مَنۡصُوبَتَانِ - وَهُوَ يَقُولُ: (اللّٰهُمَّ أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنۡ سَخَطِكَ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنۡ عُقُوبَتِكَ. وَأَعُوذُ بِكَ مِنۡكَ لَا أُحۡصِي ثَنَاءً عَلَيۡكَ، أَنۡتَ كَمَا أَثۡنَيۡتَ عَلَى نَفۡسِكَ). 

222. (486). Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Abu Usamah menceritakan kepada kami: ‘Ubaidullah bin ‘Umar menceritakan kepadaku dari Muhammad bin Yahya bin Habban, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Aku kehilangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari kasur. Aku mencari-cari beliau dengan tanganku, lalu tanganku menyentuh kedua telapak kaki beliau sementara beliau di tempat salat—kedua kaki beliau dalam keadaan tegak—. Beliau sedang berdoa, “Ya Allah, aku berlindung dengan keridaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dengan pemaafan-Mu dari hukuman-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari-Mu. Aku tidak dapat menyebut semua sanjungan kepada-Mu sebagaimana Engkau menyanjung Diri-Mu.”