Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 131

١٣١ - حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ قَالَ: حَدَّثَنِي مَالِكٌ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ دِينَارٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (إِنَّ مِنَ الشَّجَرِ شَجَرَةً لَا يَسۡقُطُ وَرَقُهَا، وَهِيَ مَثَلُ الۡمُسۡلِمِ، حَدِّثُونِي مَا هِيَ؟) فَوَقَعَ النَّاسُ فِي شَجَرِ الۡبَادِيَةِ، وَوَقَعَ فِي نَفۡسِي أَنَّهَا النَّخۡلَةُ، قَالَ عَبۡدُ اللهِ: فَاسۡتَحۡيَيۡتُ، فَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ أَخۡبِرۡنَا بِهَا، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (هِيَ النَّخۡلَةُ). قَالَ عَبۡدُ اللهِ: فَحَدَّثۡتُ أَبِي بِمَا وَقَعَ فِي نَفۡسِي، فَقَالَ: لَأَنۡ تَكُونَ قُلۡتَهَا أَحَبُّ إِلَىَّ مِنۡ أَنۡ يَكُونَ لِي كَذَا وَكَذَا. [طرفه في: ٦١]. 

131. Isma’il telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Malik menceritakan kepadaku dari ‘Abdullah bin Dinar, dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Sesungguhnya di antara pepohonan ada suatu pohon yang dedaunannya tidak berguguran dan itu seperti seorang muslim. Coba kalian sebutkan kepadaku apa pohon itu?” 

Para sahabat menebak dengan pepohonan di padang belantara, sementara aku menebak di dalam hati bahwa itu adalah pohon kurma. ‘Abdullah berkata: Tapi aku malu. 

Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, kabarkan kepada kami pohon apa itu.” 

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Itu adalah pohon kurma.” 

‘Abdullah berkata: Lalu aku menceritakan kepada ayahku perihal tebakan yang terlintas di dalam hatiku, lalu beliau mengatakan, “Sungguh engkau tadi mengungkapkannya lebih aku sukai daripada aku memiliki ini dan itu.”