Cari Blog Ini

Syarh Al-Ajurrumiyyah - Kata yang Diikrab Menggunakan Harakat

الۡمُعۡرَبُ بِالۡحَرَكَاتِ:
Kata yang diikrab menggunakan harakat


قَوۡلُهُ: (فَالَّذِي يُعۡرَبُ بِالۡحَرَكَاتِ أَرۡبَعَةُ أَنۡوَاعٍ: الِاسۡمُ الۡمُفۡرَدُ، وَجَمۡعُ التَّكۡسِيرِ، وَجَمۡعُ الۡمُؤَنَّثِ السَّالِمُ، وَالۡفِعۡلُ الۡمُضَارِعُ الَّذِي لَمۡ يَتَّصِلۡ بِآخِرِهِ شَيۡءٌ، وَكُلُّهَا تُرۡفَعُ بِالضَّمَّةِ وَتُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَتُخۡفَضُ بِالۡكَسۡرَةِ، وَتُجۡزَمُ بِالسُّكُونِ. 

وَخَرَجَ عَنۡ ذٰلِكَ ثَلَاثَةُ أَشۡيَاءَ: جَمۡعُ الۡمُؤَنَّثِ السَّالِمُ؛ يُنۡصَبُ بِالۡكَسۡرَةِ، وَالِاسۡمُ الَّذِي لَا يَنۡصَرِفُ يُخۡفَضُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَالۡفِعۡلُ الۡمُضَارِعُ الۡمُعۡتَلُّ الۡآخِرِ؛ يُجۡزَمُ بِحَذۡفِ آخِرِهِ). 

Ucapan mualif, “Kata yang diikrab menggunakan harakat ada empat macam: isim mufrad, jamak taksir, jamak muanas salim, fiil mudhari’ yang tidak ada huruf apapun yang menyambung di akhirnya. Semuanya di-raf’ menggunakan damah, di-nashb menggunakan fatah, di-khafdh menggunakan kasrah, dan di-jazm menggunakan sukun. Tiga jenis kata yang keluar dari aturan itu adalah jamak muanas salim, di-nashb menggunakan harakat kasrah, isim yang tidak ditanwin di-khafdh menggunakan fatah, dan fiil mudhari’ mu’tall akhir di-jazm dengan membuang huruf akhirnya.” 

وَقَوۡلُهُ: (وَالۡفِعۡلُ الۡمُضَارِعُ الَّذِي لَمۡ يَتَّصِلۡ بِآخِرِهِ شَيۡءٌ) نَزِيدُ: وَلَيۡسَ مَبۡنِيًّا. 

الَّذِي يُعۡرَبُ بِالۡحَرَكَاتِ، هَٰذِهِ الۡأَنۡوَاعُ الۡأَرۡبَعَةُ وَالدَّلِيلُ: التَّتَبُّعُ وَالاسۡتِقۡرَاءُ، فَإِنَّنَا تَتَبَّعۡنَا كَلَامَ الۡعَرَبِ، وَلَمۡ نَجِدۡ مِنۡ كَلَامِهِمۡ شَيۡئًا يُعۡرَبُ بِالۡحَرَكَاتِ إِلَّا هَٰذِهِ الۡأَنۡوَاعَ الۡأَرۡبَعَةَ. 

Ucapan mualif, “Dan fiil mudhari’ yang tidak bersambung apapun di akhirnya,” kita tambahkan: dan bukan mabni

Yang diikrab menggunakan harakat adalah empat macam kata ini. Dalilnya adalah pengamatan dan penelitian. Karena kami telah mengamati pembicaraan orang Arab dan kami tidak mendapati dari pembicaraan mereka suatu kata yang diikrab menggunakan harakat kecuali empat macam kata ini. 

وَقَوۡلُهُ: (وَكُلُّهَا تُرۡفَعُ بِالضَّمَّةِ وَتُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَتُخۡفَضُ بِالۡكَسۡرَةِ، وَتُجۡزَمُ بِالسُّكُونِ). 

تُجۡزَمُ بِالسُّكُونِ كُلُّهَا، هَٰذِهِ قَاعِدَتُهَا، ثُمَّ اسۡتَثۡنَى، فَقَالَ: (وَخَرَجَ عَنۡ ذٰلِكَ ثَلَاثَةُ أَشۡيَاءَ: جَمۡعُ الۡمُؤَنَّثِ السَّالِمُ يُنۡصَبُ بِالۡكَسۡرَةِ). 

مِنۡ أَيۡنَ خَرَجَ هَٰذَا؟ مِنۡ قَوۡلِهِ: (وَتُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ) إِذَنۡ يُسۡتَثۡنَى مِنۡ ذٰلِكَ جَمۡعُ الۡمُؤَنَّثِ السَّالِمُ، هَٰذَا لَا يُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَإِنَّمَا يُنۡصَبُ بِالۡكَسۡرَةِ. 

Ucapan mualif, “Semua ini di-raf’ menggunakan damah, di-nashb menggunakan fatah, di-khafdh menggunakan kasrah, dan di-jazm menggunakan sukun.”

Di-jazm menggunakan sukun semuanya. Ini kaidahnya. Kemudian dikecualikan, maka mualif berkata, “Tiga macam kata yang keluar dari aturan itu: jamak muanas salim di-nashb menggunakan kasrah.” 

Kata ini keluar dari aturan yang mana? Dari ucapan mualif, “Di-nashb menggunakan fatah.” Jadi jamak muanas salim dikecualikan dari aturan itu. Karena kata ini tidak di-nashb menggunakan fatah, namun di-nashb menggunakan kasrah.

وَقَوۡلُهُ: (وَالِاسۡمُ الَّذِي لَا يَنۡصَرِفُ؛ يُخۡفَضُ بِالۡفَتۡحَةِ). 

هَٰذَا مُسۡتَثۡنًى مِنۡ قَوۡلِهِ: (تُخۡفَضُ بِالۡكَسۡرَةِ) يَعۡنِي: إِلَّا الِاسۡمَ الَّذِي لَا يَنۡصَرِفُ. 

Ucapan mualif, “Isim yang tidak ditanwin di-khafdh menggunakan fatah.” Ini pengecualian dari ucapan mualif, “Di-khafdh menggunakan kasrah.” Yakni kecuali isim yang tidak ditanwin. 

وَقَوۡلُهُ: (وَالۡفِعۡلُ الۡمُضَارِعُ الۡمُعۡتَلُّ الۡآخِرِ؛ يُجۡزَمُ بِحَذۡفِ آخِرِهِ). 

إِذَنۡ الۡقَاعِدَةُ سَلِيمَةٌ بِالۡاسۡتِثۡنَاءِ، فَالَّذِي يُعۡرَبُ بِالۡحَرَكَاتِ أَرۡبَعَةُ أَشۡيَاءَ: الِاسۡمُ الۡمُفۡرَدُ، جَمۡعُ التَّكۡسِيرِ، جَمۡعُ الۡمُؤَنَّثِ السَّالِمُ، الۡفِعۡلُ الۡمُضَارِعُ الَّذِي لَمۡ يَتَّصِلۡ بِآخِرِهِ شَيۡءٌ، وَلَيۡسَ مَبۡنِيًّا. 

مَعَ أَنَّ قَوۡلَنَا هُنَا (وَلَيۡسَ مَبۡنِيًّا) يُمۡكِنُ الِاسۡتِغۡنَاءُ عَنۡهُ؛ لِأَنَّ الۡمَبۡنِيَّ لَا بُدَّ أَنۡ يَتَّصِلَ بِآخِرِهِ نُونُ تَوۡكِيدٍ، أَوۡ نُونُ نِسۡوَةٍ. 

Ucapan mualif, “Fiil mudhari’ yang huruf akhirnya sakit di-jazm dengan membuang huruf akhirnya.” 

Jadi kaidah ini masih berlaku dengan pengecualian. Jadi kata yang diikrab menggunakan harakat ada empat macam kata: 
  • isim mufrad, 
  • jamak taksir
  • jamak muanas salim, 
  • fiil mudhari’ yang tidak bersambung apapun di akhirnya dan bukan mabni.

Namun, ucapan kami di sini “dan bukan mabni” mungkin saja untuk tidak diperlukan karena fiil mudhari’ yang mabni pasti bersambung dengan huruf nun taukid atau nun niswah di akhirnya. 

هَٰذِهِ الۡمُعۡرَبَاتُ بِالۡحَرَكَاتِ، قَاعِدَتُهَا: أَنَّهَا تُرۡفَعُ بِالضَّمَّةِ، وَتُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَتُجَرُّ بِالۡكَسۡرَةِ، وَتُجۡزَمُ بِالسُّكُونِ. لَكِنۡ خَرَجَ عَنۡ هَٰذَا ثَلَاثَةُ أَشۡيَاءَ: 

أَوَّلًا: جَمۡعُ الۡمُؤَنَّثِ السَّالِمُ، خَرَجَ فِي حَالِ النَّصۡبِ، فَهُوَ لَا يُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَإِنَّمَا يُنۡصَبُ بِالۡكَسۡرَةِ، وَيُرۡفَعُ بِالضَّمَّةِ عَلَى الۡأَصۡلِ، وَيُجَرُّ بِالۡكَسۡرَةِ عَلَى الۡأَصۡلِ، وَلَا يُجۡزَمُ؛ لِأَنَّهُ اسۡمٌ، وَالۡمُؤَلِّفُ قَالَ فِيمَا سَبَقَ: (فَلِلۡأَسۡمَاءِ مِنۡ ذٰلِكَ الرَّفۡعُ وَالنَّصۡبُ وَالۡخَفۡضُ، وَلَا جَزۡمَ فِيهَا). 

ثَانِيًا: الِاسۡمُ الَّذِي لَا يَنۡصَرِفُ، فَإِنَّهُ تُخۡفَضُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَيُرۡفَعُ بِالضَّمَّةِ، وَيُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَيُسۡتَثۡنَى مِنَ الِاسۡمِ الَّذِي لَا يَنۡصَرِفُ إِذَا أُضِيفَ، أَوِ اقۡتَرَنَ بِـ(أَلۡ). 

الثَّالِث: وَالۡفِعۡلُ الۡمُضَارِعُ الۡمُعۡتَلُّ الۡآخِرِ، فَهَٰذَا مُسۡتَثۡنًى أَيۡضًا مِنۡ قَوۡلِهِ: (تُجۡزَمُ بِالسُّكُونِ) فَالۡفِعۡلُ الۡمُضَارِعُ الۡمُعۡتَلُّ الۡآخِرِ يُجۡزَمُ بِحَذۡفِ آخِرِهِ، وَيُرۡفَعُ بِالضَّمَّةِ، وَيُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ. 

Ini adalah kata-kata yang diikrab menggunakan harakat. Kaidahnya adalah di-raf’ menggunakan damah, di-nashb menggunakan fatah, di-jarr menggunakan kasrah, dan di-jazm menggunakan sukun. Tetapi ada tiga macam kata yang keluar dari aturan ini:

Pertama: Jamak muanas salim yang keluar aturan ketika nashb. Kata ini tidak di-nashb menggunakan fatah, namun di-nashb menggunakan kasrah. Di-raf’ menggunakan damah sesuai kaidah asalnya. Di-jarr menggunakan kasrah sesuai kaidah asalnya. Tidak di-jazm karena isim. Mualif telah berkata di pembahasan sebelumnya, “Isim memiliki ikrab raf’, nashb, dan khafdh. Tidak ada jazm pada isim.” 

Kedua: Isim yang tidak ditanwin di-khafdh menggunakan fatah, di-raf’ menggunakan damah, di-nashb menggunakan fatah. Dikecualikan dari isim yang tidak ditanwin apabila di-idhafah atau diawali أَلۡ. 

Ketiga: Fiil mudhari’ yang huruf akhirnya sakit. Ini dikecualikan dari ucapan mualif, “Di-jazm menggunakan sukun.” Karena fiil mudhari’ yang huruf akhirnya sakit di-jazm dengan membuang huruf akhirnya, di-raf’ menggunakan damah, dan di-nashb menggunakan fatah.

إِذَنۡ فَالۡمُضَارِعُ يُرۡفَعُ بِالضَّمَّةِ، وَيُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَيُجۡزَمُ بِالسُّكُونِ، إِلَّا إِذَا كَانَ مُعۡتَلَّ الۡآخِرِ، فَيُجۡزَمُ بِحَذۡفِ آخِرِهِ. 

وَالِاسۡمُ الۡمُفۡرَدُ يُرۡفَعُ بِالضَّمَّةِ، وَيُنۡصَبُ بِالۡفَتۡحَةِ، وَيُجَرُّ بِالۡكَسۡرَةِ، وَيُسۡتَثۡنَى مِنۡ ذٰلِكَ الَّذِي لَا يَنۡصَرِفُ، فَيُجَرُّ بِالۡفَتۡحَةِ. 

وَجَمۡعُ الۡمُؤَنَّثِ السَّالِمُ يُرۡفَعُ بِالضَّمَّةِ، وَيُنۡصَبُ بِالۡكَسۡرَةِ، وَيُخۡفَضُ بِالۡكَسۡرَةِ. 

Jadi fiil mudhari’ di-raf’ menggunakan damah, di-nashb menggunakan fatah, dan di-jazm menggunakan sukun, kecuali apabila huruf akhirnya sakit, maka di-jazm dengan membuang huruf akhirnya. 

Isim mufrad di-raf’ menggunakan damah, di-nashb menggunakan fatah, dan di-jarr menggunakan kasrah. Dikecualikan dari itu adalah isim yang tidak ditanwin, di-jarr menggunakan fatah. Jamak muanas salim di-raf’ menggunakan damah, di-nashb menggunakan kasrah, dan di-khafdh menggunakan kasrah.