١٨ - بَابُ الصَّلَاةِ فِي السُّطُوحِ وَالۡمِنۡبَرِ وَالۡخَشَبِ
18. Bab salat di atas atap, mimbar, atau kayu
قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: وَلَمۡ يَرَ الۡحَسَنُ بَأۡسًا أَنۡ يُصَلَّى عَلَى
الۡجَمۡدِ وَالۡقَنَاطِرِ وَإِنۡ جَرَى تَحۡتَهَا بَوۡلٌ، أَوۡ فَوۡقَهَا، أَوۡ
أَمَامَهَا، إِذَا كَانَ بَيۡنَهُمَا سُتۡرَةٌ.
Abu ‘Abdullah berkata: Al-Hasan berpendapat tidak mengapa salat di atas
bongkahan air yang membeku atau jembatan walaupun air kencing mengalir di
bawahnya, atau di atasnya, atau di depannya apabila ada pembatas antara
keduanya.
وَصَلَّى أَبُو هُرَيۡرَةَ عَلَى سَقۡفِ الۡمَسۡجِدِ بِصَلَاةِ
الۡإِمَامِ.
Abu Hurairah pernah salat di atas atap masjid mengikuti salat imam.
وَصَلَّى ابۡنُ عُمَرَ عَلَى الثَّلۡجِ.
Ibnu ‘Umar pernah salat di atas salju.
٣٧٧ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ
قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو حَازِمٍ قَالَ: سَأَلُوا سَهۡلَ بۡنَ سَعۡدٍ: مِنۡ
أَىِّ شَىۡءٍ الۡمِنۡبَرُ؟ فَقَالَ: مَا بَقِيَ بِالنَّاسِ أَعۡلَمُ مِنِّي،
هُوَ مِنۡ أَثۡلِ الۡغَابَةِ، عَمِلَهُ فُلَانٌ مَوۡلَى فُلَانَةَ لِرَسُولِ
اللهِ ﷺ، وَقَامَ عَلَيۡهِ رَسُولُ اللهِ ﷺ حِينَ عُمِلَ وَوُضِعَ،
فَاسۡتَقۡبَلَ الۡقِبۡلَةَ، كَبَّرَ وَقَامَ النَّاسُ خَلۡفَهُ، فَقَرَأَ
وَرَكَعَ، وَرَكَعَ النَّاسُ خَلۡفَهُ، ثُمَّ رَفَعَ رَأۡسَهُ ثُمَّ رَجَعَ
الۡقَهۡقَرَى، فَسَجَدَ عَلَى الۡأَرۡضِ، ثُمَّ عَادَ إِلَى الۡمِنۡبَرِ، ثُمَّ
رَكَعَ ثُمَّ رَفَعَ رَأۡسَهُ، ثُمَّ رَجَعَ الۡقَهۡقَرَى حَتَّى سَجَدَ
بِالۡأَرۡضِ، فَهَٰذَا شَأۡنُهُ. قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: قَالَ عَلِيُّ بۡنُ
عَبۡدِ اللهِ: سَأَلَنِي أَحۡمَدُ بۡنُ حَنۡبَلٍ رَحِمَهُ اللهُ عَنۡ هَٰذَا
الۡحَدِيثِ؟ قَالَ: فَإِنَّمَا أَرَدۡتُ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ أَعۡلَى مِنَ
النَّاسِ، فَلَا بَأۡسَ أَنۡ يَكُونَ الۡإِمَامُ أَعۡلَى مِنَ النَّاسِ
بِهَٰذَا الۡحَدِيثِ. قَالَ: فَقُلۡتُ: إِنَّ سُفۡيَانَ بۡنَ عُيَيۡنَةَ كَانَ
يُسۡأَلُ عَنۡ هَٰذَا كَثِيرًا، فَلَمۡ تَسۡمَعۡهُ مِنۡهُ؟ قَالَ: لَا. [الحديث
٣٧٧ – أطرافه في: ٤٤٨، ٩١٧، ٢٠٩٤، ٢٥٦٩].
377. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sufyan
menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Hazim menceritakan kepada kami.
Beliau berkata: Mereka bertanya kepada Sahl bin Sa’d: Dari apa mimbar beliau
terbuat?
Beliau menjawab: Tidak tersisa orang yang lebih mengetahuinya daripada aku.
Mimbar itu terbuat dari pohon Atsl di Ghabah yang dikerjakan oleh Fulan maula
Fulanah untuk Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Ketika selesai dibuat
dan ditempatkan, Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berdiri di atasnya
lalu menghadap kiblat. Beliau bertakbir dan orang-orang berdiri di belakang
beliau. Beliau membaca surah dan rukuk. Orang-orang rukuk di belakang beliau.
Kemudian beliau mengangkat kepalanya lalu beliau kembali mundur hingga beliau
sujud di atas tanah. Kemudian beliau kembali menuju mimbar. Beliau rukuk
kemudian mengangkat kepala, lalu kembali mundur hingga sujud di atas tanah.
Demikian seterusnya.
Abu ‘Abdullah berkata: ‘Ali bin ‘Abdullah berkata: Ahmad bin
Hanbal—rahimahullah—bertanya kepadaku tentang hadis ini. Beliau berkata: Yang
aku maksud bahwasanya Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketika itu berada di
tempat yang lebih tinggi daripada orang-orang, berarti dengan dasar hadis ini,
tidak mengapa imam berada di tempat yang lebih tinggi daripada orang lain.
‘Ali bin ‘Abdullah berkata: Aku berkata: Sesungguhnya Sufyan bin ‘Uyainah
dahulu sering ditanya tentang ini. Apakah engkau tidak mendengar tentang ini
darinya?
Ahmad bin Hanbal berkata: Tidak.