٦١٧٤ – أَبُو قَتَادَةَ الۡأَنۡصَارِيُّ
6174. Abu Qatadah Al-Anshari
ب ع س: أَبُو قَتَادَةَ الۡأَنۡصَارِيُّ، اسۡمُهُ الۡحَارِثُ بۡنُ رِبۡعِيِّ
بۡنِ بَلۡدَمَةَ بۡنِ خُنَاسِ بۡنِ عُبَيۡدِ بۡنِ غَنۡمِ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ
سَلِمَةَ بۡنِ سَعۡدٍ الۡأَنۡصَارِيُّ الۡخَزۡرَجِيُّ السَّلَمِيُّ فَارِسُ
رَسُولِ اللهِ ﷺ.
وَقِيلَ: اسۡمُهُ النُّعۡمَانُ، قَالَهُ الۡكَلۡبِيُّ، وَابۡنُ إِسۡحَاقَ.
وَقَدۡ ذَكَرۡنَاهُ فِيهِمَا، وَالۡحَارِثُ أَكۡثَرُ.
Abu Qatadah Al-Anshari. Namanya adalah Al-Harits bin Rib’i bin Baldamah bin
Khunas bin ‘Ubaid bin Ghanm bin Ka’b bin Salimah bin Sa’d Al-Anshari
Al-Khazraji As-Salami. Pasukan berkuda Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—.
Ada yang mengatakan bahwa namanya adalah An-Nu’man. Ini dikatakan oleh
Al-Kalbi dan Ibnu Ishaq. Kami telah menyebutkannya dalam kedua nama tersebut,
namun Al-Harits lebih banyak (dikenal).
وَأُمُّهُ كَبۡشَةُ بِنۡتُ مُطَهَّرِ بۡنِ حَرَامِ بۡنِ سَوَادِ بۡنِ غَنۡمِ
بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ سَلِمَةَ.
Ibu beliau adalah Kabsyah binti Muthahhar bin Haram bin Sawad bin Ghanm bin
Ka’b bin Salimah.
اخۡتُلِفَ فِي شُهُودِهِ بَدۡرًا، فَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: كَانَ بَدۡرِيًّا.
وَلَمۡ يَذۡكُرۡهُ ابۡنُ عُقۡبَةَ، وَلَا ابۡنُ إِسۡحَاقَ فِي الۡبَدۡرِيِّينَ.
وَشَهِدَ أُحُدًا وَمَا بَعۡدَهَا مِنَ الۡمَشَاهِدِ كُلِّهَا.
Keikutsertaan Abu Qatadah dalam perang Badr diperselisihkan. Sebagian mereka
berkata bahwa beliau adalah veteran perang Badr. Adapun Ibnu ‘Uqbah dan Ibnu
Ishaq tidak menyebut beliau dalam daftar pasukan perang Badr. Beliau mengikuti
perang Uhud dan seluruh perang setelahnya.
أَخۡبَرَنَا الۡحُسَيۡنُ بۡنُ يُوحَنَ بۡنِ أتويه بۡنِ النُّعۡمَانِ
الۡبَاوَرِيُّ الۡيَمَنِيُّ، نَزِيلُ أَصۡفَهَانَ، وَأَبُو الۡعَبَّاسِ
أَحۡمَدُ بۡنُ عُثۡمَانَ بۡنِ أَبِي عَلِيٍّ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو
الۡفَضۡلِ مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ الۡوَاحِدِ النِّيلِيُّ، أَخۡبَرَنَا أَبُو
الۡقَاسِمِ الۡخَلِيلِيُّ، أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡقَاسِمِ عَلِيُّ بۡنُ أَحۡمَدَ
الۡخُزَاعِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ الشَّاشِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو عِيسَى
مُحَمَّدُ بۡنُ عِيسَى، أَخۡبَرَنَا حُسَيۡنُ بۡنُ مُحَمَّدٍ، أَخۡبَرَنَا
سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَرۡبٍ، أَخۡبَرَنَا حَمَّادُ بۡنُ سَلَمَةَ، عَنۡ حُمَيۡدٍ،
عَنۡ بَكۡرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ الۡمُزَنِيِّ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ رَبَاحٍ،
عَنۡ أَبِي قَتَادَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ إِذَا عَرَّسَ بِلَيۡلٍ
اضۡطَجَعَ عَلَى شِقِّهِ الۡأَيۡمَنِ، وَإِذَا اضۡطَجَعَ قُبَيۡلَ الصُّبۡحِ
نَصَبَ ذِرَاعَهُ وَوَضَعَ رَأۡسَهُ عَلَى كَفِّهِ.
Al-Husain bin Yuhan bin Atawaih bin An-Nu’man Al-Bawari Al-Yamani—seorang
pendatang Isfahan—dan Abu Al-‘Abbas Ahmad bin ‘Utsman bin Abu ‘Ali telah
mengabarkan kepada kami. Keduanya berkata: Abu Al-Fadhl Muhammad bin ‘Abdul
Wahid An-Nili menceritakan kepada kami: Abu Al-Qasim Al-Khalili mengabarkan
kepada kami: Abu Al-Qasim ‘Ali bin Ahmad Al-Khuza’i mengabarkan kepada kami:
Abu Sa’id Asy-Syasyi menceritakan kepada kami: Abu ‘Isa Muhammad bin ‘Isa
menceritakan kepada kami: Husain bin Muhammad mengabarkan kepada kami:
Sulaiman bin Harb mengabarkan kepada kami: Hammad bin Salamah mengabarkan
kepada kami dari Humaid, dari Bakr bin ‘Abdullah Al-Muzani, dari ‘Abdullah bin
Rabah, dari Abu Qatadah: Bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—apabila
istirahat di malam hari, beliau berbaring di atas sisi tubuh sebelah kanan.
Apabila beliau berbaring sejenak sebelum waktu subuh, beliau menegakkan lengan
bawah dan meletakkan kepala di atas telapak tangannya.
وَرَوَى عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَبِي قَتَادَةَ، عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: أَدۡرَكَنِي
النَّبِيُّ ﷺ يَوۡمَ ذِي قَرَدٍ فَنَظَرَ إِلَيَّ وَقَالَ: (اللّٰهُمَّ،
بَارِكۡ فِي شَعۡرِهِ وَبَشَرِهِ). وَقَالَ: (أَفۡلَحَ وَجۡهُكَ). قُلۡتُ:
وَوَجۡهُكَ يَا رَسُولَ اللهِ. قَالَ: (قَتَلۡتَ مَسۡعَدَةَ؟) قُلۡتُ: نَعَمۡ.
قَالَ: (فَمَا ذَا الَّذِي بِوَجۡهِكَ؟) قُلۡتُ: سَهۡمٌ رَمَيۡتُ بِهِ. قَالَ:
(ادۡنُ). فَدَنَوۡتُ، فَبَصَقَ عَلَيۡهِ، فَمَا ضَرَبَ عَلَيَّ قَطَّ وَلَا
فَاحَ.
‘Abdullah bin Abu Qatadah meriwayatkan dari ayahnya. Beliau berkata:
Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengetahuiku pada hari perang Dzu Qarad.
Nabi memandangku dan berkata, “Ya Allah, berkahilah rambut dan kulitnya.” Nabi
juga berkata, “Sungguh beruntung wajahmu.”
Aku katakan, “Begitu pula wajah
Anda, wahai Rasulullah.”
Nabi bertanya, “Apakah engkau telah membunuh
Mas’adah?”
Aku menjawab, “Iya.”
Nabi bertanya, “Lalu apa yang ada di wajahmu
itu?”
Aku menjawab, “(Terkena) anak panah yang aku lempar.”
Nabi berkata,
“Mendekatlah!”
Aku mendekat, lalu beliau meludah ke luka di wajahku, hingga
benar-benar sembuh dan tidak membekas.
أَخۡرَجَهُ أَبُو عُمَرَ، وَأَبُو نُعَيۡمٍ، وَأَبُو مُوسَى.
Biografi beliau disebutkan oleh Abu ‘Umar, Abu Nu’aim, dan Abu Musa.
وَتُوُفِّيَ سَنَةَ أَرۡبَعٍ وَخَمۡسِينَ بِالۡمَدِينَةِ، فِي قَوۡلٍ.
وَقِيلَ: تُوُفِّيَ بِالۡكُوفَةِ فِي خِلَافَةِ عَلِيٍّ، وَصَلَّى عَلَيۡهِ
عَلِيٌّ فَكَبَّرَ سَبۡعًا.
Abu Qatadah wafat pada tahun 54 H di Madinah menurut satu pendapat. Ada yang
berpendapat bahwa beliau wafat di Kufah ketika kekhilafahan ‘Ali dan ‘Ali
menyalati jenazahnya dengan bertakbir sebanyak tujuh takbir.
وَرَوَى الشَّعۡبِيُّ أَنَّ عَلِيًّا كَبَّرَ عَلَيۡهِ سِتًّا. قَالَ: وَكَانَ
بَدۡرِيًّا. وَقَالَ الۡحَسَنُ بۡنُ عُثۡمَانَ: تُوُفِّيَ سَنَةَ أَرۡبَعِينَ
وَشَهِدَ مَعَ عَلِيٍّ مَشَاهِدَهُ كُلَّهَا.
Asy-Sya’bi meriwayatkan bahwa ‘Ali bertakbir menyalati jenazahnya dengan enam
takbir. Beliau juga berkata bahwa Abu Qatadah adalah veteran perang Badr.
Al-Hasan bin ‘Utsman berkata: Abu Qatadah wafat pada tahun 40 H dan beliau
mengikuti seluruh peperangan bersama ‘Ali.
قُلۡتُ: مَسۡعَدَةُ الَّذِي قَتَلَهُ أَبُو قَتَادَةَ هُوَ مَسۡعَدَةَ بۡنُ
حَكَمَةَ بۡنِ مَالِكِ بۡنِ حُذَيۡفَةَ بۡنِ بَدۡرٍ الۡفَزَارِيُّ، وَمِنۡ
وَلَدِهِ عَبۡدُ اللهِ وَعَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ ابۡنَا مَسۡعَدَةَ، وَلِيَ عَبۡدُ
اللهِ الصَّائِفَةَ لِمُعَاوِيَةَ، وَوَلِيَ عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ الصَّائِفَةَ
لِعَبۡدِ الۡمَلِكِ.
Aku katakan: Mas’adah yang dibunuh oleh Abu Qatadah adalah Mas’adah bin
Hakamah bin Malik bin Hudzaifah bin Badr Al-Fazari. Di antara anaknya adalah
‘Abdullah dan ‘Abdurrahman dua putra Mas’adah. ‘Abdullah menjadi pemimpin
pasukan perang Mu’awiyah di musim panas. Adapun ‘Abdurrahman menjadi pemimpin
pasukan perang ‘Abdul Malik di musim panas.