Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1322

٥٦ - بَابُ سُنَّةِ الصَّلَاةِ عَلَى الۡجَنَائِزِ
56. Bab sunahnya menyalati jenazah


وَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (مَنۡ صَلَّى عَلَى الۡجَنَازَةِ). وَقَالَ: (صَلُّوا عَلَى صَاحِبِكُمۡ). وَقَالَ: (صَلُّوا عَلَى النَّجَاشِيِّ).

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Barang siapa menyalati jenazah…”

Beliau juga bersabda, “Salatilah jenazah sahabat kalian!”

Beliau juga bersabda, “Salatilah An-Najasyi!”

سَمَّاهَا صَلَاةً، لَيۡسَ فِيهَا رُكُوعٌ وَلَا سُجُودٌ، وَلَا يُتَكَلَّمُ فِيهَا، وَفِيهَا تَكۡبِيرٌ وَتَسۡلِيمٌ. وَكَانَ ابۡنُ عُمَرَ لَا يُصَلِّي إِلَّا طَاهِرًا، وَلَا يُصَلِّي عِنۡدَ طُلُوعِ الشَّمۡسِ وَلَا غُرُوبِهَا، وَيَرۡفَعُ يَدَيۡهِ.

Beliau menamakannya salat meskipun tidak ada rukuk dan sujudnya. Dalam salat ini juga tidak diperbolehkan bercakap-cakap. Ada takbir dan taslim dalam salat ini.

Ibnu ‘Umar tidak melakukan salat ini kecuali dalam keadaan suci dan beliau tidak melakukan salat ini ketika matahari sedang terbit atau tenggelam. Beliau mengangkat kedua tangannya (dalam setiap takbir).

وَقَالَ الۡحَسَنُ: أَدۡرَكۡتُ النَّاسَ، وَأَحَقُّهُمۡ عَلَى جَنَائِزِهِمۡ مَنۡ رَضُوهُمۡ لِفَرَائِضِهِمۡ، وَإِذَا أَحۡدَثَ يَوۡمَ الۡعِيدِ أَوۡ عِنۡدَ الۡجَنَازَةِ يَطۡلُبُ الۡمَاءَ وَلَا يَتَيَمَّمُ، وَإِذَا انۡتَهَى إِلَى الۡجَنَازَةِ وَهُمۡ يُصَلُّونَ يَدۡخُلُ مَعَهُمۡ بِتَكۡبِيرَةٍ.

Al-Hasan berkata: Aku mendapati orang-orang (dari kalangan sahabat dan tabiin). Orang yang paling berhak di antara mereka untuk memimpin salat jenazah mereka adalah orang yang mereka ridai menjadi imam pada salat-salat fardu. Apabila dia berhadas pada hari raya atau ketika menyalati jenazah, dia harus mencari air dan tidak boleh hanya tayamum. Apabila seseorang mendapati salat jenazah dalam keadaan orang-orang sedang salat, dia langsung masuk bersama mereka dengan bertakbir.

وَقَالَ ابۡنُ الۡمُسَيَّبِ: يُكَبِّرُ بِاللَّيۡلِ وَالنَّهَارِ، وَالسَّفَرِ وَالۡحَضَرِ، أَرۡبَعًا.

Ibnu Al-Musayyab berkata: Bertakbir (di salat jenazah) baik di malam hari maupun siang hari, baik safar atau mukim, sebanyak empat kali.

وَقَالَ أَنَسٌ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: تَكۡبِيرَةُ الۡوَاحِدَةِ اسۡتِفۡتَاحُ الصَّلَاةِ.

Anas—radhiyallahu ‘anhu—berkata: Takbir pertama adalah pembukaan salat.

وَقَالَ: ﴿وَلَا تُصَلِّ عَلَى أَحَدٍ مِنۡهُمۡ مَاتَ أَبَدًا﴾ [التوبة: ٨٤].

Allah berfirman, “Janganlah engkau menyalati salah satu dari mereka selama-lamanya.” (QS. At-Taubah: 84).

وَفِيهِ صُفُوفٌ وَإِمَامٌ.

Dalam salat jenazah ada saf-saf dan seorang imam.

١٣٢٢ - حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنِ الشَّيۡبَانِيِّ، عَنِ الشَّعۡبِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي مَنۡ مَرَّ مَعَ نَبِيِّكُمۡ ﷺ عَلَى قَبۡرٍ مَنۡبُوذٍ، فَأَمَّنَا فَصَفَفۡنَا خَلۡفَهُ. فَقُلۡنَا: يَا أَبَا عَمۡرٍو، مَنۡ حَدَّثَكَ؟ قَالَ: ابۡنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا.

1322. Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Asy-Syaibani, dari Asy-Sya’bi. Beliau berkata: Orang yang menyertai Nabi kalian—shallallahu ‘alaihi wa sallam—melewati sebuah kuburan yang terpencil mengabarkan kepadaku, lalu Nabi salat mengimami kami dan kami membuat saf di belakang beliau.

Kami bertanya, “Wahai Abu ‘Amr, siapa yang menceritakan kepadamu?”

Beliau menjawab, “Ibnu ‘Abbas—radhiyallahu ‘anhuma.”