٥٦ - بَابُ سُنَّةِ الصَّلَاةِ عَلَى الۡجَنَائِزِ
56. Bab sunahnya menyalati jenazah
وَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (مَنۡ صَلَّى عَلَى الۡجَنَازَةِ). وَقَالَ: (صَلُّوا
عَلَى صَاحِبِكُمۡ). وَقَالَ: (صَلُّوا عَلَى النَّجَاشِيِّ).
Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Barang siapa menyalati jenazah…”
Beliau juga bersabda, “Salatilah jenazah sahabat kalian!”
Beliau juga bersabda, “Salatilah An-Najasyi!”
سَمَّاهَا صَلَاةً، لَيۡسَ فِيهَا رُكُوعٌ وَلَا سُجُودٌ، وَلَا يُتَكَلَّمُ
فِيهَا، وَفِيهَا تَكۡبِيرٌ وَتَسۡلِيمٌ. وَكَانَ ابۡنُ عُمَرَ لَا يُصَلِّي
إِلَّا طَاهِرًا، وَلَا يُصَلِّي عِنۡدَ طُلُوعِ الشَّمۡسِ وَلَا غُرُوبِهَا،
وَيَرۡفَعُ يَدَيۡهِ.
Beliau menamakannya salat meskipun tidak ada rukuk dan sujudnya. Dalam salat
ini juga tidak diperbolehkan bercakap-cakap. Ada takbir dan taslim dalam salat
ini.
Ibnu ‘Umar tidak melakukan salat ini kecuali dalam keadaan suci dan beliau
tidak melakukan salat ini ketika matahari sedang terbit atau tenggelam. Beliau
mengangkat kedua tangannya (dalam setiap takbir).
وَقَالَ الۡحَسَنُ: أَدۡرَكۡتُ النَّاسَ، وَأَحَقُّهُمۡ عَلَى جَنَائِزِهِمۡ
مَنۡ رَضُوهُمۡ لِفَرَائِضِهِمۡ، وَإِذَا أَحۡدَثَ يَوۡمَ الۡعِيدِ أَوۡ عِنۡدَ
الۡجَنَازَةِ يَطۡلُبُ الۡمَاءَ وَلَا يَتَيَمَّمُ، وَإِذَا انۡتَهَى إِلَى
الۡجَنَازَةِ وَهُمۡ يُصَلُّونَ يَدۡخُلُ مَعَهُمۡ بِتَكۡبِيرَةٍ.
Al-Hasan berkata: Aku mendapati orang-orang (dari kalangan sahabat dan
tabiin). Orang yang paling berhak di antara mereka untuk memimpin salat
jenazah mereka adalah orang yang mereka ridai menjadi imam pada salat-salat
fardu. Apabila dia berhadas pada hari raya atau ketika menyalati jenazah, dia
harus mencari air dan tidak boleh hanya tayamum. Apabila seseorang mendapati
salat jenazah dalam keadaan orang-orang sedang salat, dia langsung masuk
bersama mereka dengan bertakbir.
وَقَالَ ابۡنُ الۡمُسَيَّبِ: يُكَبِّرُ بِاللَّيۡلِ وَالنَّهَارِ، وَالسَّفَرِ
وَالۡحَضَرِ، أَرۡبَعًا.
Ibnu Al-Musayyab berkata: Bertakbir (di salat jenazah) baik di malam hari
maupun siang hari, baik safar atau mukim, sebanyak empat kali.
وَقَالَ أَنَسٌ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: تَكۡبِيرَةُ الۡوَاحِدَةِ اسۡتِفۡتَاحُ
الصَّلَاةِ.
Anas—radhiyallahu ‘anhu—berkata: Takbir pertama adalah pembukaan salat.
وَقَالَ: ﴿وَلَا تُصَلِّ عَلَى أَحَدٍ مِنۡهُمۡ مَاتَ أَبَدًا﴾ [التوبة:
٨٤].
Allah berfirman, “Janganlah engkau menyalati salah satu dari mereka
selama-lamanya.” (QS. At-Taubah: 84).
وَفِيهِ صُفُوفٌ وَإِمَامٌ.
Dalam salat jenazah ada saf-saf dan seorang imam.
١٣٢٢ - حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنِ
الشَّيۡبَانِيِّ، عَنِ الشَّعۡبِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي مَنۡ مَرَّ مَعَ
نَبِيِّكُمۡ ﷺ عَلَى قَبۡرٍ مَنۡبُوذٍ، فَأَمَّنَا فَصَفَفۡنَا خَلۡفَهُ.
فَقُلۡنَا: يَا أَبَا عَمۡرٍو، مَنۡ حَدَّثَكَ؟ قَالَ: ابۡنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ
اللهُ عَنۡهُمَا.
1322. Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan
kepada kami dari Asy-Syaibani, dari Asy-Sya’bi. Beliau berkata: Orang yang
menyertai Nabi kalian—shallallahu ‘alaihi wa sallam—melewati sebuah kuburan
yang terpencil mengabarkan kepadaku, lalu Nabi salat mengimami kami dan kami
membuat saf di belakang beliau.
Kami bertanya, “Wahai Abu ‘Amr, siapa yang menceritakan kepadamu?”
Beliau menjawab, “Ibnu ‘Abbas—radhiyallahu ‘anhuma.”