Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1118

٩٨ – (١١١٨) – حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا أَبُو خَيۡثَمَةَ، عَنۡ حُمَيۡدٍ قَالَ: سُئِلَ أَنَسٌ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ عَنۡ صَوۡمِ رَمَضَانَ فِي السَّفَرِ. فَقَالَ: سَافَرۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي رَمَضَانَ، فَلَمۡ يَعِبِ الصَّائِمُ عَلَى الۡمُفۡطِرِ، وَلَا الۡمُفۡطِرُ عَلَى الصَّائِمِ.
98. (1118). Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Abu Khaitsamah mengabarkan kepada kami, dari Humaid, beliau berkata: Anas radhiyallahu 'anhu pernah ditanya mengenai puasa Ramadhan ketika safar. Beliau berkata: Kami pernah bepergian bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di bulan Ramadhan. Yang berpuasa tidak mencela orang yang tidak berpuasa dan orang yang tidak berpuasa tidak mencela orang yang berpuasa.
٩٩ - (…) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الۡأَحۡمَرُ، عَنۡ حُمَيۡدٍ قَالَ: خَرَجۡتُ فَصُمۡتُ، فَقَالُوا لِي: أَعِدۡ. قَالَ: فَقُلۡتُ: إِنَّ أَنَسًا أَخۡبَرَنِي: أَنَّ أَصۡحَابَ رَسُولِ اللهِ ﷺ كَانُوا يُسَافِرُونَ فَلَا يَعِيبُ الصَّائِمُ عَلَى الۡمُفۡطِرِ، وَلَا الۡمُفۡطِرُ عَلَى الصَّائِمِ.
فَلَقِيتُ ابۡنَ أَبِي مُلَيۡكَةَ فَأَخۡبَرَنِي، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا بِمِثۡلِهِ.
99. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Abu Khalid Al-Ahmar menceritakan kepada kami, dari Humaid, beliau berkata: Aku keluar safar dalam keadaan berpuasa. Maka mereka mengatakan kepadaku: Kembalilah. Aku berkata: Sesungguhnya Anas telah mengabarkan kepadaku: Bahwa para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bepergian, namun yang berpuasa tidak mencela orang yang tidak berpuasa dan yang tidak berpuasa tidak mencela orang yang berbuka.
Kemudian aku berjumpa dengan Ibnu Abu Mulaikah, beliau mengabarkan kepadaku dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha semisal hadits ini.