٩٦ – (حسن) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الۡأَحۡوَصِ، عَنۡ عَاصِمِ بۡنِ أَبِي النَّجُودِ، عَنۡ زِرِّ بۡنِ حُبَيۡشٍ، عَنۡ صَفۡوَانَ بۡنِ عَسَّالٍ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ يَأۡمُرُنَا إِذَا كُنَّا سَفۡرًا أَنۡ لَا نَنۡزِعَ خِفَافَنَا ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيَهُنَّ إِلَّا مِنۡ جَنَابَةٍ، وَلٰكِنۡ مِنۡ غَائِطٍ وَبَوۡلٍ وَنَوۡمٍ. هٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَقَدۡ رَوَى الۡحَكَمُ بۡنُ عُتَيۡبَةَ وَحَمَّادٌ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ النَّخَعِيِّ، عَنۡ أَبِي عَبۡدِ اللهِ الۡجَدَلِيِّ، عَنۡ خُزَيۡمَةَ بۡنِ ثَابِتٍ، وَلَا يَصِحُّ. قَالَ عَلِيُّ بۡنُ الۡمَدِينِيُّ: قَالَ يَحۡيَى بۡنُ سَعِيدٍ: قَالَ شُعۡبَةُ: لَمۡ يَسۡمَعۡ إِبۡرَاهِيمُ النَّخَعِيُّ مِنۡ أَبِي عَبۡدِ اللهِ الۡجَدَلِيِّ حَدِيثَ الۡمَسۡحِ. وَقَالَ زَائِدَةُ عَنۡ مَنۡصُورٍ: كُنَّا فِي حُجۡرَةِ إِبۡرَاهِيمَ التَّيۡمِيِّ وَمَعَنَا إِبۡرَاهِيمُ النَّخَعِيُّ، فَحَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ التَّيۡمِيُّ، عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ مَيۡمُونٍ، عَنۡ أَبِي عَبۡدِ اللهِ الۡجَدَلِيِّ، عَنۡ خُزَيۡمَةَ بۡنِ ثَابِتٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ فِي الۡمَسۡحِ عَلَى الۡخُفَّيۡنِ. قَالَ مُحَمَّدُ بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ: أَحۡسَنُ شَيۡءٍ فِي هٰذَا الۡبَابِ حَدِيثُ صَفۡوَانَ بۡنِ عَسَّالٍ الۡمُرَادِيِّ. وَهُوَ قَوۡلُ أَكۡثَرِ الۡعُلَمَاءِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَالتَّابِعِينَ وَمَنۡ بَعۡدَهُمۡ مِنَ الۡفُقَهَاءِ، مِثۡلِ: سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيِّ، وَابۡنِ الۡمُبَارَكِ، وَالشَّافِعِيِّ، وَأَحۡمَدَ، وَإِسۡحَاقَ، قَالُوا: يَمۡسَحُ الۡمُقِيمُ يَوۡمًا وَلَيۡلَةً، وَالۡمُسَافِرُ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيَهُنَّ. وَقَدۡ رُوِيَ عَنۡ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ: أَنَّهُمۡ لَمۡ يُوَقِّتُوا فِي الۡمَسۡحِ عَلَى الۡخُفَّيۡنِ، وَهُوَ قَوۡلُ مَالِكِ بۡنِ أَنَسٍ. وَالتَّوۡقِيتُ أَصَحُّ. وَقَدۡ رُوِيَ هٰذَا الۡحَدِيثُ عَنۡ صَفۡوَانَ بۡنِ عَسَّالٍ أَيۡضًا مِنۡ غَيۡرِ حَدِيثِ عَاصِمٍ. [(ابن ماجه) (٤٧٨)].
96. Hannad telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abul Ahwash menceritakan kepada kami, dari 'Ashim bin Abun Najud, dari Zirr bin Hubaisy, dari Shafwan bin 'Assal, beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kami jika kami sedang dalam perjalanan untuk tidak melepas khuf-khuf kami selama tiga hari tiga malam kecuali karena junub. Akan tetapi (tidak perlu melepasnya) karena buang air besar, kencing, dan tidur. Ini adalah hadits hasan shahih. Al-Hakam bin 'Utaibah dan Hammad telah meriwayatkan dari Ibrahim An-Nakha'i, dari Abu 'Abdullah Al-Jadali, dari Khuzaimah bin Tsabit, akan tetapi tidak shahih. 'Ali ibnul Madini berkata: Yahya bin Sa'id berkata: Syu'bah berkata: Ibrahim An-Nakha'i tidak mendengar hadits mengusap khuf dari Abu 'Abdullah Al-Jadali. Zaidah berkata dari Manshur: Kami pernah di dalam kamar Ibrahim At-Taimi dan Ibrahim An-Nakha'i bersama kami. Maka Ibrahim At-Taimi menceritakan kepada kami, dari 'Amr bin Maimun, dari Abu 'Abdullah Al-Jadali, dari Khuzaimah bin Tsabit, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang mengusap dua khuf. Muhammad bin Isma'il berkata: Hadits yang paling bagus dalam bab ini adalah hadits Shafwan bin 'Assal Al-Muradi. Dan ini adalah ucapan kebanyakan ulama dari sahabat-sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, tabi'in, dan ahli fiqh setelah mereka, semisal: Sufyan Ats-Tsauri, Ibnul Mubarak, Asy-Syafi'i, Ahmad, dan Ishaq. Mereka mengatakan: Bagi orang mukim boleh mengusap selama sehari semalam dan bagi musafir selama tiga hari tiga malam. Telah diriwayatkan dari sebagian ahli ilmu: Bahwa mereka tidak membatasi waktu untuk mengusap dua khuf. Ini adalah ucapan Malik bin Anas. Dan pembatasan waktunya lebih shahih. Dan hadits ini juga telah diriwayatkan dari Shafwan bin 'Assal dari selain hadits 'Ashim.