٤٢٦ – الۡأَحۡنَفُ بۡنُ قَيۡسِ بۡنِ مُعَاوِيَةَ بۡنِ حُصَيۡنِ بۡنِ حَفۡصِ بۡنِ عُبَادَةَ بۡنِ النَّزَّالِ بۡنِ مُرَّةَ بۡنِ عُبَيۡدِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ سَعۡدِ بۡنِ زَيۡدِ مَنَاةَ بۡنِ تَمِيمٍ أَبُو بَحۡرٍ التَّمِيمِيُّ السَّعۡدِيُّ
426. Al-Ahnaf bin Qais bin Mu’awiyah bin Hushain bin Hafsh bin ‘Ubadah bin An-Nazzal bin Murrah bin ‘Ubaid bin Al-Harits bin ‘Amr bin Ka’b bin Sa’d bin Zaid Manah bin Tamim Abu Bahr At-Tamimi As-Sa’di
أُمُّهُ حَبَّةُ بِنۡتُ عَمۡرِو بۡنِ قُرۡطِ بۡنِ ثَعۡلَبَةَ الۡبَاهِلِيَّةُ، وَاسۡمُهُ الضَّحَّاكُ عَلَى الۡمَشۡهُورِ. وَقِيلَ صَخۡرٌ، وَهُوَ قَوۡلُ سُلَيۡمَانَ بۡنِ أَبِي شَيۡخٍ. رَوَاهُ ابۡنُ السَّكَنِ. وَكَذَا قَالَ خَلِيفَةُ فِي رِوَايَةِ يَعۡقُوبَ بۡنِ أَبِي شَيۡبَةَ وَالۡفَلَّاسِ. وَقِيلَ الۡحَارِثُ. وَقِيلَ حِصۡنٌ، حَكَاهُمَا الۡمَرۡزُبَانِيُّ. وَجَزَمَ ابۡنُ حِبَّانَ فِي الثِّقَاتِ بِالۡحَارِثِ، وَلَقَبُهُ الۡأَحۡنَفُ وَهُوَ مَشۡهُورٌ بِهَا، أَدۡرَكَ النَّبِيَّ ﷺ، وَلَمۡ يَجۡتَمِعۡ بِهِ. وَقِيلَ إِنَّهُ دَعَا لَهُ.
Ibu beliau adalah Habbah bintu ‘Amr bin Qurth bin Tsa’labah Al-Bahiliyyah. Namanya adalah Adh-Dhahhak menurut pendapat yang tersohor. Ada yang mengatakan namanya adalah Shakhr dan ini adalah pendapat Sulaiman bin Abu Syaikh diriwayatkan oleh Ibnus Sakan. Demikian pula yang dikatakan oleh Khalifah dalam riwayat Ya’qub bin Abu Syaibah dan Al-Fallas. Ada yang mengatakan Al-Harits dan ada pula yang mengatakan Hishn, kedua nama tersebut dihikayatkan oleh Al-Marzubani. Ibnu Hibban memastikan dalam Ats-Tsiqat bahwa nama beliau adalah Al-Harits. Laqab (julukan) beliau adalah Al-Ahnaf dan beliau terkenal dengan panggilan tersebut. Beliau menjumpai zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam namun tidak berkumpul bertemu beliau. Ada yang mengatakan bahwa Nabi mendoakan kebaikan untuknya.
قَالَ ابۡنُ أَبِي عَاصِمٍ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ سَلَمَةَ عَنۡ عَلِيِّ بۡنِ زَيۡدٍ عَنِ الۡحَسَنِ عَنِ الۡأَحۡنَفِ بۡنِ قَيۡسٍ قَالَ: بَيۡنَمَا أَنَا أَطُوفُ بِالۡبَيۡتِ فِي زَمَنِ عُثۡمَانَ، إِذۡ أَخَذَ رَجُلٌ مِنۡ بَنِي لَيۡثٍ يَبۡدِي فَقَالَ: أَلَا أُبَشِّرُكَ؟ قُلۡتُ: بَلَى. قَالَ أَتَذۡكُرُ إِذۡ بَعَثَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ إِلَى قَوۡمِكَ، فَجَعَلۡتُ أَعۡرِضُ عَلَيۡهِمُ الۡإِسۡلَامَ وَأَدۡعُوهُمۡ إِلَيۡهِ؟ فَقُلۡتَ أَنۡتَ: إِنَّكَ لَتَدۡعُونَا إِلَى خَيۡرٍ وَتَأۡمُرُ بِهِ، وَإِنَّهُ لَيَدۡعُو إِلَى الۡخَيۡرِ، فَبَلَغَ ذٰلِكَ النَّبِيَّ ﷺ فَقَالَ: (اللّٰهُمَّ اغۡفِرۡ لِلۡأَحۡنَافِ)[1]؟ فَكَانَ الۡأَحۡنَفُ يَقُولُ: فَمَا شَيۡءٌ مِنۡ عَمَلِي أَرۡجَى عِنۡدِي مِنۡ ذٰلِكَ، يَعۡنِي دَعۡوَةَ النَّبِيِّ ﷺ، تَفَرَّدَ بِهِ عَلِيُّ بۡنُ زَيۡدٍ، وَفِيهِ ضَعۡفٌ.
Ibnu Abu ‘Ashim berkata: Muhammad ibnul Mutsanna menceritakan kepada kami, Hajjaj menceritakan kepada kami, Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami dari ‘Ali bin Zaid dari Al-Hasan dari Al-Ahnaf bin Qais, beliau berkata:
Ketika aku melakukan thawaf di Ka’bah pada zaman pemerintahan ‘Utsman, tiba-tiba ada seseorang dari Bani Laits menggamit tanganku seraya berkata: Maukah aku beri engkau kabar gembira?
Aku jawab: Tentu.
Orang itu berkata: Ingatkah engkau ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutusku kepada kaummu? Lalu aku memaparkan Islam kepada mereka dan mengajak mereka masuk Islam. Ketika itu engkau berkata: Engkau sungguh mengajak kami kepada kebaikan dan memerintahkan kebaikan dan bahwa agama Islam benar-benar mengajak kepada kebaikan. Peristiwa tersebut sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda, “Ya Allah, ampunilah Al-Ahnaf.”
Mendengar kabar gembira tersebut, Al-Ahnaf berkata: Tidak ada sesuatupun dari amalku yang lebih aku harapkan daripada itu, yakni doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
‘Ali bin Zaid bersendirian dalam meriwayatkan ini dan ada kelemahan di dalam riwayat ini.
وَأَخۡرَجَ أَحۡمَدُ فِي كِتَابِ الزُّهۡدِ مِنۡ طَرِيقِ جَبۡرِ بۡنِ حَبِيبٍ أَنَّ رَجُلَيۡنِ بَلَّغَا الۡأَحۡنَفَ بۡنَ قَيۡسٍ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ دَعَا لَهُ فَسَجَدَ.
Ahmad mengeluarkan dalam kitab Az-Zuhd dari jalan Jabr bin Habib bahwa ada dua orang menyampaikan kabar kepada Al-Ahnaf bin Qais bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan kebaikan untuknya, maka Al-Ahnaf pun bersujud.
وَكَانَ يُضۡرَبُ بِحِلۡمِهِ الۡمِثۡلُ، وَقَالَ لَهُ عُمَرُ: الۡأَحۡنَفُ سَيِّدُ أَهۡلِ الۡبَصۡرَةِ.
Kesantunan Al-Ahnaf sering dibuat permisalan. ‘Umar berkata kepadanya: Al-Ahnaf adalah pemuka penduduk Bashrah.
وَفِي الزُّهۡدِ لِأَحۡمَدَ عَنِ الۡحَسَنِ عَنِ الۡأَحۡنَفِ: لَسۡتُ بِحَلِيمٍ، وَلَكِنِّي أَتَحَلَّمُ.
Di dalam Az-Zuhd karya Imam Ahmad dari Al-Hasan dari Al-Ahnaf: Aku bukanlah orang yang santun, akan tetapi aku berusaha untuk bersikap santun.
وَرَوَى ابۡنُ السَّكَنِ مِنۡ طَرِيقِ النَّضۡرِ بۡنِ شُمَيۡلٍ عَنِ الۡخَلِيلِ بۡنِ أَحۡمَدَ قَالَ: قَالَ رَجُلٌ لِلۡأَحۡنَافِ بۡنِ قَيۡسٍ: بِمَ سُدۡتَ قَوۡمَكَ وَأَنۡتَ أَحۡنَفُ أَعۡوَرُ؟ قَالَ: بِتَرۡكِي مَا لَا يَعۡنِينِي، كَمَا عَنَاكَ مِنۡ أَمۡرِي مَا لَا يَعۡنِيكَ.
Ibnus Sakan meriwayatkan dari jalan An-Nadhr bin Syumail dari Al-Khalil bin Ahmad, beliau berkata: Seseorang bertanya kepada Al-Ahnaf bin Qais: Dengan sebab apa engkau dijadikan tokoh kaummu padahal kakimu bengkok dan satu matamu buta? Beliau menjawab: Dengan sebab aku meninggalkan perkara yang tidak berguna untukku, sebagaimana (engkau sebaiknya juga meninggalkan) pentingnya keadaan cacat diriku bagimu padahal itu sebenarnya tidak berguna buatmu.
وَقَالَ الۡحَسَنُ: مَا رَأَيۡتُ شَرِيفَ قَوۡمٍ أَفۡضَلَ مِنَ الۡأَحۡنَفِ. وَذَكَرَ الۡحَاكِمُ أَنَّهُ افۡتَتَحَ مَرۡوَ الرُّوذِ.
Al-Hasan berkata: Aku belum pernah melihat pemuka kaum yang lebih utama daripada Al-Ahnaf. Al-Hakim menyebutkan bahwa Al-Ahnaf lah yang berhasil menaklukkan kota Marwarrudz.
وَذَكَرَهُ ابۡنُ سَعۡدٍ فِي الطَّبَقَةِ الۡأُولَى مِنۡ تَابِعِي أَهۡلِ الۡبَصۡرَةِ، وَقَالَ: كَانَ ثِقَةً مَأۡمُونًا قَلِيلَ الۡحَدِيثِ.
Ibnu Sa’d menyebut Al-Ahnaf di dalam tingkatan pertama dari kalangan tabi’in penduduk Bashrah. Beliau berkata: Al-Ahnaf adalah tsiqah, dipercaya, dan sedikit haditsnya.
وَكَانَ مِمَّنۡ اعۡتَزَلَ وَقۡعَةَ الۡجَمَلِ ثُمَّ شَهِدَ صِفِّينَ. رَوَى عَنۡ عُمَرَ وَعُثۡمَانَ وَعَلِيٍّ وَابۡنِ مَسۡعُودٍ وَأَبِي ذَرٍّ وَغَيۡرِهِمۡ. وَرَوَى عَنۡهُ أَبُو الۡعَلَاءِ بۡنُ الشِّخِّيرِ وَالۡحَسَنُ الۡبَصۡرِيُّ وَطَلۡقُ بۡنُ حَبِيبٍ وَغَيۡرُهُمۡ.
Beliau termasuk orang-orang yang menjauhkan diri pada saat perang Jamal, lalu beliau mengikuti perang Shiffin. Beliau meriwayatkan dari ‘Umar, ‘Utsman, ‘Ali, Ibnu Mas’ud, Abu Dzar, dan selain mereka. Adapun yang meriwayatkan dari beliau adalah Abul ‘Ala` bin Asy-Syikhkhir, Al-Hasan Al-Bashri, Thalq bin Habib, dan selain mereka.
وَلَهُ قَصَصٌ يَطُولُ ذِكۡرُهَا مَعَ عُمَرَ، ثُمَّ مَعَ عُثۡمَانَ، ثُمَّ مَعَ عَلِيٍّ، ثُمَّ مَعَ مُعَاوِيَةَ، ثُمَّ مَعَ مَنۡ بَعۡدَهُ إِلَى أَنۡ مَاتَ بِالۡبَصۡرَةِ زَمَنَ وِلَايَةِ مُصۡعَبِ بۡنِ الزُّبَيۡرِ سَنَةَ سَبۡعٍ وَسِتِّينَ، وَمَشَى مُصۡعَبٌ فِي جَنَازَتِهِ. وَقَالَ مُصۡعَبٌ يَوۡمَ مَوۡتِهِ: ذَهَبَ الۡيَوۡمَ الۡحَزۡمُ وَالرَّأۡيُ.
Beliau memiliki lembaran kisah-kisah yang panjang bersama ‘Umar, kemudian bersama ‘Utsman, kemudian bersama ‘Ali, kemudian bersama Mu’awiyah, lalu setelah itu bersama yang setelahnya sampai beliau meninggal di Bashrah pada zaman pemerintahan Mush’ab bin Az-Zubair tahun 67 H. Mush’ab mengiringi jenazah Al-Ahnaf. Mush’ab berkata pada hari kematian Al-Ahnaf: Pada hari ini kebijaksanaan dan kepandaian telah pergi.
[1] أَخۡرَجَهُ الۡإِمَامُ أَحۡمَدُ فِي (مُسۡنَدِهِ)، (الۡحَدِيث: ٢٣٢٢١) ج(٩). وَأَخۡرَجَهُ لۡحَاكِمُ فِي (مُسۡتَدۡرَكِهِ)، (الۡحَدِيث: ٣/٦١٤). وَأَخۡرَجَهُ الطَّبۡرَانِيُّ فِي (الۡمُعۡجَمِ الۡكَبِيرِ)، (الۡحَدِيث: ٨/٣٣). وَذَكَرَهُ ابۡنُ سَعۡدٍ فِي (الطَّبَقَاتِ)، (الۡحَدِيث: ٧/٦٦). وَذَكَرَهُ الۡهِنۡدِيُّ فِي (كَنۡزِ الۡعُمَّالِ)، (الۡحَدِيث: ٣٣١٤٣).