Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 484

٢١٧ – (٤٨٤) – حَدَّثَنَا زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ وَإِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ. قَالَ زُهَيۡرٌ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ أَبِي الضُّحَىٰ، عَنۡ مَسۡرُوقٍ، عَنۡ عَائِشَةَ. قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُكۡثِرُ أَنۡ يَقُولَ فِي رُكُوعِهِ وَسُجُودِهِ: (سُبۡحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمۡدِكَ، اللَّهُمَّ اغۡفِرۡ لِي) يَتَأَوَّلُ الۡقُرۡآنَ.
[البخاري: كتاب الأذان، باب الدعاء في الركوع، رقم: ٧٩٤].
217. (484). Zuhair bin Harb dan Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami. Zuhair mengatakan: Jarir menceritakan kepada kami, dari Manshur, dari Abudh Dhuha, dari Masruq, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu memperbanyak ketika rukuk dan sujud beliau mengatakan, “Maha suci Engkau ya Allah, Rabb kami, dan dengan memujiMu, ya Allah, ampunilah aku.” Beliau menjelaskan maksud dari ayat Alquran.
٢١٨ – (...) – حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَأَبُو كُرَيۡبٍ. قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ مُسۡلِمٍ، عَنۡ مَسۡرُوقٍ، عَنۡ عَائِشَةَ؛ قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُكۡثِرُ أَنۡ يَقُولَ، قَبۡلَ أَنۡ يَمُوتَ: (سُبۡحَانَكَ وَبِحَمۡدِكَ، أَسۡتَغۡفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيۡكَ).
قَالَتۡ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ الله، مَا هَٰذِهِ الۡكَلِمَاتُ الَّتِي أَرَاكَ أَحۡدَثۡتَهَا تَقُولُهَا؟ قَالَ: (جُعِلَتۡ لِي عَلَامَةٌ فِي أُمَّتِي إِذَا رَأَيۡتُهَا قُلۡتُهَا. ﴿إِذَا جَآءَ نَصْرُ ٱللَّهِ وَٱلْفَتْحُ ۝١﴾ [النصر: ١] إِلَى آخِرِ السُّورَةِ.
218. Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami. Keduanya mengatakan: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami, dari Al-A’masy, dari Muslim, dari Masruq, dari ‘Aisyah; Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu memperbanyak mengatakan sebelum beliau meninggal, “Maha suci Engkau dan dengan memujiMu, aku memohon ampunan kepadaMu dan aku bertobat kepadaMu.”
‘Aisyah mengatakan: Aku berkata: Wahai Rasulullah, kalimat apa ini yang aku melihat engkau baru saja mengucapkannya? Beliau bersabda, “Dijadikan untukku satu tanda pada umatku yang apabila aku telah melihatnya, maka aku akan mengucapkannya. “Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.” (QS. An-Nashr: 1) sampai akhir surah.
٢١٩ – (...) – حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ: حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ آدَمَ: حَدَّثَنَا مُفَضَّلٌ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ مُسۡلِمِ بۡنِ صُبَيۡحٍ، عَنۡ مَسۡرُوقٍ، عَنۡ عَائِشَةَ؛ قَالَتۡ: مَا رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ مُنۡذُ نَزَلَ عَلَيۡهِ: ﴿إِذَا جَآءَ نَصْرُ ٱللَّهِ وَٱلْفَتْحُ﴾ يُصَلِّي صَلَاةً إِلَّا دَعَا. أَوۡ قَالَ فِيهَا: (سُبۡحَانَكَ رَبِّي وَبِحَمۡدِكَ، اللَّهُمَّ اغۡفِرۡ لِي).
219. Muhammad bin Rafi’ telah menceritakan kepadaku: Yahya bin Adam menceritakan kepada kami: Mufadhdhal menceritakan kepada kami, dari Al-A’masy, dari Muslim bin Shubaih, dari Masruq, dari ‘Aisyah; Beliau mengatakan: Semenjak turun kepada beliau ayat, “Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan”, tidaklah aku lihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam salat kecuali beliau berdoa atau mengucapkan di dalam salatnya, “Maha suci Engkau Rabbku dan dengan memujiMu, ya Allah, ampunilah aku.”
٢٢٠ – (...) – حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّىٰ: حَدَّثَنِي عَبۡدُ الۡأَعۡلَىٰ: حَدَّثَنَا دَاوُدُ عَنۡ عَامِرٍ، عَنۡ مَسۡرُوقٍ، عَنۡ عَائِشَةَ؛ قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُكۡثِرُ مِنۡ قَوۡلِ: (سُبۡحَانَ اللهِ وَبِحَمۡدِهِ، أَسۡتَغۡفِرُ اللهَ وَأَتُوبُ إِلَيۡهِ). قَالَتۡ: فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَرَاكَ تُكۡثِرُ مِنۡ قَوۡلِ: (سُبۡحَانَ اللهِ وَبِحَمۡدِهِ، أَسۡتَغۡفِرُ اللهَ وَأَتُوبُ إِلَيۡهِ؟) فَقَالَ: (خَبَّرَنِي رَبِّي أَنِّي سَأَرَى عَلَامَةً فِي أُمَّتِي، فَإِذَا رَأَيۡتُهَا أَكۡثَرۡتُ مِنۡ قَوۡلِ: سُبۡحَانَ اللهِ وَبِحَمۡدِهِ، أَسۡتَغۡفِرُ اللهَ وَأَتُوبُ إِلَيۡهِ، فَقَدۡ رَأَيۡتُهَا. ﴿إِذَا جَآءَ نَصْرُ ٱللَّهِ وَٱلْفَتْحُ ۝١﴾. فَتۡحُ مَكَّةَ. ﴿وَرَأَيْتَ ٱلنَّاسَ يَدْخُلُونَ فِى دِينِ ٱللَّهِ أَفْوَاجًا ۝٢ فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَٱسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ تَوَّابًۢا ۝٣﴾ [النصر: ١-٣]).
220. Muhammad ibnul Mutsanna telah menceritakan kepadaku: ‘Abdul A’la menceritakan kepadaku: Dawud menceritakan kepada kami, dari ‘Amir, dari Masruq, dari ‘Aisyah; Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperbanyak ucapan, “Maha suci Allah dan dengan memujiNya, aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepadaNya.” ‘Aisyah mengatakan: Aku berkata: Wahai Rasulullah, aku melihat engkau memperbanyak ucapan, “Maha suci Allah dan dengan memujiNya, aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepadaNya”? Beliau bersabda, “Rabbku telah mengabarkan kepadaku bahwa aku akan melihat satu tanda pada umatku yang apabila aku melihatnya, aku akan memperbanyak ucapan: Maha suci Allah dan dengan memujiNya, aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepadaNya; dan aku telah melihat tanda itu. “Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.” Yaitu Fathu Makkah. “Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepadaNya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.” (QS. An-Nashr: 1-3).