Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5063

١ - بَابُ التَّرۡغِيبِ فِي النِّكَاحِ
1. Bab anjuran untuk menikah

لِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿فَانۡكِحُوا مَا طَابَ لَكُمۡ مِنَ النِّسَاءِ﴾ [النساء: ٣].
Berdasarkan firman Allah taala, “Maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi.” (QS. An-Nisa`: 3).
٥٠٦٣ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ أَبِي مَرۡيَمَ: أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ: أَخۡبَرَنَا حُمَيۡدُ بۡنُ أَبِي حُمَيۡدٍ الطَّوِيلُ: أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بۡنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يَقُولُ: جَاءَ ثَلاَثَةُ رَهۡطٍ إِلَى بُيُوتِ أَزۡوَاجِ النَّبِيِّ ﷺ، يَسۡأَلُونَ عَنۡ عِبَادَةِ النَّبِيِّ ﷺ، فَلَمَّا أُخۡبِرُوا كَأَنَّهُمۡ تَقَالُّوهَا، فَقَالُوا: وَأَيۡنَ نَحۡنُ مِنَ النَّبِيِّ ﷺ؟ قَدۡ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ، قَالَ أَحَدُهُمۡ: أَمَّا أَنَا فَإِنِّي أُصَلِّي اللَّيۡلَ أَبَدًا، وَقَالَ آخَرُ: أَنَا أَصُومُ الدَّهۡرَ وَلَا أُفۡطِرُ، وَقَالَ آخَرُ: أَنَا أَعۡتَزِلُ النِّسَاءَ فَلَا أَتَزَوَّجُ أَبَدًا، فَجَاءَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فَقَالَ: (أَنۡتُمُ الَّذِينَ قُلۡتُمۡ كَذَا وَكَذَا؟ أَمَا وَاللهِ إِنِّي لَأَخۡشَاكُمۡ لِلهِ وَأَتۡقَاكُمۡ لَهُ، لٰكِنِّي أَصُومُ وَأُفۡطِرُ، وَأُصَلِّي وَأَرۡقُدُ، وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ، فَمَنۡ رَغِبَ عَنۡ سُنَّتِي فَلَيۡسَ مِنِّي).
5063. Sa’id bin Abu Maryam telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Ja’far mengabarkan kepada kami: Humaid bin Abu Humaid Ath-Thawil mengabarkan kepada kami: Bahwa beliau mendengar Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan: Ada tiga orang datang ke rumah-rumah para istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka menanyakan tentang ibadah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika mereka diberitahu, seakan-akan mereka menganggapnya sedikit, lalu mereka berkata: Kita ini tidak ada apa-apanya dibandingkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau telah diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang. Salah seorang mereka berkata: Aku akan salat semalam suntuk. Yang lain berkata: Aku akan puasa sepanjang masa dan tidak pernah tidak berpuasa. Yang lain berkata: Aku akan menjauhi para wanita sehingga aku tidak akan menikah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang seraya bersabda, “Kalian yang telah mengatakan begini dan begini? Demi Allah, sungguh aku adalah orang yang paling takut dan paling bertakwa kepada Allah. Akan tetapi aku berpuasa dan aku pun tidak berpuasa. Aku salat malam dan aku pun tidur. Dan aku menikahi para wanita. Sehingga, siapa saja yang benci sunahku, bukan termasuk golonganku.”