Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 10

٤ - بَابٌ الۡمُسۡلِمُ مَنۡ سَلِمَ الۡمُسۡلِمُونَ مِنۡ لِسَانِهِ وَيَدِهِ
4. Bab seorang muslim adalah siapa saja yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya

١٠ - حَدَّثَنَا آدَمُ بۡنُ أَبِي إِيَاسٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي السَّفَرِ وَإِسۡمَاعِيلَ، عَنِ الشَّعۡبِيِّ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (الۡمُسۡلِمُ مَنۡ سَلِمَ الۡمُسۡلِمُونَ مِنۡ لِسَانِهِ وَيَدِهِ، وَالۡمُهَاجِرُ مَنۡ هَجَرَ مَا نَهَى اللهُ عَنۡهُ).
قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: وَقَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ: حَدَّثَنَا دَاوُدُ، عَنۡ عَامِرٍ قَالَ: سَمِعۡتُ عَبۡدَ اللهِ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَقَالَ عَبۡدُ الۡأَعۡلَى: عَنۡ دَاوُدَ، عَنۡ عَامِرٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. [الحديث ١٠ – طرفه في: ٦٤٨٤].
10. Adam bin Abu Iyas telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari ‘Abdullah bin Abu As-Safar dan Isma’il, dari Asy-Sya’bi, dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Seorang muslim adalah barang siapa yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. Dan orang yang berhijrah adalah barang siapa yang meninggalkan apa saja yang dilarang oleh Allah.”
Abu ‘Abdullah berkata: Abu Mu’awiyah berkata: Dawud menceritakan kepada kami, dari ‘Amir, beliau berkata: Aku mendengar ‘Abdullah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. ‘Abdul A’la berkata: Dari Dawud, dari ‘Amir, dari ‘Abdullah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.