Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2197, 2198, dan 2199

٢١٩٧ – (صحيح أيضًا) أَخۡبَرَنَا أَبُو دَاوُدَ قَالَ: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبِي عَنۡ صَالِحٍ عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ أَنَّ أَبَا سَلَمَةَ أَخۡبَرَهُ أَنَّ أَبَا هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا؛ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ).
2197. Abu Dawud telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Ya’qub bin Ibrahim menceritakan kepada kami, beliau berkata: Ayahku menceritakan kepada kami dari Shalih, dari Ibnu Syihab bahwa Abu Salamah mengabarkan kepadanya bahwa Abu Hurairah mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang salat malam di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”
٢١٩٨ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا نُوحُ بۡنُ حَبِيبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ قَالَ: أَنۡبَأَنَا مَعۡمَرٌ عَنِ الزُّهۡرِيِّ عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ، مِنۡ غَيۡرِ أَنۡ يَأۡمُرَهُمۡ بِعَزِيمَةٍ؛ قَالَ: (مَنۡ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا؛ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [م].
2198. Nuh bin Habib telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, beliau berkata: Ma’mar memberitakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu biasa menganjurkan untuk salat malam di bulan Ramadan, tanpa mewajibkan mereka. Beliau bersabda, “Siapa saja yang salat malam di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”
٢١٩٩ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا قُتَيۡبَةُ عَنۡ مَالِكٍ عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (مَنۡ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا؛ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [م].
2199. Qutaibah telah mengabarkan kepada kami dari Malik, dari Ibnu Syihab, dari Humaid bin ‘Abdurrahman, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang salat malam di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”