Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2200, 2201, dan 2202

٢٢٠٠ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ سَلَمَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ الۡقَاسِمِ عَنۡ مَالِكٍ قَالَ: حَدَّثَنِي ابۡنُ شِهَابٍ عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (مَنۡ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا؛ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [ق].
2200. Muhammad bin Salamah telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Ibnu Al-Qasim menceritakan kepada kami dari Malik, beliau berkata: Ibnu Syihab menceritakan kepadaku dari Humaid bin ‘Abdurrahman, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang salat malam di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”
٢٢٠١ – (صحيح) أَخۡبَرَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ أَسۡمَاءَ قَالَ: حَدَّثَنَا جُوَيۡرِيَةُ عَنۡ مَالِكٍ قَالَ الزُّهۡرِيُّ: أَخۡبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ وَحُمَيۡدُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (مَنۡ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا؛ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [ق].
2201. Muhammad bin Isma’il telah mengabarkan kepadaku, beliau berkata: ‘Abdullah bin Muhammad bin Asma` menceritakan kepada kami, beliau berkata: Juwairiyah menceritakan kepada kami dari Malik, Az-Zuhri berkata: Abu Salamah bin ‘Abdurrahman dan Humaid bin ‘Abdurrahman mengabarkan kepadaku dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang salat malam di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”
٢٢٠٢ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا قُتَيۡبَةُ وَمُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ يَزِيدَ قَالَا: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ عَنِ الزُّهۡرِيِّ عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (مَنۡ صَامَ رَمَضَانَ - وَفِي حَدِيثِ قُتَيۡبَةَ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: مَنۡ قَامَ شَهۡرَ رَمَضَانَ - إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا؛ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ، وَمَنۡ قَامَ لَيۡلَةَ الۡقَدۡرِ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا؛ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [ق].
2202. Qutaibah dan Muhammad bin ‘Abdullah bin Yazid telah mengabarkan kepada kami, keduanya berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Siapa saja yang puasa Ramadan –di dalam hadis Qutaibah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Siapa saja yang salat malam di bulan Ramadan- karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni. Dan siapa saja yang salat malam ketika lailatulkadar karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”