Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3478

٣٤٧٨ - حَدَّثَنَا أَبُو الۡوَلِيدِ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ عُقۡبَةَ بۡنِ عَبۡدِ الۡغَافِرِ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ: (أَنَّ رَجُلًا كَانَ قَبۡلَكُمۡ، رَغَسَهُ اللهُ مَالًا، فَقَالَ لِبَنِيهِ لَمَّا حُضِرَ: أَيَّ أَبٍ كُنۡتُ لَكُمۡ؟ قَالُوا: خَيۡرَ أَبٍ، قَالَ: فَإِنِّي لَمۡ أَعۡمَلۡ خَيۡرًا قَطُّ، فَإِذَا مُتُّ فَأَحۡرِقُونِي، ثُمَّ اسۡحَقُونِي، ثُمَّ ذَرُّونِي فِي يَوۡمٍ عَاصِفٍ، فَفَعَلُوا، فَجَمَعَهُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ فَقَالَ: مَا حَمَلَكَ؟ قَالَ: مَخَافَتُكَ، فَتَلَقَّاهُ بِرَحۡمَتِهِ).
وَقَالَ مُعَاذٌ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ قَتَادَةَ: سَمِعۡتُ عُقۡبَةَ بۡنَ عَبۡدِ الۡغَافِرِ: سَمِعۡتُ أَبَا سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيَّ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. [الحديث ٣٤٧٨ – طرفاه في: ٦٤٨١، ٧٥٠٨].
3478. Abu Al-Walid telah menceritakan kepada kami: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari ‘Uqbah bin ‘Abdul Ghafir, dari Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Bahwa ada seseorang sebelum kalian yang diberi harta banyak oleh Allah. Ia bertanya kepada anak-anaknya ketika hampir meninggal: Ayah yang bagaimana aku terhadap kalian? Anak-anaknya menjawab: Engkau sebaik-baik ayah. Orang itu berkata: Sesungguhnya aku belum pernah melakukan kebaikan sama sekali, jika aku meninggal, kalian bakarlah aku. Kemudian hancurkan aku dan terbangkan debuku di suatu hari yang berangin kencang. Mereka pun melakukannya. Lalu Allah mengumpulkannya kembali dan berkata: Apa yang mendorongmu melakukannya? Orang itu berkata: Aku takut kepada-Mu. Maka, Allah menyambutnya dengan rahmat-Nya.
Mu’adz berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Qatadah: Aku mendengar ‘Uqbah bin ‘Abdul Ghafir: Aku mendengar Abu Sa’id Al-Khudri dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.