Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1185

١٠ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الۡخُلۡعِ
10. Bab tentang khuluk

١١٨٥ – (صحيح) حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا الۡفَضۡلُ بۡنُ مُوسَى، عَنۡ سُفۡيَانَ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، وَهُوَ مَوۡلَى آلِ طَلۡحَةَ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ بۡنِ يَسَارٍ، عَنِ الرُّبَيِّعِ بِنۡتِ مُعَوِّذِ ابۡنِ عَفۡرَاءَ؛ أَنَّهَا اخۡتَلَعَتۡ عَلَى عَهۡدِ النَّبِيِّ ﷺ، فَأَمَرَهَا النَّبِيُّ ﷺ، أَوۡ أُمِرَتۡ أَنۡ تَعۡتَدَّ بِحَيۡضَةٍ. وَفِي الۡبَاب عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ. حَدِيثُ الرُّبَيِّعِ بِنۡتِ مُعَوِّذٍ؛ الصَّحِيحُ: أَنَّهَا أُمِرَتۡ أَنۡ تَعۡتَدَّ بِحَيۡضَةٍ. [(ابن ماجه)(٢٠٥٨)].
1185. Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Fadhl bin Musa mengabarkan kepada kami dari Sufyan. Beliau berkata: Muhammad bin ‘Abdurrahman mengabarkan kepada kami. Beliau adalah maula (mantan budak yang dimerdekakan oleh) keluarga Thalhah. Dari Sulaiman bin Yasar, dari Ar-Rubayyi’ binti Mu’awwidz bin ‘Afra`; Bahwa beliau mengajukan khuluk pada masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya atau dia diperintah untuk menjalani masa idah selama satu kali haid. Di dalam bab ini ada riwayat dari Ibnu ‘Abbas. Hadis Ar-Rubayyi’ binti Mu’awwidz, yang sahih adalah bahwa dia diperintah untuk menjalani masa idah selama satu kali haid.
١١٨٥ (م) – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحِيمِ الۡبَغۡدَادِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ بَحۡرٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا هِشَامُ بۡنُ يُوسُفَ، عَنۡ مَعۡمَرٍ، عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ مُسۡلِمٍ، عَنۡ عِكۡرِمَةَ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ؛ أَنَّ امۡرَأَةَ ثَابِتِ بۡنِ قَيۡسٍ اخۡتَلَعَتۡ مِنۡ زَوۡجِهَا عَلَى عَهۡدِ النَّبِيِّ ﷺ، فَأَمَرَهَا النَّبِيُّ ﷺ أَنۡ تَعۡتَدَّ بِحَيۡضَةٍ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ. وَاخۡتَلَفَ أَهۡلُ الۡعِلۡمِ فِي عِدَّةِ الۡمُخۡتَلِعَةِ، فَقَالَ أَكۡثَرُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ؛ إِنَّ عِدَّةَ الۡمُخۡتَلِعَةِ عِدَّةُ الۡمُطَلَّقَةِ ثَلاَثُ حِيَضٍ. وَهُوَ قَوۡلُ سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيِّ، وَأَهۡلِ الۡكُوفَةِ، وَبِهِ يَقُولُ أَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ. وَقَالَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ: إِنَّ عِدَّةَ الۡمُخۡتَلِعَةِ حَيۡضَةٌ. قَالَ إِسۡحَاقُ: وَإِنۡ ذَهَبَ ذَاهِبٌ إِلَى هَٰذَا، فَهُوَ مَذۡهَبٌ قَوِيٌّ. [انظر ما قبله].
1185. Muhammad bin ‘Abdurrahim Al-Baghdadi telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Ali bin Bahr menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hisyam bin Yusuf mengabarkan kepada kami dari Ma’mar, dari ‘Amr bin Muslim, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbas; Bahwa istri Tsabit bin Qais mengajukan khuluk terhadap suaminya di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk menjalani masa idah selama satu kali haid. Ini adalah hadis hasan garib. Para ulama berselisih dalam hal waktu idah wanita yang mengajukan khuluk. Mayoritas ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka berpendapat bahwa masa idah wanita yang mengajukan khuluk sama dengan masa idah wanita yang dicerai, yaitu tiga kali haid. Ini juga merupakan pendapat Sufyan Ats-Tsauri dan ulama Kufah. Ahmad dan Ishaq juga berpendapat demikian. Sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka berpendapat bahwa masa idah wanita yang mengajukan khuluk adalah satu kali haid. Ishaq berkata: Jika ada yang berpendapat dengan pendapat ini, maka ini adalah mazhab yang kuat.