Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4313

٤٣١٣ - حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ: حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي حَسَنُ بۡنُ مُسۡلِمٍ، عَنۡ مُجَاهِدٍ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَامَ يَوۡمَ الۡفَتۡحِ فَقَالَ: (إِنَّ اللهَ حَرَّمَ مَكَّةَ يَوۡمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالۡأَرۡضَ، فَهِيَ حَرَامٌ بِحَرَامِ اللهِ إِلَى يَوۡمِ الۡقِيَامَةِ، لَمۡ تَحِلَّ لِأَحَدٍ قَبۡلِي وَلَا تَحِلُّ لِأَحَدٍ بَعۡدِي، وَلَمۡ تَحۡلِلۡ لِي إِلَّا سَاعَةً مِنَ الدَّهۡرِ، لَا يُنَفَّرُ صَيۡدُهَا، وَلَا يُعۡضَدُ شَوۡكُهَا، وَلَا يُخۡتَلَى خَلَاهَا، وَلَا تَحِلُّ لُقَطَتُهَا إِلَّا لِمُنۡشِدٍ). فَقَالَ الۡعَبَّاسُ بۡنُ عَبۡدِ الۡمُطَّلِبِ: إِلَّا الۡإِذۡخِرَ يَا رَسُولَ اللهِ، فَإِنَّهُ لَا بُدَّ مِنۡهُ لِلۡقَيۡنِ وَالۡبُيُوتِ، فَسَكَتَ ثُمَّ قَالَ: (إِلَّا الۡإِذۡخِرَ، فَإِنَّهُ حَلَالٌ). وَعَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ: أَخۡبَرَنِي عَبۡدُ الۡكَرِيمِ، عَنۡ عِكۡرِمَةَ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ: بِمِثۡلِ هَٰذَا أَوۡ نَحۡوِ هَٰذَا. رَوَاهُ أَبُو هُرَيۡرَةَ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. 
4313. Ishaq telah menceritakan kepada kami: Abu ‘Ashim menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij. Beliau berkata: Hasan bin Muslim mengabarkan kepadaku dari Mujahid, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri pada hari Fathu Makkah seraya bersabda, “Sesungguhnya Allah telah sucikan Makkah pada hari Dia ciptakan langit-langit dan bumi. Sehingga Makkah merupakan tempat suci karena kesucian yang Allah berikan sampai hari kiamat. Tidak halal bagi seorang pun sebelumku dan tidak halal pula bagi seorang pun setelahku. Tidak pula halal untukku kecuali sesaat saja. Binatang buruannya tidak boleh diusir, durinya tidak boleh dipatahkan, rerumputannya tidak boleh dicabut, dan barang tercecernya tidak halal kecuali bagi orang yang mengumumkannya.” 
Al-‘Abbas bin ‘Abdul Muththalib mengatakan, “Kecuali idzkhir wahai Rasulullah, karena itu pasti digunakan oleh pandai besi dan rumah-rumah.” 
Nabi diam kemudian bersabda, “Kecuali idzkhir karena itu halal.” 
Dan dari Ibnu Juraij: ‘Abdul Karim mengabarkan kepadaku dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbas, semisal hadis ini atau mirip ini. Abu Hurairah juga meriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.