Cari Blog Ini

'Umdatul Ahkam - Kitab Haji - Bab Fidiah

٣٩ – بَابُ الۡفِدۡيَةِ 
39. Bab fidiah 

٢٢٤ - عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مَعۡقِلٍ قَالَ: جَلَسۡتُ إلَى كَعۡبِ بۡنِ عُجۡرَةَ فَسَأَلۡتُهُ عَنِ الۡفِدۡيَةِ، فَقَالَ: نَزَلَتۡ فِيَّ خَاصَّةً، وَهِيَ لَكُمۡ عَامَّةً! حُمِلۡتُ إلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَالۡقَمۡلُ يَتَنَاثَرُ عَلَى وَجۡهِي. فَقَالَ: (مَا كُنۡتُ أُرَى الۡوَجَعَ بَلَغَ بِكَ مَا أَرَى - أَوۡ مَا كُنۡتُ أُرَى الۡجَهۡدَ بَلَغَ بِكَ مَا أَرَى - أَتَجِدُ شَاةً؟) فَقُلۡتُ: لَا، قَالَ: (فَصُمۡ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ، أَوۡ أَطۡعِمۡ سِتَّةَ مَسَاكِينَ، لِكُلِّ مِسۡكِينٍ نِصۡفَ صَاعٍ). 
وَفِي رِوَايَةٍ: فَأَمَرَهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ أَنۡ يُطۡعِمَ فَرَقًا بَيۡنَ سِتَّةِ مَسَاكِينَ، أَوۡ يُهۡدِيَ شَاةً، أَوۡ يَصُومَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ. 
224. Dari ‘Abdullah bin Ma’qil, beliau mengatakan: Aku duduk bertemu Ka’b bin ‘Ujrah radhiyallahu ‘anhu, lalu aku bertanya kepadanya tentang fidiah. Beliau mengatakan: Suatu ayat telah turun untukku secara khusus dan ayat itu berlaku bagi kalian secara umum. Aku pernah dibawa menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan kutu bertebaran di wajahku. Beliau bersabda, “Aku tadinya tidak menyangka penyakit telah menimpamu seperti yang aku lihat.” Atau, “Aku tadinya tidak menyangka kesusahan telah menimpamu seperti yang aku lihat. Apakah engkau mendapati seekor kambing?” Aku menjawab: Tidak. Lalu beliau bersabda, “Puasalah selama tiga hari atau berilah makan enam orang miskin, setiap satu orang miskin seukuran setengah sha’.”[1] 
Di dalam riwayat lain: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk memberi makan satu faraq (tiga sha’) untuk enam orang miskin, menyembelih seekor kambing, atau berpuasa selama tiga hari.[2]