Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4517

٣٢ - بَابُ ﴿فَمَنۡ كَانَ مِنۡكُمۡ مَرِيضًا أَوۡ بِهِ أَذًى مِنۡ رَأۡسِهِ﴾ ۝١٩٦ 
32. Bab “Jika ada di antara kalian yang sakit atau ada gangguan di kepalanya” (QS. Al-Baqarah: 196) 

٤٥١٧ - حَدَّثَنَا آدَمُ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ الۡأَصۡبَهَانِيِّ قَالَ: سَمِعۡتُ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ مَعۡقِلٍ قَالَ: قَعَدۡتُ إِلَى كَعۡبِ بۡنِ عُجۡرَةَ فِي هَٰذَا الۡمَسۡجِدِ - يَعۡنِي مَسۡجِدَ الۡكُوفَةِ - فَسَأَلۡتُهُ عَنۡ: فِدۡيَةٌ مِنۡ صِيَامٍ. فَقَالَ: حُمِلۡتُ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ وَالۡقَمۡلُ يَتَنَاثَرُ عَلَى وَجۡهِي، فَقَالَ: (مَا كُنۡتُ أُرَى أَنَّ الۡجَهۡدَ قَدۡ بَلَغَ بِكَ هَٰذَا، أَمَا تَجِدُ شَاةً؟) قُلۡتُ: لَا، قَالَ: (صُمۡ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ، أَوۡ أَطۡعِمۡ سِتَّةَ مَسَاكِينَ لِكُلِّ مِسۡكِينٍ نِصۡفُ صَاعٍ مِنۡ طَعَامٍ، وَاحۡلِقۡ رَأۡسَكَ). فَنَزَلَتۡ فِيَّ خَاصَّةً، وَهِيَ لَكُمۡ عَامَّةً. [طرفه في: ١٨١٤]. 
4517. Adam telah menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami dari ‘Abdurrahman bin Al-Ashbahani. Beliau berkata: Aku mendengar ‘Abdullah bin Ma’qil berkata: Aku duduk menghadap Ka’b bin ‘Ujrah di dalam masjid ini, yakni masjid Kufah. Lalu aku bertanya kepada beliau tentang fidiah berupa puasa (yaitu di ayat ke-196 surah Al-Baqarah). Beliau berkata: Aku pernah dibawa menghadap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan kutu bertebaran di wajahku. Lalu beliau bersabda, “Aku tadinya tidak mengira bahwa engkau tertimpa kesulitan seperti ini. Apakah engkau mendapatkan seekor kambing?” Aku menjawab, “Tidak.” Nabi bersabda, “Berpuasalah selama tiga hari atau berilah makan enam orang miskin, tiap orang miskin mendapatkan setengah sha’ makanan. Dan gundulilah kepalamu.” Sehingga ayat tersebut turun khusus untukku, namun berlaku umum untuk kalian.