Cari Blog Ini

Macam-macam Ibadah

Syekh Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah di dalam kitab Al-Jami' li 'Ibadatillah berkata,
فَإِنۡ قِيلَ: فَمَا أَنۡوَاعُ الۡعِبَادَةِ الَّتِي لَا تَصۡلُحُ إِلَّا لِلهِ تَعَالَى؟
Jika ada yang bertanya, “Apa saja macam-macam ibadah yang hanya boleh untuk Allah taala?”[1]


Syekh Doktor Shalih bin 'Abdullah Al-Fauzan hafizhahullah dalam syarah kitab ini berkata,

[1] الۡعِبَادَةُ أَنۡوَاعٌ كَثِيرَةٌ كَمَا قَالَ شَيۡخُ الۡإِسۡلَامِ: الۡعِبَادَةُ اسۡمٌ جَامِعٌ لِكُلِّ مَا يُحِبُّهُ اللهُ وَيَرۡضَاهُ مِنَ الۡأَقۡوَالِ وَالۡأَعۡمَالِ الظَّاهِرَةِ وَالۡبَاطِنَةِ، فَتَكُونُ ظَاهِرَةً عَلَى الۡجَوَارِحِ: كَالصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ وَالۡجِهَادِ وَالۡأَمۡرِ بِالۡمَعۡرُوفِ وَالنَّهۡيِ عَنِ الۡمُنۡكَرِ وَصِلَةِ الرَّحِمِ وَغَيۡرِ ذٰلِكَ، وَهَٰذِهِ عِبَادَاتٌ ظَاهِرَةٌ،
Ibadah ada banyak macam sebagaimana Syekh Islam Ibnu Taimiyyah katakan, “Ibadah adalah suatu nama yang mencakup setiap yang Allah cintai dan ridai berupa ucapan dan amalan yang lahir maupun batin.” Jadi ibadah bisa tampak pada anggota badan, seperti salat, puasa, jihad, amar makruf nahi mungkar, silaturahmi dan lain sebagainya. Ini adalah ibadah-ibadah lahiriah.

وَالۡعِبَادَاتُ الۡبَاطِنَةُ تَكُونُ فِي الۡقُلُوبِ: مِنَ الۡخَوۡفِ وَالۡخَشۡيَةِ وَالرَّغۡبَةِ وَالرَّهۡبَةِ وَالۡمَحَبَّةِ وَالتَّوَكُّلِ وَالۡإِنَابَةِ هَٰذِهِ كُلُّهَا عِبَادَاتٌ قَلۡبِيَّةٌ لَا يَعۡلَمُهَا إِلَّا اللهُ سُبۡحَانَهُ وَتَعَالَى،
Adapun ibadah-ibadah batin adalah di dalam hati, di antaranya khauf (rasa takut), khasyyah, raghbah (rasa harap), rahbah (cemas), mahabah (cinta), tawakal, dan inabah (tobat). Semua ini adalah ibadah hati yang hanya diketahui oleh Allah subhanahu wa taala.

وَمِنۡهَا مَا هُوَ عَلَى اللِّسَانِ مِثۡلُ: ذِكۡرِ اللهِ، وَالتَّسۡبِيحِ وَالتَّهۡلِيلِ وَالتَّحۡمِيدِ، وَالدَّعۡوَةِ إِلَى اللهِ، وَالۡأَمۡرِ بِالۡمَعۡرُوفِ وَالنَّهۡيِ عَنِ الۡمُنۡكَرِ، وَتَعۡلِيمِ الۡعِلۡمِ النَّافِعِ.
Termasuk ibadah pula adalah yang menggunakan lisan semisal zikir kepada Allah, tasbih, tahlil, tahmid, berdakwah kepada Allah, amar makruf nahi mungkar, dan mengajarkan ilmu yang bermanfaat.