Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 431

٥١ - بَابُ مَنۡ صَلَّى وَقُدَّامَهُ تَنُّورٌ أَوۡ نَارٌ أَوۡ شَيۡءٌ مِمَّا يُعۡبَدُ فَأَرَادَ بِهِ اللهَ تَعَالَى 
51. Bab siapa saja yang salat dalam keadaan di hadapannya ada tanur, api, atau sesuatu yang termasuk benda yang disembah, namun orang yang salat ini menujukan salat tersebut kepada Allah taala 


وَقَالَ الزُّهۡرِيُّ: أَخۡبَرَنِي أَنَسٌ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (عُرِضَتۡ عَلَيَّ النَّارُ وَأَنَا أُصَلِّي). 

Az-Zuhri berkata: Anas mengabarkan kepadaku. Beliau berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Neraka diperlihatkan kepadaku dalam keadaan aku sedang salat.” 

٤٣١ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ زَيۡدِ بۡنِ أَسۡلَمَ، عَنۡ عَطَاءِ بۡنِ يَسَارٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: انۡخَسَفَتِ الشَّمۡسُ، فَصَلَّى رَسُولُ اللهِ ﷺ، ثُمَّ قَالَ: (أُرِيتُ النَّارَ، فَلَمۡ أَرَ مَنۡظَرًا كَالۡيَوۡمِ قَطُّ أَفۡظَعَ). [طرفه في: ٢٩]. 

431. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari Zaid bin Aslam, dari ‘Atha` bin Yasar, dari ‘Abdullah bin ‘Abbas. Beliau mengatakan: Terjadi gerhana matahari. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam salat kemudian bersabda, “Neraka diperlihatkan kepadaku. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan yang lebih mengerikan seperti hari itu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar