Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 745, 746, dan 747

٤٤ - بَابُ مَا جَاءَ فِي صَوۡمِ يَوۡمِ الاِثۡنَيۡنِ وَالۡخَمِيسِ 
44. Bab riwayat tentang puasa hari Senin dan Kamis 


٧٤٥ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو حَفۡصٍ عَمۡرُو بۡنُ عَلِيٍّ الۡفَلَّاسُ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ دَاوُدَ، عَنۡ ثَوۡرِ بۡنِ يَزِيدَ، عَنۡ خَالِدِ بۡنِ مَعۡدَانَ، عَنۡ رَبِيعَةَ الۡجُرَشِيِّ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَتَحَرَّى صَوۡمَ الاِثۡنَيۡنِ وَالۡخَمِيسِ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ حَفۡصَةَ، وَأَبِي قَتَادَةَ، وَأَبِي هُرَيۡرَةَ، وَأُسَامَةَ بۡنِ زَيۡدٍ. حَدِيثُ عَائِشَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ. [(ابن ماجه)(١٧٣٩)]. 

745. [Sahih] Abu Hafsh ‘Amr bin ‘Ali Al-Fallas telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin Dawud menceritakan kepada kami dari Tsaur bin Yazid, dari Khalid bin Ma’dan, dari Rabi’ah Al-Jurasyi, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu biasa berusaha berpuasa hari Senin dan Kamis. 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Hafshah, Abu Qatadah, Abu Hurairah, dan Usamah bin Zaid. Hadis ‘Aisyah adalah hadis hasan garib dari jalur ini. 

٧٤٦ – (ضعيف) حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أَحۡمَدَ وَمُعَاوِيَةُ بۡنُ هِشَامٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ خَيۡثَمَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَصُومُ مِنَ الشَّهۡرِ السَّبۡتَ وَالۡأَحَدَ وَالاِثۡنَيۡنِ وَمِنَ الشَّهۡرِ الۡآخَرِ: الثُّلَاثَاءَ وَالۡأَرۡبِعَاءَ وَالۡخَمِيسَ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ. وَرَوَى عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مَهۡدِيٍّ هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنۡ سُفۡيَانَ، وَلَمۡ يَرۡفَعۡهُ. [(تخريج المشكاة)(٢٠٥٩/ التحقيق الثاني)]. 

746. [Daif] Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Ahmad dan Mu’awiyah bin Hisyam menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Manshur, dari Khaitsamah, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu berpuasa dalam sebulan pada hari Sabtu, Ahad, dan Senin. Dan dalam bulan lain pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. 

Ini adalah hadis hasan. ‘Abdurrahman bin Mahdi juga meriwayatkan hadis ini dari Sufyan, namun beliau tidak meriwayatkannya sampai kepada Rasulullah. 

٧٤٧ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ يَحۡيَى، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ رِفَاعَةَ، عَنۡ سُهَيۡلِ بۡنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ، قَالَ: (تُعۡرَضُ الۡأَعۡمَالُ يَوۡمَ الاِثۡنَيۡنِ وَالۡخَمِيسِ، فَأُحِبُّ أَنۡ يُعۡرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ). حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ فِي هَٰذَا الۡبَابِ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ. [(تخريج المشكاة)(٢٠٥٦)/ التحقيق الثاني)، (التعليق الرغيب)(٨٤/٢)، (الإرواء)(٩٤٩)]. 

747. [Sahih] Muhammad bin Yahya telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu ‘Ashim menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Rifa’ah, dari Suhail bin Abu Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amalan-amalan dihadapkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, sehingga aku senang amalanku dihadapkan dalam keadaan aku sedang berpuasa.” 

Hadis Abu Hurairah di dalam bab ini adalah hadis hasan garib.