Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 787

٦٨ - بَابُ مَا جَاءَ فِي قَضَاءِ الۡحَائِضِ الصِّيَامَ دُونَ الصَّلَاةِ 
68. Bab riwayat tentang wanita yang haid mengada siam namun tidak mengada salat 


٧٨٧ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا عَلِيُّ بۡنُ مُسۡهِرٍ، عَنۡ عُبَيۡدَةَ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ الۡأَسۡوَدِ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: كُنَّا نَحِيضُ عَلَى عَهۡدِ رَسُولِ اللهِ ﷺ ثُمَّ نَطۡهُرُ، فَيَأۡمُرُنَا بِقَضَاءِ الصِّيَامِ، وَلَا يَأۡمُرُنَا بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ. وَقَدۡ رُوِيَ، عَنۡ مُعَاذَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ أَيۡضًا. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ؛ لَا نَعۡلَمُ بَيۡنَهُمۡ اخۡتِلَافًا، أَنَّ الۡحَائِضَ تَقۡضِي الصِّيَامَ وَلَا تَقۡضِي الصَّلَاةَ. وَعُبَيۡدَةُ هُوَ: ابۡنُ مُعَتِّبٍ الضَّبِّيُّ الۡكُوفِيُّ، يُكۡنَى أَبَا عَبۡدِ الۡكَرِيمِ. [(ابن ماجه)(٦٣١): ق، وليس عند خ ذكر الصلاة]. 

787. [Sahih] ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Ali bin Mushir mengabarkan kepada kami dari ‘Ubaidah, dari Ibrahim, dari Al-Aswad, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Dahulu, kami haid di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian kami suci. Beliau memerintahkan kami mengada siam dan tidak memerintahkan kami mengada salat. 

Ini adalah hadis hasan. Telah diriwayatkan dari Mu’adzah, dari ‘Aisyah pula. Para ulama beramal sesuai hadis ini. Kami tidak mengetahui ada perselisihan di antara mereka bahwa wanita yang haid mengada siam dan tidak mengada puasa. ‘Ubaidah adalah putra Mu’attib Adh-Dhabbi Al-Kufi dipanggil dengan kunyah Abu ‘Abdul Karim.