Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 803

٧٩ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الاِعۡتِكَافِ إِذَا خَرَجَ مِنۡهُ 
79. Bab riwayat tentang iktikaf apabila keluar darinya 


٨٠٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عَدِيٍّ، قَالَ: أَنۡبَأَنَا حُمَيۡدٌ الطَّوِيلُ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَعۡتَكِفُ فِي الۡعَشۡرِ الۡأَوَاخِرِ مِنۡ رَمَضَانَ، فَلَمۡ يَعۡتَكِفۡ عَامًا، فَلَمَّا كَانَ فِي الۡعَامِ الۡمُقۡبِلِ اعۡتَكَفَ عِشۡرِينَ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنۡ حَدِيثِ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ. وَاخۡتَلَفَ أَهۡلُ الۡعِلۡمِ فِي الۡمُعۡتَكِفِ إِذَا قَطَعَ اعۡتِكَافَهُ قَبۡلَ أَنۡ يُتِمَّهُ عَلَى مَا نَوَى؛ فَقَالَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ: إِذَا نَقَضَ اعۡتِكَافَهُ وَجَبَ عَلَيۡهِ الۡقَضَاءُ، وَاحۡتَجُّوا بِالۡحَدِيثِ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ خَرَجَ مِنِ اعۡتِكَافِهِ، فَاعۡتَكَفَ عَشۡرًا مِنۡ شَوَّالٍ. وَهُوَ قَوۡلُ مَالِكٍ. وقَالَ بَعۡضُهُمۡ: إِنۡ لَمۡ يَكُنۡ عَلَيۡهِ نَذۡرُ اعۡتِكَافٍ أَوۡ شَيۡءٌ أَوۡجَبَهُ عَلَى نَفۡسِهِ، وَكَانَ مُتَطَوِّعًا فَخَرَجَ فَلَيۡسَ عَلَيۡهِ أَنۡ يَقۡضِيَ إِلَّا أَنۡ يُحِبَّ ذٰلِكَ، اخۡتِيَارًا مِنۡهُ، وَلَا يَجِبُ ذٰلِكَ عَلَيۡهِ. وَهُوَ قَوۡلُ الشَّافِعِيِّ. قَالَ الشَّافِعِيُّ: فَكُلُّ عَمَلٍ لَكَ أَنۡ لَا تَدۡخُلَ فِيهِ، فَإِذَا دَخَلۡتَ فِيهِ فَخَرَجۡتَ مِنۡهُ فَلَيۡسَ عَلَيۡكَ أَنۡ تَقۡضِيَ، إِلَّا الۡحَجَّ وَالۡعُمۡرَةَ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ. [(صحيح أبي داود)(٢١٢٦)]. 

803. [Sahih] Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ibnu Abu ‘Adi menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Humaid Ath-Thawil memberitakan kepada kami dari Anas bin Malik. Beliau mengatakan: Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beriktikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Lalu beliau tidak beriktikaf di suatu tahun. Ketika tahun depannya, beliau beriktikaf dua puluh hari. 

Ini adalah hadis hasan sahih garib dari hadis Anas bin Malik. Para ulama berselisih tentang orang yang beriktikaf apabila memutus iktikafnya sebelum dia menyempurnakan sesuai yang telah dia niatkan. 

Sebagian ulama berpendapat: Apabila dia membatalkan iktikafnya, maka dia wajib mengada. Mereka beralasan dengan hadis bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dari iktikafnya, lalu beliau beriktikaf sepuluh hari di bulan Syawal. Ini adalah pendapat Malik. 

Sebagian lagi berpendapat: Jika iktikaf itu bukan merupakan nazar iktikaf atau sesuatu yang ia wajibkan pada dirinya sendiri, dan dia hanya melakukan iktikaf sunah lalu dia keluar, maka dia tidak wajib mengada, kecuali jika dia menyukai hal itu. Atas kerelaan darinya dan itu tidak wajib atasnya. Ini adalah pendapat Asy-Syafi’i. Asy-Syafi’i berkata: Setiap amalan yang boleh untuk tidak engkau kerjakan, lalu ketika engkau mengerjakannya kemudian engkau keluar darinya, maka engkau tidak wajib mengada, kecuali haji dan umrah. 

Di dalam bab ini ada riwayat Abu Hurairah.