٨٠ - بَابُ الۡمُعۡتَكِفِ يَخۡرُجُ لِحَاجَتِهِ أَمۡ لَا؟
80. Bab apakah orang yang beriktikaf boleh keluar untuk menunaikan hajatnya atau tidak
٨٠٤ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو مُصۡعَبٍ الۡمَدَنِيُّ قِرَاءَةً، عَنۡ مَالِكِ بۡنِ أَنَسٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ وَعَمۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ؛ أَنَّهَا قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِذَا اعۡتَكَفَ، أَدۡنَى إِلَيَّ رَأۡسَهُ فَأُرَجِّلُهُ، وَكَانَ لَا يَدۡخُلُ الۡبَيۡتَ إِلَّا لِحَاجَةِ الۡإِنۡسَانِ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. هَٰكَذَا رَوَاهُ غَيۡرُ وَاحِدٍ عَنۡ مَالِكٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ وَعَمۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ. وَرَوَاهُ بَعۡضُهُمۡ عَنۡ مَالِكٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَمۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ. وَالصَّحِيحُ، عَنۡ عُرۡوَةَ وَعَمۡرَةَ عَنۡ عَائِشَةَ. [(ابن ماجه)(٦٣٣ و١٧٧٨)].
804. [Sahih] Abu Mush’ab Al-Madani telah menceritakan kepada kami secara qiraah dari Malik bin Anas, dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah dan ‘Amrah, dari ‘Aisyah bahwa beliau mengatakan: Dahulu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila beriktikaf, beliau mendekatkan kepalanya kepadaku sehingga aku menyisir rambutnya. Beliau tidak masuk rumah kecuali untuk hajat manusia.
Ini adalah hadis hasan sahih. Demikianlah yang diriwayatkan oleh lebih dari satu orang dari Malik, dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah dan ‘Amrah, dari ‘Aisyah. Sebagian mereka meriwayatkannya dari Malik, dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah, dari ‘Amrah, dari ‘Aisyah. Namun yang sahih adalah dari ‘Urwah dan ‘Amrah, dari ‘Aisyah.
٨٠٥ – (صحيح) حَدَّثَنَا بِذٰلِكَ قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ بۡنُ سَعۡدٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ وَعَمۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ؛ إِذَا اعۡتَكَفَ الرَّجُلُ، أَنۡ لَا يَخۡرُجَ مِنِ اعۡتِكَافِهِ إِلَّا لِحَاجَةِ الۡإِنۡسَانِ، وَاجۡتَمَعُوا عَلَى هَٰذَا؛ أَنَّهُ يَخۡرُجُ لِقَضَاءِ حَاجَتِهِ لِلۡغَائِطِ وَالۡبَوۡلِ. ثُمَّ اخۡتَلَفَ أَهۡلُ الۡعِلۡمِ فِي عِيَادَةِ الۡمَرِيضِ وَشُهُودِ الۡجُمُعَةِ وَالۡجَنَازَةِ لِلۡمُعۡتَكِفِ؛ فَرَأَى بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ، أَنۡ يَعُودَ الۡمَرِيضَ وَيُشَيِّعَ الۡجَنَازَةَ وَيَشۡهَدَ الۡجُمُعَةَ إِذَا اشۡتَرَطَ ذٰلِكَ. وَهُوَ قَوۡلُ سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيِّ، وَابۡنِ الۡمُبَارَكِ. وقَالَ بَعۡضُهُمۡ: لَيۡسَ لَهُ أَنۡ يَفۡعَلَ شَيۡئًا مِنۡ هَٰذَا، وَرَأَوۡا لِلۡمُعۡتَكِفِ إِذَا كَانَ فِي مِصۡرٍ يُجَمَّعُ فِيهِ، أَنۡ لَا يَعۡتَكِفَ إِلَّا فِي مَسۡجِدِ الۡجَامِعِ، لِأَنَّهُمۡ كَرِهُوا الۡخُرُوجَ لَهُ مِنۡ مُعۡتَكَفِهِ إِلَى الۡجُمُعَةِ، وَلَمۡ يَرَوۡا لَهُ أَنۡ يَتۡرُكَ الۡجُمُعَةَ فَقَالُوا: لَا يَعۡتَكِفُ إِلَّا فِي مَسۡجِدِ الۡجَامِعِ، حَتَّى لَا يَحۡتَاجَ أَنۡ يَخۡرُجَ مِنۡ مُعۡتَكَفِهِ لِغَيۡرِ قَضَاءِ حَاجَةِ الۡإِنۡسَانِ، لِأَنَّ خُرُوجَهُ لِغَيۡرِ حَاجَةِ الۡإِنۡسَانِ، قَطۡعٌ عِنۡدَهُمۡ لِلۡاِعۡتِكَافِ. هُوَ قَوۡلُ مَالِكٍ، وَالشَّافِعِيِّ. وَقَالَ أَحۡمَدُ: لَا يَعُودُ الۡمَرِيضَ، وَلَا يَتۡبَعُ الۡجَنَازَةَ، عَلَى حَدِيثِ عَائِشَةَ. وقَالَ إِسۡحَاقُ: إِنِ اشۡتَرَطَ ذٰلِكَ، فَلَهُ أَنۡ يَتۡبَعَ الۡجَنَازَةَ، وَيَعُودَ الۡمَرِيضَ. [انظر ما قبله].
805. [Sahih] Qutaibah menceritakan itu kepada kami. Beliau berkata: Al-Laits bin Sa’d menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah dan ‘Amrah, dari ‘Aisyah. Para ulama beramal sesuai hadis ini. Apabila seseorang beriktikaf, maka dia tidak boleh keluar dari iktikafnya kecuali untuk hajat manusia. Mereka bersepakat dalam hal ini bahwa boleh keluar untuk menunaikan hajatnya, yaitu buang air besar dan buang air kecil.
Kemudian para ulama berselisih dalam hal mengunjungi orang sakit, menghadiri salat Jumat, dan pengurusan jenazah bagi orang yang beriktikaf. Sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka berpandangan boleh mengunjungi orang sakit, mengiringi jenazah, dan menghadiri salat Jumat, apabila dia telah mensyaratkan hal itu. Ini adalah pendapat Sufyan Ats-Tsauri dan Ibnu Al-Mubarak.
Sebagian mereka berpendapat: Dia tidak boleh melakukan sedikit pun dari hal tersebut dan mereka berpandangan bahwa dia berada di suatu kota yang dilakukan salat Jumat di situ, maka dia tidak boleh beriktikaf kecuali di masjid jami karena mereka membenci keluar dari tempat iktikafnya ke tempat salat Jumat. Dan mereka tidak berpandangan orang yang beriktikaf boleh untuk tidak salat Jumat, sehingga mereka berkata: Tidak boleh iktikaf kecuali di masjid jami sehingga dia tidak butuh keluar dari tempat iktikafnya selain untuk menunaikan hajat manusia. Karena keluarnya dia bukan karena hajat manusia, menurut mereka memutuskan iktikafnya. Ini adalah pendapat Malik dan Asy-Syafi’i.
Ahmad berkata: Dia tidak boleh mengunjungi orang sakit dan tidak boleh mengiringi jenazah sesuai hadis ‘Aisyah. Ishaq berkata: Jika dia mensyaratkan hal itu, maka dia boleh mengiringi jenazah dan mengunjungi orang sakit.