٨١ - بَابُ مَا جَاءَ فِي قِيَامِ شَهۡرِ رَمَضَانَ
81. Bab riwayat tentang qiamulail di bulan Ramadan
٨٠٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡفُضَيۡلِ، عَنۡ دَاوُدَ بۡنِ أَبِي هِنۡدٍ، عَنِ الۡوَلِيدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ الۡجُرَشِيِّ، عَنۡ جُبَيۡرِ بۡنِ نُفَيۡرٍ، عَنۡ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: صُمۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ، فَلَمۡ يُصَلِّ بِنَا حَتَّى بَقِيَ سَبۡعٌ مِنَ الشَّهۡرِ. فَقَامَ بِنَا حَتَّى ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيۡلِ. ثُمَّ لَمۡ يَقُمۡ بِنَا فِي السَّادِسَةِ. وَقَامَ بِنَا فِي الۡخَامِسَةِ حَتَّى ذَهَبَ شَطۡرُ اللَّيۡلِ. فَقُلۡنَا لَهُ: يَا رَسُولَ اللهِ، لَوۡ نَفَّلۡتَنَا بَقِيَّةَ لَيۡلَتِنَا هَٰذِهِ؟ فَقَالَ: (إِنَّهُ مَنۡ قَامَ مَعَ الۡإِمَامِ حَتَّى يَنۡصَرِفَ، كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيۡلَةٍ)، ثُمَّ لَمۡ يُصَلِّ بِنَا حَتَّى بَقِيَ ثَلَاثٌ مِنَ الشَّهۡرِ، وَصَلَّى بِنَا فِي الثَّالِثَةِ. وَدَعَا أَهۡلَهُ وَنِسَاءَهُ، فَقَامَ بِنَا حَتَّى تَخَوَّفۡنَا الۡفَلَاحَ. قُلۡتُ لَهُ: وَمَا الۡفَلَاحُ؟ قَالَ: السُّحُورُ.
806. [Sahih] Hannad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Muhammad bin Al-Fudhail menceritakan kepada kami dari Dawud bin Abu Hind, dari Al-Walid bin ‘Abdurrahman Al-Jurasyi, dari Jubair bin Nufair, dari Abu Dzarr. Beliau berkata:
Kami pernah berpuasa bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau tidak salat mengimami kami sampai tersisa tujuh malam dari bulan itu. Lalu beliau salat mengimami kami sampai sepertiga malam berlalu. Kemudian beliau tidak salat mengimami kami di malam keenam yang tersisa. Lalu beliau salat mengimami kami di malam kelima yang tersisa sampai separuh malam berlalu.
Kami berkata kepada beliau, “Wahai Rasulullah, andai engkau tambahkan salat untuk kami di sisa malam kita ini.”
Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya siapa saja yang salat bersama imam sampai selesai, maka dia dicatat salat semalam penuh.”
Kemudian beliau tidak salat mengimami kami sampai tersisa tiga malam dari bulan itu. Beliau salat mengimami kami di malam ketiga yang tersisa dan beliau memanggil keluarga dan para istrinya. Beliau salat mengimami kami sampai kami mengkhawatirkan falah.
Aku (Jubair bin Nufair) bertanya kepada Abu Dzarr: Apakah falah itu? Abu Dzarr menjawab: Sahur.
هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَاخۡتَلَفَ أَهۡلُ الۡعِلۡمِ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ؛ فَرَأَى بَعۡضُهُمۡ أَنۡ يُصَلِّيَ إِحۡدَى وَأَرۡبَعِينَ رَكۡعَةً مَعَ الۡوِتۡرِ. وَهُوَ قَوۡلُ أَهۡلِ الۡمَدِينَةِ، وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَهُمۡ بِالۡمَدِينَةِ. وَأَكۡثَرُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ، عَلَى مَا رُوِيَ عَنۡ عُمَرَ، وَعَلِيٍّ، وَغَيۡرِهِمَا مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ، عِشۡرِينَ رَكۡعَةً. وَهُوَ قَوۡلُ الثَّوۡرِيِّ، وَابۡنِ الۡمُبَارَكِ، وَالشَّافِعِيِّ. وَقَالَ الشَّافِعِيُّ: وَهَٰكَذَا أَدۡرَكۡتُ بِبَلَدِنَا بِمَكَّةَ يُصَلُّونَ عِشۡرِينَ رَكۡعَةً. وَقَالَ أَحۡمَدُ: رُوِيَ فِي هَٰذَا أَلۡوَانٌ، وَلَمۡ يَقۡضِ فِيهِ بِشَيۡءٍ، وَقَالَ إِسۡحَاقُ: بَلۡ نَخۡتَارُ إِحۡدَى وَأَرۡبَعِينَ رَكۡعَةً عَلَى مَا رُوِيَ عَنۡ أُبَيِّ بۡنِ كَعۡبٍ. وَاخۡتَارَ ابۡنُ الۡمُبَارَكِ وَأَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ: الصَّلَاةَ مَعَ الۡإِمَامِ فِي شَهۡرِ رَمَضَانَ. وَاخۡتَارَ الشَّافِعِيُّ أَنۡ يُصَلِّيَ الرَّجُلُ وَحۡدَهُ إِذَا كَانَ قَارِئًا. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَائِشَةَ، وَالنُّعۡمَانِ بۡنِ بَشِيرٍ، وَابۡنِ عَبَّاسٍ. [(ابن ماجه)(١٣٢٧)].
Ini adalah hadis hasan sahih.
Para ulama berselisih mengenai qiamulail di bulan Ramadan. Sebagian mereka berpandangan itu adalah salat empat puluh satu rakaat dengan witir. Ini adalah pendapat ulama Madinah dan beramal sesuai hadis ini menurut mereka di Madinah.
Mayoritas ulama sesuai yang diriwayatkan dari ‘Umar, ‘Ali, dan selain keduanya dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebanyak dua puluh rakaat. Ini juga pendapat Ats-Tsauri, Ibnu Al-Mubarak, dan Asy-Syafi’i. Asy-Syafi’i berkata: Demikianlah yang aku jumpai di negeri kami di Makkah, mereka salat sebanyak dua puluh rakaat.
Ahmad berkata: Diriwayatkan berbagai macam tentang hal ini. Beliau tidak menetapkan batasan apapun dalam hal ini. Ishaq berkata: Tetapi kami memilih empat puluh rakaat sesuai yang diriwayatkan dari Ubayy bin Ka’b.
Ibnu Al-Mubarak, Ahmad, dan Ishaq memilih salat qiamulail bersama imam di bulan Ramadan. Sedangkan Asy-Syafi’i memilih seseorang boleh salat sendiri apabila dia seorang qari.
Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Aisyah, An-Nu’man bin Basyir, dan Ibnu ‘Abbas.