Cari Blog Ini

Syarh Al-Ajurrumiyyah - Tanda Jazm: Hadzf (2)

قَوۡلُهُ: (وَفِي الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ الَّتِي رَفۡعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ). 

وَهِيَ: يَفۡعَلَانِ، وَتَفۡعَلَانِ، وَيَفۡعَلُونَ، وَتَفۡعَلُونَ، وَتَفۡعَلِينَ. 

هَٰذِهِ أَيۡضًا تُجۡزَمُ بِحَذۡفِ النُّونِ. 

Ucapan mualif, “Juga pada lima fiil yang tanda rafa’-nya dengan tetapnya huruf nun.” 

Yaitu: يَفۡعَلَانِ, تَفۡعَلَانِ, يَفۡعَلُونَ, تَفۡعَلُونَ, dan تَفۡعَلِينَ. Ini juga di-jazm dengan membuang huruf nun. 

قَالَ ابۡنُ مَالِكٍ-رَحِمَهُ اللهُ-: 

وَحَذۡفُهَا لِلۡجَزۡمِ وَالنَّصۡبِ سِمَهۡ كَـ(لَمۡ تَكُونِي لِتَرُومِي مَظۡلِمَهۡ) 

Ibnu Malik rahimahullah berkata: 

“Membuang huruf nun untuk jazm dan nashb adalah tandanya. Seperti لَمۡ تَكُونِي لِتَرُومِي مَظۡلِمَهۡ.” 

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿فَإِن لَّمۡ تَفۡعَلُوا۟﴾ [البقرة: ٢٤]، (لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. (تَفۡعَلُوا): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ النُّونِ، وَ(الۡوَاوُ) فَاعِلٌ. 

Allah taala berfirman, “فَإِن لَّمۡ تَفۡعَلُوا۟ (Jika kalian tidak melakukan).” (QS. Al-Baqarah: 24). لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb. تَفۡعَلُوا adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah membuang huruf nun. Huruf wawu adalah fa’il

قَالَ تَعَالَى: ﴿فَإِن يَصۡبِرُوا۟ فَٱلنَّارُ مَثۡوًى لَّهُمۡ﴾ [فصلت: ٢٤]، (إنۡ): حَرۡفُ شَرۡطٍ جَازِمٌ. (يَصۡبِرُوا): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(إِنۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ النُّونِ، لِأَنَّهُ مِنَ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ، وَ(الۡوَاوُ) فَاعِلٌ. 

Allah taala berfirman, “فَإِن يَصۡبِرُوا۟ فَٱلنَّارُ مَثۡوًى لَّهُمۡ (Dan jika mereka bersabar (menderita azab), maka nerakalah tempat berdiam untuk mereka).” (QS. Fushshilat: 24). إِنۡ adalah huruf syarat yang men-jazm. يَصۡبِرُوا adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan إِنۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf nun karena kata tersebut termasuk fiil yang lima. Huruf wawu adalah fa’il

وَتَقُولُ: (لَمۡ يَقُومَا): 

(لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. 

(يَقُومَا): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ النُّونِ، وَالۡأَلِفُ فَاعِلٌ. 

Engkau katakan, “لَمۡ يَقُومَا (Mereka berdua tidak berdiri).” 

لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb

يَقُومَا adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf nun. Huruf alif adalah fa’il

قَالَ تَعَالَى: ﴿وَلَا تَقۡرَبَا هَـٰذِهِ ٱلشَّجَرَةَ﴾ [البقرة: ٣٥]، أَصۡلُ الۡفِعۡلِ: (تَقۡرَبَانِ) لِأَنَّ الۡفَاعِلَ مُثَنًّى، وَحُذِفَتِ النُّونُ مِنۡ أَجۡلِ الۡجَازِمِ، لِأَنَّ (لَا) نَاهِيَةٌ. 

Allah taala berfirman, “وَلَا تَقۡرَبَا هَـٰذِهِ ٱلشَّجَرَةَ (Janganlah kalian berdua mendekati pohon ini).” (QS. Al-Baqarah: 35). Asal fiil adalah تَقۡرَبَانِ karena pelakunya dua. Huruf nun dibuang karena ada yang men-jazm, yaitu karena لَا berarti melarang. 

وَتَقُولُ لِلۡمَرۡأَةِ تُخَاطِبُهَا: (لَمۡ تَقُومِي)، وَأَصۡلُهَا: (تَقُومِينَ)، لَكِنۡ لَمَّا دَخَلَ عَلَيۡهَا الۡجَازِمُ حُذِفَتِ النُّونُ، فَنَقُولُ فِي إِعۡرَابِهَا: (لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. (تَقُومِي): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ)، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ النُّونِ، وَ(الۡيَاءُ) فَاعِلٌ. 

Engkau berkata kepada wanita yang sedang engkau ajak bicara, “لَمۡ تَقُومِي (Engkau tidak berdiri).” Asalnya adalah تَقُومِينَ. Tetapi ketika ada yang men-jazm masuk padanya, maka huruf nun dibuang. Kita katakan ketika meng-i’rab-nya: لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb. تَقُومِي adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf nun. Huruf ya adalah fa’il.