Cari Blog Ini

Syarh Al-Ajurrumiyyah - Tanda Jazm: Hadzf (3)

إِذَنۡ تُجۡزَمُ الۡأَفۡعَالُ الۡخَمۡسَةُ بِحَذۡفِ النُّونِ، وَالۡمُعۡتَلُّ بِالۡأَلِفِ، بِحَذۡفِ الۡأَلِفِ، وَالۡمُعۡتَلُّ بِالۡيَاءِ بِحَذۡفِ الۡيَاءِ، وَالۡمُعۡتَلُّ بِالۡوَاوِ بِحَذۡفِ الۡوَاوِ.

مِثَالُ الۡمُعۡتَلِّ بِالۡأَلِفِ: (لَمۡ يَسۡعَ) أَصۡلُهَا (يَسۡعَى) حُذِفَتِ الۡأَلِفُ لَمَّا دَخَلَ الۡجَازِمُ.

الۡمُعۡتَلُّ بِالۡوَاوِ: ﴿فَلۡيَدۡعُ نَادِيَهُۥ﴾ [العلق: ١٧]، لِأَنَّ لَامَ الۡأَمۡرِ تَجۡزِمُ.

الۡيَاءُ: (لَمۡ يَقۡضِ) (لَمۡ): حَرۡفُ جَزۡمٍ وَنَفۡيٍ وَقَلۡبٍ. (يَقۡضِ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡيَاءِ، وَالۡكَسۡرَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا.

Jadi al-af’al al-khamsah/fiil yang lima di-jazm dengan membuang huruf nun, fiil mudhari’ yang diakhiri huruf ilat alif dengan membuang huruf alif, fiil mudhari’ yang diakhiri huruf ilat ya dengan membuang huruf ya, dan fiil mudhari’ yang diakhiri huruf ilat wawu dengan membuang huruf wawu.

Contoh fiil mudhari’ yang diakhiri huruf ilat alif adalah, “لَمۡ يَسۡعَ”. Asalnya adalah يَسۡعَى. Huruf alif dibuang karena dimasuki huruf yang men-jazm.

Contoh fiil mudhari’ yang diakhiri huruf ilat wawu adalah, “فَلۡيَدۡعُ نَادِيَهُۥ (Maka biarlah dia memanggil golongannya).” (QS. Al-‘Alaq: 17). Karena huruf lam amr/perintah men-jazm-kan.

Contoh fiil mudhari’ yang diakhiri huruf ilat ya adalah, “لَمۡ يَقۡضِ”. Huruf لَمۡ adalah huruf jazm, nafi, dan qalb. يَقۡضِ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf ya. Harakat kasrah sebelum ya adalah tanda terhadapnya.

(لَمۡ يَسۡعَ الرَّجُلُ)

(لَمۡ): حَرۡفُ جَزۡمٍ وَنَفۡيٍ وَقَلۡبٍ.

(يَسۡعَ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡأَلِفِ، وَالۡفَتۡحَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا.

“لَمۡ يَسۡعَ الرَّجُلُ (Lelaki itu belum berusaha).”

لَمۡ adalah huruf jazm, nafi, dan qalb.

يَسۡعَ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf alif. Fatah sebelumnya adalah tanda terhadapnya.

(لَمۡ يَغۡزُ)

(لَمۡ): حَرۡفُ جَزۡمٍ وَنَفۡيٍ وَقَلۡبٍ.

(يَغۡزُ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡوَاوِ، وَالضَّمَّةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا.

“لَمۡ يَغۡزُ (Dia tidak berperang).”

لَمۡ adalah huruf jazm, nafi, dan qalb.

يَغۡزُ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf wawu. Damah sebelum wawu adalah tanda terhadapnya.

(لَمۡ يَنۡتَهِ)

(لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ.

(يَنۡتَهِ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ)، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡيَاءِ، وَالۡكَسۡرَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا.

“لَمۡ يَنۡتَهِ (Dia tidak berhenti).”

لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb.

يَنۡتَهِ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf ya. Harakat kasrah sebelum huruf ya adalah tanda terhadapnya.

إِذَا قَالَ قَائِلٌ: (لَمۡ يَدۡعُوا) إِذَا كَانَتِ الۡوَاوُ وَاوَ جَمَاعَةٍ فَهُوَ صَوَابٌ، وَإِنۡ قَصَدَ وَاحِدًا فَهُوَ خَطَأٌ، لِأَنَّ الصَّوَابَ عِنۡدَ قَصۡدِ الۡوَاحِدِ أَنۡ يَقُولَ: (لَمۡ يَدۡعُ).

(لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ.

(يَدۡعُ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡوَاوِ، وَالضَّمَّةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا، فَهُوَ صَحِيحٌ.

Jika ada yang berkata, “لَمۡ يَدۡعُوا”, apabila huruf wawunya adalah wawu jamak, maka kalimat tersebut benar. Namun, jika yang dia maksudkan hanya satu orang, maka kalimat tersebut keliru, karena yang benar jika yang dimaksud satu orang, maka harusnya dia berkata, “لَمۡ يَدۡعُ”.

لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb.

يَدۡعُ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf wawu. Harakat damah sebelum wawu adalah tanda terhadapnya. Kalimat tersebut benar.

وَتُحۡذَفُ النُّونُ لِلتَّخۡفِيفِ كَمَا فِي قَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿وَلَمۡ يَكُ مِنَ ٱلۡمُشۡرِكِينَ﴾ [النحل: ١٢٠].

(لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ.

(يَكُ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الۡمُقَدَّرَةُ عَلَى النُّونِ الۡمَحۡذُوفَةِ لِلتَّخۡفِيفِ.

وَلِهَٰذَا جَاءَتۡ فِي الۡقُرۡآنِ عَلَى وَجۡهَيۡنِ: ﴿وَلَا تَحۡزَنۡ عَلَيۡهِمۡ وَلَا تَكُ فِى ضَيۡقٍ مِّمَّا يَمۡكُرُونَ﴾ [النحل: ١٢٧]، وَجَاءَ فِي آيَةٍ أُخۡرَى: ﴿وَلَا تَحۡزَنۡ عَلَيۡهِمۡ وَلَا تَكُن فِى ضَيۡقٍ مِّمَّا يَمۡكُرُونَ﴾ [النمل: ٧٠].

Huruf nun juga bisa dibuang untuk memperingan bacaan sebagaimana pada firman Allah taala, “وَلَمۡ يَكُ مِنَ ٱلۡمُشۡرِكِينَ (Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik).” (QS. An-Nahl: 120).

لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb.

يَكُ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm. Tanda jazm-nya adalah sukun yang tersembunyi pada huruf nun yang dibuang untuk memperingan bacaan.

Oleh karena itu, kata ini terdapat di dalam Alquran dengan dua bentuk. “وَلَا تَحۡزَنۡ عَلَيۡهِمۡ وَلَا تَكُ فِى ضَيۡقٍ مِّمَّا يَمۡكُرُونَ (Dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan).” (QS. An-Nahl: 127). Dalam ayat lain, “وَلَا تَحۡزَنۡ عَلَيۡهِمۡ وَلَا تَكُن فِى ضَيۡقٍ مِّمَّا يَمۡكُرُونَ (Dan janganlah kamu berduka cita terhadap mereka, dan janganlah (dadamu) merasa sempit terhadap apa yang mereka tipudayakan).” (QS. An-Naml: 70).