Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 810 dan 811

٢ - بَابُ مَا جَاءَ فِي ثَوَابِ الۡحَجِّ وَالۡعُمۡرَةِ 
2. Bab riwayat tentang pahala haji dan umrah 


٨١٠ – (حسن صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ وَأَبُو سَعِيدٍ الۡأَشَجُّ، قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الۡأَحۡمَرُ، عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ قَيۡسٍ، عَنۡ عَاصِمٍ، عَنۡ شَقِيقٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مَسۡعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (تَابِعُوا بَيۡنَ الۡحَجِّ وَالۡعُمۡرَةِ، فَإِنَّهُمَا يَنۡفِيَانِ الۡفَقۡرَ وَالذُّنُوبَ، كَمَا يَنۡفِي الۡكِيرُ خَبَثَ الۡحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالۡفِضَّةِ، وَلَيۡسَ لِلۡحَجَّةِ الۡمَبۡرُورَةِ ثَوَابٌ إِلَّا الۡجَنَّةُ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عُمَرَ، وَعَامِرِ بۡنِ رَبِيعَةَ، وَأَبِي هُرَيۡرَةَ، وَعَبۡدِ اللهِ بۡنِ حُبۡشِيٍّ، وَأُمِّ سَلَمَةَ، وَجَابِرٍ. حَدِيثُ ابۡنِ مَسۡعُودٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنۡ حَدِيثِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مَسۡعُودٍ. [(ابن ماجه)(٢٨٨٧)]. 

810. [Hasan sahih] Qutaibah dan Abu Sa’id Al-Asyajj telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Abu Khalid Al-Ahmar menceritakan kepada kami dari ‘Amr bin Qais, dari ‘Ashim, dari Syaqiq, dari ‘Abdullah bin Mas’ud. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Iringilah antara haji dengan umrah karena keduanya menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana ubub menghilangkan kotoran besi, emas, dan perak. Dan tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali janah.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Umar, ‘Amir bin Rabi’ah, Abu Hurairah, ‘Abdullah bin Hubsyi, Ummu Salamah, dan Jabir. Hadis Ibnu Mas’ud adalah hadis hasan sahih garib dari hadis ‘Abdullah bin Mas’ud. 

٨١١ – (صحيح) حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عُمَرَ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ حَجَّ فَلَمۡ يَرۡفُثۡ وَلَمۡ يَفۡسُقۡ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَأَبُو حَازِمٍ كُوفِيٌّ، وَهُوَ الۡأَشۡجَعِيُّ، وَاسۡمُهُ: سَلۡمَانُ، مَوۡلَى عَزَّةَ الۡأَشۡجَعِيَّةِ. [(حجة النبي ﷺ)(ص ٥): ق]. 

811. [Sahih] Ibnu Abu ‘Umar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami dari Manshur, dari Abu Hazim, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang berhaji, dia tidak berkata jorok dan berbuat fasik, maka dosanya yang telah lalu diampuni.” 

Hadis Abu Hurairah adalah hadis hasan sahih. Abu Hazim adalah orang Kufah dan beliau adalah Al-Asyja’i. Namanya adalah Salman maula ‘Azzah Al-Asyja’iyyah.